Siomay vs Batagor, Lebih Suka yang Mana?

Sumber Gambar
Line YuKepo.com

Kedua jajanan Indonesia banget ini udah ga asing lagi di lidah kamu ya pastinya Sobat Kepo Kedua makanan ini sangat popular di kalangan semua umur. Mau muda, tua, duda, janda, jomblo semua pasti pernah nyicip kedua makanan ini. Siomay dan Batagor adalah dua jajanan yang hampir ada di segala penjuru di Indonesia. Dari kaki lima, gerobak dorong, gerobak lima, kaki dorong, sampai restoran pun menyajikan makanan ini. Kedua makanan ini yang paling laris diburu kalo ada di acara nikahan.  Siomay dan batagor (bakso tahu goreng) merupakan makanan yang tidak terpisahkan. Di mana ada siomay, di situ pasti ada penjualnya (ya iyalah). Kedua makanan ini memang mirip jika dilihat dari kejauhan.  Harga satu porsi siomay dan batagor relatif murah. Biasanya berkisar antara Rp 5.000,- s/d Rp 15.000,- per porsi. Satu porsi siomay seharga Rp 7.000,- biasanya sudah dilengkapi dengan setengah atau satu butir telur ayam rebus. Terus apa sih yang ngebadai dua makanan ini? Yu kita simak.

1. Telornya ngajak ribut

Sumber Gambar

Ngiler banget ya liat gambar siomay, jadi pengen beli sate. Oke balik ke artikel, perlu Sobat Kepo ketahui, nama Siomay berasal dari bahasa mandarin shaomay, dan diperkirakan berasal dari negara Mongolia dalam beberapa abad yang lalu. Awalnya makanan ini biasa disajikan dengan bahan daging babi dan tepung tentunya. Di Indonesia kemudian memodifikasinya dan mengantinya dengan daging ikan dan di campur dengan saus kacang. Selain itu juga ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti kol, telur, tahu, kentang, dan lain-lain. Di Bandung makanan ini menjadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi dan menjadi jajanan paling laku.

2. "Cintaku bertemu di warung siomay"

Sumber Gambar

Nah, pedagangnya kebanyakan menggunakan gerobak yang didorong dan biasanya mangkal di suatu tempat tertentu, mangkalnya bukan di tempat yang engga-engga ko, tenang aja. Selain itu juga sudah tersedia di restoran-restoran terdekat. Rasanya yang enak dan mengenyangkan juga bisa menjadi alternatif penghilang rasa lapar. Ternyata popularitas iomay tidak hanya di Indonesia lho Sobat Kepo ternyata di luar negeri juga banyak penjual yang menjual siomay ala Indonesia ini terutama siomay Bandung. Keren kan? Oh engga ya

3. Ciee si bapaaa

Sumber Gambar

4. Jeruk nipisnya menggoda

Sumber Gambar

Duh perut gue bunyi nulis artikel ini *mencoba fokus menulis. Nah Sobat Kepo tau ga sih kalo Batagor merupakan akronim (kependekan) dari Baso Tahu Goreng, pasti Sobat Kepo udah tau ya? yaudah deh gapapa kalo udah tau. Batagor adalah makanan yang dibuat dari tahu dan diisi dengan adonan baksonya yang terbuat dari daging dan dicampur dengan tepung kanji kemudian digoreng.  Makanan ini merupakan salah satu wisata kuliner Bandung yang terkenal dan kini sudah menyebar ke seluruh pelosok negeri di Indonesia. 

5. Bumbumu mengalihkan duniaku

Sumber Gambar

Sama kaya penjual siomay, penjual batagor juga kebanyakan menggunakan gerobak dorong sebagai sarana berjualan. Ada juga yang menjualnya di gerai atau di toko-toko. Batagor bukan makanan yang berat namun lumayan bisa mengenyangkan perut, rasanya yang enak membuat banyak orang menjadi penggemar penganan ini, termasuk gue hahaha. Ga ada yang nanya ya?

Jadi, baik siomay maupun batagor tetep enak ko rasanya Sobat Kepo. Ga kalah sama makanan-makanan luar negeri deh pokoknya. Walaupun secara fisik terlihat sama namun rasa dan bahan-bahannya memiliki perbedaan. Bedanya, siomay dibuat dengan cara dikukus, sedangkan batagor digoreng dadakan, kaya tahu bulat. Keduanya disajikan dengan menggunakan selai blueberry (lah itu mah roti). Pake bumbu kacang maksudnya. Bahan yang digunakan untuk membuat siomay dan batagor hampir sama ko Sobat Kepo, yaitu dengan ikan tenggiri, tepung kanji, tepung tapioka, dan tepung terigu. Ya kalo ga ada ikan tenggiri, ikan sapu-sapu juga boleh. Untuk bumbunya sendiri, yang digunakan antara lain gula, garam, bawang putih, bawang goreng, dan penyedap rasa. Bahan pelengkap siomay adalah tahu, kol, pare, kentang, dan telur ayam rebus. Nah, gimana Sobat Kepo, udah tau kan bedanya siomay dan batagor. Jadi kamu tergolong orang yang suka siomay atau batagor? Atau suka keduanya? Atau suka penjualnya? Itu tergantung selera kalian masing-masing.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
0
SHARES
10 Meme OTW Ini Ngaco Banget!

10 Meme OTW Ini Ngaco Banget!

10 Binatang yang Gak Suka Sama Kamu Si Tukang Selfie

10 Binatang yang Gak Suka Sama Kamu Si Tukang Selfie

Ini Alasan Kenapa Orang Bawel di Sosial Media

Ini Alasan Kenapa Orang Bawel di Sosial Media

Ekspektasi VS Realita Emang Terlalu Nyakitin Buat Cewek-Cewek Ini

Ekspektasi VS Realita Emang Terlalu Nyakitin Buat Cewek-Cewek Ini

Profesi yang  Mengharuskan Kamu Jadi Misterius

Profesi yang Mengharuskan Kamu Jadi Misterius

2 Tipe Karakter Manusia yang Ada di Dunia, Kamu Termasuk yang Mana?

2 Tipe Karakter Manusia yang Ada di Dunia, Kamu Termasuk yang Mana?

loading