Selain Sempat Jadi Wakil Presiden, Simak Juga Fakta-fakta Unik Sri Sultan Hamengkubuwono IX

www.goodnewsfromindonesia.id
Line YuKepo.com

Siapa yang gak kenal dengan salah satu raja Yogyakarta yang paling dicintai rakyatnya ini? Beliau adalah Bendoro Raden Mas Dorojatun atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Lahir dari garis kerajaan Yogya dengan ayah Sultan Hamengkubuwono VIII dengan ibu K.R.A Adipati Anum Amangku Negara atau Kanjeng Alit.

Lahir pada masa kolonialisme Belana pada 12 April 1912 dan sebagai keturunan langsung dari Sultan, otomatis beliau sebagai pewaris tahta kerajaan Yogyakarta ke-9 mulai 18 Maret 1940 hingga wafat pada 2 Oktober 1988 di Amerika.

Bagi sebagian besar rakyat Yogya, Sri Sultan Hamengkubuwono IX memang paling dicintai karena memang banyak melakukan perubahan demi kesejahteraan warga Yogya pada saat itu. Beliau sangat berani dan tegas dalam melawan penjajah. Tak hanya itu, beliau juga mati-matian berjuang agar Yogyakarta mendapatkan otonominya sendiri. Saat penjajahan Jepang, beliau juga menolak adanya romusha untuk proyek saluran perairan Selokan Mataram.

Dari kesekian banyak pencapaian yang ia miliki, ternyata banyak juga fakta tersembunyi di balik sosok penguasa Yogyakarta kesembilan itu. Yuk bareng-bareng kita simak aja fakta-faktanya.

1. Founding father Universitas Gadjah Mada

www.goodnewsfromindonesia.id

Berbanggalah bagi kalian yang kuliah di UGM soalnya ternyata Sri Sultan Hamengkubuwono IX merupakan salah satu pendirinya. Beliau aktif sejak dimulainya pendirian Balai Perguruan Tinggi UGM pada tanggal 17 Februari 1946 sampai terbentuknya UGM pada tanggal 19 Desember 1949. Setelah itu hingga berubah menjadi Universitiet Negeri Gadjah Mada hingga seperti sekarang menjadi Universitas Gajah Mada pada tahun 1954.

2. Ketua Federasi ASEAN Games (1958)

www.konfrontasi.com

Prestasi tentang raja Yogyakarta yang kesembilan ini ternyata gak putus sampai disiu aja. Buktinya beliau sempet menjabat menjadi Ketua Federasi ASEAN Games pada tahun 1958 yang diselenggarakan di Tokyo,  Jepang.

3. Bapak Pramuka Indonesia

nasimun-j-riau.blogspot.co.id

Ternyata Sultan Hamengkubuwono IX banyak menghabiskan waktunya dalam segi olahraga dan kepemudaan. Buktinya beliau disebut-sebut sebagai Bapak Pramuka Indonesia karena beliau banyak memiliki aktivitas di dunia kepramukaan atau kepanduan sebelum gerakan Pramuka sendiri itu lahir. 

4. PNS Pertama di Indonesia

www.wikiwand.com

Salah satu putera Sultan Hamengkubuwono IX yang bernama GBPH Joyokusumo pernah memaparkan bahwa raja ke sembilan itu merupakan PNS pertama di Indonesia dengan NIP (Nomor Induk Pegawai) 010000001. Sampai sekarang berkas NIP itu masih disimpan oleh keluarga.

5. Bergelar Sinuhun Sedha Washington

jangantinggalkansejarah.blogspot.co.id

Setiap raja-raja keraton Yogyakarta selalu mendapatkan gelar yang khusus setelah wafat. Gelar ini merupakan penjelasan tentang bagaimana dan di mana beliau meninggal “mangkat”. Sri Sultan Hamengkubuwono IX mendapatkan gelar Sinuhun Sedha Washington karena meninggal dunia di Washington, Amerika Serikat.

6. Membuat Soekarno Menangis

onesearch.perpusnas.go.id

Perjuangan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia memang tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Paska Agresi Militer Belanda akhir tahun 1948, Soekarno dikukuhkan menjabat sebagai Presiden di Yogya.

Setelah pengukuhan itu, seperti yang dilansir dari laman Good News From Indonesia, Sri Sultan Hamengkubuwono IX sempat memberikan Soekarno sebuah cek yang bernilai 6 Juta Gulden untuk membangun kembali kerusakan akibat perang. Sultan juga mengucapkan “Jogja sudah tidak punya apa-apa lagi. Silahkan lanjutkan pemerintahan di Jakarta”. Mendengar sang Sultan berkata seperti itu Soekarno seketika menangis.

7. Mendobrak Kebudayaan dan Ritual Khusus Keraton

www.emaze.com

Keadaan Yogyakarta setelah dijajah oleh Jepang menjadi begitu mengkhawatirkan, terutama Keraton. Hal itu disebabkan keraton harus mengeluarkan banyak uang untuk membiayai bangsawan. Sri Sultan Hamengkubuwono IX akhirnya memutar otak untuk menyelamatkan Yogya yaitu dengan mengurangi ritual khusus yang banyak mengeluarkan uang.

Selain itu demi kepentingan rakyat, Sri Sultan Hamengkubuwono juga untuk pertama kalinya membuka Keraton untuk umum, tidak seperti sebelumnya yang tertutup. Sehingga seperti yang bisa kita rasakan hingga kini, semua orang bisa masuk ke kawasan Keraton.

Sosok Sri Sultan Hamengkubuwono IX memang selalu mendapatkan tempat di hati para masyarakat Yogya. Hal itu tentu dikarenakan sifatnya yang tegas namun tidak lupa untuk welas asih menjadikan tauladan yang baik bagi masyarakat Yogya pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
3
SHARES
10 Bangunan Arsitektur Gagal Ini Bikin Gelang-geleng Kepala Sekaligus Tertawa

10 Bangunan Arsitektur Gagal Ini Bikin Gelang-geleng Kepala Sekaligus Tertawa

10 Game Klasik Ini Pasti Bikin Kamu Kangen Berat Sama Masa Kecilmu!

10 Game Klasik Ini Pasti Bikin Kamu Kangen Berat Sama Masa Kecilmu!

Beginilah Penampakan Pesawat Paling Mewah di Dunia, Mau Coba?

Beginilah Penampakan Pesawat Paling Mewah di Dunia, Mau Coba?

Kelakuan Absurd dan Kocak Orang-orang Ini Bisa Bikin Kotak Tertawamu Rusak!

Kelakuan Absurd dan Kocak Orang-orang Ini Bisa Bikin Kotak Tertawamu Rusak!

Pesona Wisata di Patagonia “Swiss di Argentina” yang Legendaris

Pesona Wisata di Patagonia “Swiss di Argentina” yang Legendaris

Foto-foto yang Diambil Menggunakan Drone ini Nunjukin Kamu Sisi Lain dari Dunia

Foto-foto yang Diambil Menggunakan Drone ini Nunjukin Kamu Sisi Lain dari Dunia

loading