Selamat Hari Pahlawan! Yuk Nostalgia Para Pahlawan yang Ada di Mata Uang Indonesia

karangtarunabhaktibulang.blogspot.co.id
Line YuKepo.com

Percaya atau gak, sebenernya yang mengisi hidup kita setiap hari tuh bukan cuma pacar doang, tapi uang juga ikut serta dalam mengisi hari-hari kamu. Bener gak? Bener dong. Cuma bedanya kamu gak perlu ngabarin uang setiap saat, soalnya uang gak butuh chat dari kamu, uang juga sifatnya gak posesif kayak pacar kamu. Uang tuh cuma jago menggoda manusia aja kok hahaha. Nah, kalo kamu perhatikan dilembaran uang rupiah itu ada gambar-gambar gitu kan? Nah, gambar-gambar itu adalah gambar para pahlawan Indonesia lho. Makanya, karena hari ini lagi memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2016 ini, yuk kenalan yuk sama pahlawan yang ada di uang yang setiap hari mengisi hari-hari kamu. 

1. Kapitan Pattimura, di uang 1000 rupiah

media2.allnumis.com

Lahir di Maluku pada tanggal 8 Juni 1783, Kapitan Pattimura atau yang dikenal sebagai Thomas Matulessy ini adalah seorang panglima perang lho. Pertempuran-pertempuran yang dipimpin oleh Pattimura ini dikenal sebagai petempuran nasional lho. Kapitan Pattimura mengkoordinir petempuran hebat melawan angkatan perang Belanda yang di darat dan di laut juga, pastinya dengan beberapa bantuan dari panglima lainnya. Walaupun pada akhirnya Pattimura mati digantung di Ambon, tapi jasa dan pengorbanannya merebut benteng Belanda Duurstede, sangat diapresiasi oleh pemerintah Republik Indonesia sebagai pahlawan nasional Indonesia, prok prok prok.  

2. Pangeran Antasari di uang 2000 Rupiah

berbagicarabysuhara.blogspot.co.id

Nih kenalin lagi nih, pahlawan nasional dari Kalimantan yang juga turut serta melawan Belanda untuk Kalimantan, yaitu pangeran Antasari. Pangeran Antasari ini ternyata keturunan ningrat loh, tapi hidupnya tetap mau merakyat. Karena katanya pangeran Antasari ikut memahami penderitaan rakyatnya yang dijajah Belanda saat itu. Saat sedang berjuang bersama rakyatnya, Pangeran Antasari kemudian wafat di tengah-tengah pasukannya karena terkena sakit paru-paru dan cacar. Tapi perjuangan Pangeran Antasari tidak berhenti sampai disitu, karena sahabatnya meneruskan perjuangannya. 

3. Sultan Mahmud Badaruddin II, di uang 10.000 Rupiah

galeriuangrupiah.blogspot.co.id

Nah duit yang biasa kamu buat beli cireng nih, ada gambar pahlawan namanya Sultan Mahmud Badaruddin II. Pemimpin perang melawan Inggris dan Belanda nih dalam perang Menteng di Palembang. Sultan Mahmud Badaruddin II ini sempat berhasil membebaskan Palembang dari tangan Belanda, tapi sayangnya malah jatuh juga Palembang ditangan Belanda. Gak apa lah yah, yang penting sudah berusaha sekuat tenaga. 

4. Tuanku Imam Bonjol di uang 5000 Rupiah

galeriuangrupiah.blogspot.co.id

Tuanku Imam Bonjol adalah dikenal sebagai pemimpin perang Padri di Aceh. Perang yang merupakan terjadi akibat pertentang masalah agama sebelum berubah menjadi peperangan melawan penjajah. Duh serem yah! Selain pejuang, Tuanku Imam Bonjol ini merupakan seorang ulama di Aceh lho. Cita-cita sebagai ulama, Tuanku Imam Bonjol ini ingin membersihkan praktek islam dan mencerdaskan rakyat nusantara dalam wawasan Islam. 

 

5. Oto Iskandar Dinata di uang 20000 rupiah

galeriuangrupiah.blogspot.co.id

Kalo beli nasi Padang biasanya pake uang 20 ribua. Nah, kenalan deh sekarang sama pahlawan yang gambarnya ada di 20 ribu nih, namanya bapak Oto Iskandar Dinata atau yang dikenal si Jalak Harupat, karena berani menantang penjajah. Sebagai seorang aktivis Budi Utomo, Bapak Oto Iskandar Dinata ini pahlawan nasional dari Jawa Barat. Oto Iskandar merupakan sosok pejuang yang pantang menyerah, jiwa nasionalis, dan anti banget sama penjajah. Wah, pak oto ini terkenal berani banget loh melawan penjajah.

 

6. Kolonel TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai di uang 50.000 Rupiah

galeriuangrupiah.blogspot.co.id

Seneng sih kalo dapet uang 50 ribuan, apalagi kalo dapetnya 100 lembar, beuuh  seneng banget. Tapi, jangan lupa kenalan dulu sama gambar pahlawan di dalamnya, yaitu Kolonel TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai pahlawan dari Bali. Pak I Gusti Ngurah Rai ini terkenal dengan gagasan perangnya yaitu puputan Margarana yang artinya perang habis-habisan. Habisin aja pak pokoknya perangnya!

7. Dr.(HC) Ir. Soekarno

topsy.one

Duh, kalo sama uang yang satu ini gak kuat deh! Dikasih segepok juga masih kurang aja bawaannya ahahaha. Nah, kalo di uang 100 ribuan ini adalah gambarnya Bapak Presiden pertama Indonesia, yaitu Dr.(HC) Ir. Soekarno. Gak mungkin dong kamu gak kenal? Pasti kenal banget kan? Bukan uangnya, tapi pak Soekarnonya yahh hehehe.

Gimana nih, kenal kan sama uang-uang di atas? Pasti kenal lah, kalo gak kenal makan apa kamu tiap hari? Hahaha. Walaupun kartu kredit dan debet sudah merajalela, tapi tetep uang kertas lebih dibutuhkan. Makanya, selain tau nominal uangnya harus tau juga nih sama pahlawan yang ada di uang yang biasa kamu pakai. Jangan lupa itu! Selamat Hari Pahlawan, Indonesia. 

0%
Marah
20%
Gokil
5%
Lucu
0%
Kaget
60%
Suka
15%
Aneh
8
SHARES
Lagi Kesel? Nih Kumpulan Meme Anak-anak Kecil yang Bisa Bikin Ngakak!

Lagi Kesel? Nih Kumpulan Meme Anak-anak Kecil yang Bisa Bikin Ngakak!

10 Foto Gandengan Tangan Romantis Ini Bakal Bikin Kamu Iri Setengah Mati!

10 Foto Gandengan Tangan Romantis Ini Bakal Bikin Kamu Iri Setengah Mati!

7 Postingan Cewek di Media Sosial Ini Bikin Para Cowok Minder

7 Postingan Cewek di Media Sosial Ini Bikin Para Cowok Minder

Buat Para Cowok, Inilah 7 Keuntungan Memiliki Pacar Bermuka Standar!

Buat Para Cowok, Inilah 7 Keuntungan Memiliki Pacar Bermuka Standar!

13 Foto Lucu Orang Ketakutan yang Dipotret Oleh Kamera Tersembunyi!

13 Foto Lucu Orang Ketakutan yang Dipotret Oleh Kamera Tersembunyi!

Ladies, 7 Outfit Keren dan Simple Ini Bisa Kamu Pakai Waktu Nge-Date!

Ladies, 7 Outfit Keren dan Simple Ini Bisa Kamu Pakai Waktu Nge-Date!

loading