Setelah Lulus Kuliah, Mending Langsung Kerja atau Langsung Lanjut Kuliah Lagi Ya?

Sumber Gambar
Line YuKepo.com

Salah satu dilema terbesar yang sering dihadapi oleh para fresh graduate atau lulusan sarjana baru adalah menentukan mau ngapain setelah lulus. Ya nggak? Udah wisuda, pengen punya uang sendiri sih, tapi juga pengen punya gelar yang lebih tinggi. Apalagi kalau bidang pendidikanmu memang sepertinya lebih baik jika dilanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi baru lulus bisa kerja apa? Kebanyakan pekerjaan yang diinginkan butuh pengalaman kerja dulu minimal 2 tahun. Duh, mending langsung kerja dan meniti karier atau langsung lanjut ke program master ya?

blog.aftercollege.com

Sebaiknya, kamu harus tahu dulu nih bahwa kualifikasi seorang yang lulusan S-1 itu tentu berbeda dengan lulusan S-2. Ada perusahaan yang lebih memilih pekerja lulusan S-1 dengan alasan agar lebih mudah dibina dan bisa memberikan gaji yang sebanding dengan gelarnya. Kalau lulus S-2 dan belum punya pengalaman kerja sama sekali akan menyulitkan perusahaan untuk menentukan gaji, karena umumnya perusahaan atau employer lebih melihat pengalaman dan kemampuan kerja daripada gelar. Kecuali kamu akan meneruskan ke bidang karier yang menuntut harus punya gelar master dulu, seperti psikolog, notaris, dan sebagainya.

job-like.com

Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan dari setiap pilihan. Jangan takut kalau fresh graduate gajinya nggak sesuai ekspektasi atau nggak punya pengalaman kerja yang memadai. Kini banyak perusahaan besar yang membuka program Management Trainee (MT) atau Management Development Program (MDP) yang membuka peluang bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Selain itu, program MT dan MDP biasanya memang diperuntukan bagi lulusan baru yang belum berpengalaman untuk menduduki jabatan yang cukup prestisius. Keren kan? Tapi di sisi lain, langsung meniti karier dan keasyikan kerja bisa jadi mengubur mimpimu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dalam waktu dekat. Karena kalau udah kerja, terutama di perusahaan besar, kamu akan menjalani masa kontrak beberapa tahun. Kalau kamu bisa berprestasi di tempat kerja, bukan nggak mungkin kamu justru diberikan beasiswa untuk melanjutkan kuliah lagi kok.

 

www.isigood.com

Nah, kalau kamu memilih untuk langsung melanjutkan ke pasca sarjana, sebaiknya kamu tahu dulu karier seperti apa yang ingin kamu capai di masa depan setelah lulus S-2 nanti. Kalau di jenjang S-1 bidang kuliah kamu berbeda dengan bidang pekerjaan yang kamu inginkan, mungkin nggak begitu masalah. Misalnya kamu kuliah pertanian tapi akhirnya bekerja di perbankan. Tapi ketika kamu memilih untuk melanjutkan S-2, sebaiknya bidang karier yang kamu pilih disesuaikan dengan keilmuan kamu. Misalnya, kamu ingin mengambil program master Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), artinya kamu memang akan berkarier sebagai ahlinya pengelolaan SDM gitu guys. Ya nggak apa-apa sih kalau kamu nantinya punya karier yang berbeda dengan bidang S-2 kamu. Kamu juga perlu perhatikan apakah bidang karier yang kamu inginkan memang memerlukan kualifikasi S-2 atau nggak. Dengan begitu, kamu nggak sembarangan pilih. Jadi, S-2 diperuntukkan untuk kamu yang udah tahu mau berkarier sebagai apa dan ingin mendalami keilmuannya.

glints.id

Salah satu pertimbangan yang paling mendasar mungkin masalah finansial. Di satu sisi kamu ingin melanjutkan kuliah, tapi kamu belum punya cukup uang untuk biaya sekolah. Program beasiswa yang kamu idam-idamkan pun tak kunjung didapatkan. Mau nggak mau kamu harus menyambung hidup dengan bekerja dulu. Itu nggak masalah sih selama apa yang kamu kerjakan memang sesuatu yang kamu minati dan bermanfaat positif. Kuliah S-2 sambil kerja? Well, nggak semua bidang kuliah bisa disambi dengan bekerja. Memang sebaiknya kamu fokus pada satu hal yang kamu pilih agar lebih sukses kan?

Menurut Steve Icampo, Manager of Worldwide Staffing di Amphenol Corporation, sebaiknya kamu berhati-hati jika ingin langsung melanjutkan ke jenjang master. Seperti yang dilansir topuniversities.com, ia menyarankan untuk memiliki pengalaman kerja dulu kemudian S-2. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami keilmuan yang sedang kamu jalani dan bisa membawamu ke jenjang karier yang lebih mantap. Memiliki pengalaman kerja disertai dengan gelar pendidikan tentu jadi kombinasi yang sempurna kan?

 

Nah, begitulah pertimbangan yang harus kamu pikirkan secara matang sebelum mengambil keputusan. Bagaimanapun, kamu harus tahu kamu ingin jadi apa di masa depan. Jangan remehkan cita-cita lho ya. Dengan punya impian, kita jadi lebih terarah. Berkarier dulu atau lanjut kuliah nggak akan jadi penyesalan nantinya kalau kamu udah tahu mau jadi apa kamu nantinya. Apa jangan-jangan belum tahu nih cita-citanya mau jadi apa?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
88
SHARES
5 Anak Muda Ini Bisa Rasakan Bangku Kuliah Meski Terlahir dari Keluarga Biasa

5 Anak Muda Ini Bisa Rasakan Bangku Kuliah Meski Terlahir dari Keluarga Biasa

Gawat! Hobi Pria Ini Bikin Mereka Lupa Segalanya Termasuk Kamu

Gawat! Hobi Pria Ini Bikin Mereka Lupa Segalanya Termasuk Kamu

Tak Hanya di Indonesia, Inilah Beberapa Suku Terakhir di Dunia yang Masih Bertahan

Tak Hanya di Indonesia, Inilah Beberapa Suku Terakhir di Dunia yang Masih Bertahan

7 Fakta Unik Kazakhstan, Negara dengan Luas Wilayah Dua Kalinya Indonesia tetapi ‘Kosong’

7 Fakta Unik Kazakhstan, Negara dengan Luas Wilayah Dua Kalinya Indonesia tetapi ‘Kosong’

Agar Terlihat Keren di Media Sosial, Orang-orang Ini Melakukan Hal-hal yang Tak Terduga

Agar Terlihat Keren di Media Sosial, Orang-orang Ini Melakukan Hal-hal yang Tak Terduga

8 Potret Ibu yang Mendekam di Penjara Seraya Mengasuh Anaknya Ini Bikin Terharu

8 Potret Ibu yang Mendekam di Penjara Seraya Mengasuh Anaknya Ini Bikin Terharu

loading