Simak Fakta Unik Lampu Lalu Lintas yang Bikin Kamu Siap Berhenti Mendadak

www.martinrecords.com
Line Yukepo.com

Siapa sangka ternyata benda-benda yang sering kita temui keberadaannya sehari-hari malah belum pernah kita kupas sejarah dan keterangan lainnya. Seperti halnya yang satu ini. Lampu lalu lintas memang sudah sehari-hari kita temui, namun siapa yang tahu ternyata lampu warna warni ini ternyata memiliki fakta unik yang mungkin belum kita tahu. Penasaran apa saja fakta unik lampu lalu lintas tersebut? Yuk kita kepoin!

1. Awal mula keberadaan lampu lalu lintas

www.tentik.com

Pada awalnya, 6 Desember 1868 lampu lalu lintas pertama kali digunakan sebagai pengatur lalu lintas di Bridge Street, Parliament Street dan Great George Street. Pada saat itu lampu lalu lintas tidak menggunakan daya listrik melainkan mengadaptasi desain sistem sinyal kereta api oleh J.P. Knight.

Lampu lalu lintas ini pertama kali dibuat untuk mengatur banyaknya kendaraan berkuda dan pejalan kaki yang melintasi jembatan Westminster. Lampu lalu lintas pada saat itu mengombinasikan semaphore dan lampu warna merah dan hijau untuk digunakan di malam hari. Lampu yang dipasang di sebuah tiang dan dikendalikan oleh polisi tersebut sayangnya harus meledak pada tahun 1869.

2. Lampu Stop and Go

www.tentik.com

Sekitar dua puluh tahun akhirnya lampu lalu lintas yang dikombinasikan dengan semaphore tersebut akhirnya dikembangkan. Lampu lalu lintas tersebut dikembangkan menjadi lampu yang bertuliskan “stop” dan “go”. Namun lampu ini masih dikendalikan manual oleh seorang petugas yang meniup peluit sebelum memerintahkan untuk mengganti sinyal lampu lalu lintas tersebut. Tidak hanya di Ohio, lampu lalu lintas ini juga ditemukan di Detroit dan Philadelphia. Walaupun sudah dikembangkan, lampu lalu lintas ini masih menerapkan sistem sinyal kereta api.

3. Muncullah lampu lalu lintas dengan listrik

www.ksl.com

Pertama kalinya lampu lalu lintas muncul dengan memanfaatkan tenaga listrik pada tahun 1912. Lampu lalu lintas ini dikembangkan oleh seorang polisi dari Utah yang bernama Lester WIre. 2 tahun kemudian tepatnya pada tanggal 5 Agustus 1914, sinyal lampu lalu lintas di Ohio dirancang oleh The American Traffic Signal Company.

Lampu lalu lintas pada saat itu hanya memiliki dua warna yakni merah dan hijau. Desain lampu lalu lintas tersebut dirancang oleh James Hoge. Pada saat itu lembaga yang memiliki wewenang dalam mengatur sinyal terutama dalam keadaan darurat adalah pihak kepolisian dan pemadam kebakaran.

4. Kemunculan lampu kuning di tahun 1920

gregoriomartinez.mx

Lampu lalu lintas yang memiliki tiga warna pertama kali dirancang oleh William Potts yang merupakan seorang polisi. Potts menambahkan lampu kuning di antara warna merah dan hijau agar petugas tidak harus mengganti warna lampu dalam rentang waktu yang sama. Selain itu Potts juga menambahkan timer pada lampu lalu lintas. Fungsi lampu kuning adalah untuk memberikan jeda agar pengguna jalan tidak kaget saat berkendara.

5. Penempatan warna lampu

mclelun.deviantart.com

Penempatan lampu lalu lintas di Indonesia memang umumnya ditempatkan dalam boks vertikal. Namun ada juga lampu lalu lintas yang diposisikan secara horizontal, maka penempatan lampunya menjadi berbeda di beberapa negara.

Penempatan warna lampu dalam lampu lalu lintas setiap negara bisa saja berbeda. Hal tersebut berdasarkan aturan sistem berkendaranya. Kalau di negara dengan sistem berkendara di kanan, maka urutan penempatan warna lampunya adalah merah, kuning dan hijau. Namun sebaliknya, di negara dengan sistem berkendara di sebelah kiri maka penempatan lampunya adalah hijau, kuning dan merah.

6. Alasan penggunaan warna merah untuk berhenti dan hijau untuk jalan

www.exostispress.gr

Penggunaan lampu merah untuk berhenti dan hijau untuk jalan ternyata memang bukan merupakan suatu ketidaksengajaan. Secara ilmiah hal tersebut sudah diperhitungkan. Warna merah ternyata memiliki gelombang cahaya lebih panjang. Warna merah akan terlihat lebih menarik perhatian pengendara untuk berhenti.

7. Lampu lalu lintas di jalur air

www.tentik.com

Jangan dikira kalau lampu lalu lintas hanya ada di jalur darat saja. Bahkan di jalur air, lampu lalu lintas juga tetap dipergunakan. Salah satu yang menggunakan lampu lalu lintas jalur air ini contohnya Sungai Mississipi. Definisi dari setiap lampunya bisa dibilang hampir mirip dengan jalur darat. Lampu merah menandakan bahwa ada kapal lain yang sedang lewat. Lampu kuning menandakan ruang pintu untuk air sedang terkunci atau sengaja dikosongkan dan bisa juga sedang diisi oleh kapal lain yang sedang mendekat. Sedangkan lampu hijau menandakan bahwa kapal sudah dapat masuk karena gerbang sudah terbuka.

Nah itulah tadi ternyata fakta unik lampu lalu lintas yang belum pernah kita tahu sebelumnya. Ternyata penggunaan lampu lalu lintas gak hanya di jalur darat, bahkan di jalur air juga menggunakan ini. Jangan suka menerobos lampu lalu lintas ya kawan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
53
SHARES
Scout Larson, Gadis Cilik Imut yang Berfoto Ala Tokoh Perempuan Untuk Menyuarakan #GirlPower

Scout Larson, Gadis Cilik Imut yang Berfoto Ala Tokoh Perempuan Untuk Menyuarakan #GirlPower

7 Es Serut dari Berbagai Negara ini Cocok Buat Menu Buka Puasa

7 Es Serut dari Berbagai Negara ini Cocok Buat Menu Buka Puasa

Otakmu Bakal Kusut Setelah Melihat 12 Gambar Aneh Ini, Berani Coba?

Otakmu Bakal Kusut Setelah Melihat 12 Gambar Aneh Ini, Berani Coba?

Beda Cowok yang Nggak Bisa Move On dan yang Cuma Menghargai Masa Lalu

Beda Cowok yang Nggak Bisa Move On dan yang Cuma Menghargai Masa Lalu

7 Foto Menyedihkan Beberapa Tempat di Suriah Sebelum dan Sesudah Perang

7 Foto Menyedihkan Beberapa Tempat di Suriah Sebelum dan Sesudah Perang

Potret Keberanian Anak-anak Palestina Ini Bakal Bikin Terenyuh dan Salut

Potret Keberanian Anak-anak Palestina Ini Bakal Bikin Terenyuh dan Salut

loading