Simak Fakta-fakta Ngayogjazz, Senandung Musik Segala Umat di Kota Jogja!

dinnoalshan.com

Siapa yang pernah menginjak Kota Jogja, dan berharap bisa kembali ke sana walaupun cuma sebentar sekedar melepas rindu? Hal ini tidak aneh, karena begitu banyaknya hal yang membuat Jogja unggul membuatmu baper, misalnya saja agenda-agenda besarnya. Nah, salah satunya adalah Ngayogjazz. Acara yang telah berlangsung sejak 2007 ini boleh jadi salah satu agenda menarik yang ada di Jogja. Bahkan, banyak wisatawan domestik yang khusus mengagendakan untuk datang dan menyaksikan event bagi segala umat ini. Yuk, tengok beberapa fakta tentang Ngayogjazz!

1. Nomaden

gudeg.net

Acara yang berlangsung setiap tahun ini berpindah-pindah. Dari desa yang satu ke desa lainnya.  Tahun kemarin dilaksanakan di Desa Sidorejo, yaitu di daerah Padukuhan Kwagon, Sleman. Hal ini menjadi hal yang sangat disambut baik oleh masyarakat Jogja. Hal ini menjadikan agenda Ngayogjazz selalu membuat masyarakat merasa “memiliki” acara ini. 

2. Kolaborasi

ensiklo.com

Kolaborasi di sini bukan mengacu hanya kepada penampil atau artis-artis yang manggung di sana, lho. Kolaborasi di sini maksudnya adalah, ada sinergi yang tercipta antara penyelenggara, artis nasional, artis lokal, dan masyarakat setempat di daerah sekitar venue atau desa terpilih yang menjadi tuan rumah acara ini. 

3. Pasar Jazz

ngayogjazz.com

Bukan sinergi namanya jika tidak mengusung serta memperdaya potensi yang ada di masyarakat sekitar venue dan desa. Ngayogjazz bisa sangat semarak karena ada juga bazaar yang diisi oleh tenant-tenant lokal sehingga event Ngayogjazz dapat memberdaya keberadaan UKM-UKM dan para pebisnis lokal yang menjadi mayoritas peserta Pasar Jazz.

4. Pengisi lokal

dinnoalshan.com

Dengan kebiasaan penyelenggara yang selalu ingin mengunggulkan para seniman jazz lokal, tidak salah jika kamu bisa melihat potensi di negeri sendiri. Pengisi lokal terdiri dari grup-grup anak muda, mahasiswa dan grup yang sudah tampil bergengsi di mana-mana. Jadi kamu dijamin tidak akan kecewa sama performance mereka. Beberapa kali penyelenggara juga menyisipkan beberapa grup atau penyanyi Internasional untuk semakin memeriahkan event tahunan ini.

5. Ajang melepas rindu

gudegnet

Mengunjungi event ini akan semakin mengobati rasa rindumu terhadap Kota Jogja. Alunan instrumen yang membuai dari para seniman akan membuat kamu hanyut dalam suasana romantis sekaligus kagum terhadap majunya kesenian di Kota Pelajar ini. Selain itu, kamu yang sengaja datang dengan sahabat-sahabatmu bisa mengabadikan moment tak terlupakan di sini. Rasanya jalan-jalanmu terasa semakin lengkap, jika situasi batinmu ikutan rileks.

6. Gerakan budaya

pamityang2an.com

Budaya musik jazz ternyata dibawa dari jauh. Yaitu masyarakat keturunan Afrika Amerika yang mengalami kepenatan dalam bermusik. Sehingga, mereka mencampur aduk alat musik dan instrument yang menghasilkan alunan musik yang interaktif dan ekspresif bagi semua genre. Budaya inilah yang telah berakar dan dibawa hingga ke event Ngayogjazz, yang pastinya bermanfaat untuk diketahui masyarakat. Budaya lokal sebagai tontonan masyarakat turut serta dihadirkan, agar terjadi keseimbangan antara budaya asli dan budaya import di mata segala umat.  

Nah, semoga kamu-kamu yang kurang sempat datang ke event Ngayogjazz tahun kemarin bisa pasang telinga dan mempertajam perhatianmu ke informasi penyelenggaraan acaranya di tahun ini. Selain untuk melepas kangenmu, jangan ragu untuk mencari tahu seniman lokal yang hadir ya! 

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
1
SHARES
loading