Selain Memiliki Dua Belas Zona Waktu, Inilah 7 Fakta Unik Negara Perancis Lainnya

www.dailymail.co.uk
Line YuKepo.com

Mendengar kata Perancis, mungkin yang terbayang di benakmu adalah negara romantis dengan pemandangan menara Eiffel di depan mata. Ternyata, itu baru sekelumit hal-hal menarik yang ada di Perancis. Ada berbagai keunikan negara Perancis yang pastinya nggak dimiliki oleh negara mana pun. Bangsa Perancis merupakan bangsa yang sangat maju dan memiliki sejarah peradaban yang panjang. Orang-orang Perancis sangat memelihara kebudayaan warisan nenek moyangnya. Oleh karena itu nggak heran kalau 7 fakta unik di bawah ini memang hanya ada di Perancis.

1. Negara dengan hukum yang tak biasa

www.newszii.com

Perancis memiliki hukum atau regulasi yang nggak biasa untuk diterapkan rakyatnya. Misalnya nih, ada hukum di mana perempuan nggak boleh menggunakan celana panjang tapi telah dihapus pada tahun 2012. Selain itu juga ada hukum yang melarang untuk menamai babi peliharaan dengan nama “Napoleon”, melarang ciuman di peron kereta karena takut menyebabkan keterlambatan, melegalkan pernikahan sesama jenis juga melegalkan pernikahan dengan orang yang sudah meninggal, hingga mengatur jual beli. Di Perancis, nggak ada aturan untuk pedagang harus memberikan kembalian, yang ada harusnya pembeli yang menyiapkan uang pas.

2. Punya 12 zona waktu yang berbeda

gkindshivani.com

Indonesia yang lebih luas aja hanya punya 3 zona waktu yang berbeda, kok Perancis bisa ada 12 zona waktu? Yap, negara Perancis yang terletak di benua Eropa memang hanya memiliki satu zona waktu. Tapi perlu diketahui bahwa Perancis memiliki negara-negara teritorial lain yang tersebar di berbagai belahan dunia! Ada sekitar 5 provinsi dan 8 negara territorial yang letaknya nggak menyatu dengan daratan Perancis. Wilayah-wilayah tersebut merupakan daerah jajahan Perancis. Itulah kenapa Perancis disebut dengan negara yang memiliki zona waktu terbanyak.

3. Destinasi wisata terfavorit

www.jalansanasini.com

Tahukah kamu kalau Perancis merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia lho. Dengan total 80 juta lebih kunjungan tiap tahunnya ke negara ini, menjadikan Perancis sebagai destinasi wisata paling populer. Landmark kota Paris yaitu menara Eiffel sangat memikat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke sana. Museum The Louvre juga dinobatkan sebagai museum yang paling banyak dikunjungi di dunia. Selain itu, Perancis juga menjadi negara tujuan pendidikan yang terpopuler.

4. Pernah punya raja dengan masa jabatan tersingkat

www.telegraf.rs

Kalau kamu mendengar kalimat ‘masa jabatan tersingkat’, kira-kira berapa lama sih jabatan tersingkat itu? Nah, di Perancis pernah ada raja yang menduduki jabatan dengan masa paling singkat, yaitu 20 menit doang! Ia adalah King Louis XIX yang turun tahta akibat ayahnya, King Charles menyatakan pembubaran pada Revolusi Juli tahun 1830. Selain punya raja dengan masa jabatan tersingkat, Perancis juga memiliki seorang yang didaulat sebagai raja 5 bulan sebelum lahir, namun sayang usianya hanya 5 hari yaitu dari 15-20 November 1316.

5. Nama-nama daerah yang aneh

www.ladepeche.fr

Perancis memiliki 18 wilayah bagian atau yang disebut region (semacam provinsi). Ada beberapa departemen (semacam kota atau kabupaten) di Perancis yang telah berganti nama karena nama asli daerahnya tersebut bermakna hinaan. Misalnya daerah Loire-Inférieure (Loire-rendahan) menjadi Loire-Atlantique pada 1957. Ada juga kotamadya dengan nama tersingkat, yaitu Y. warga Y disebut juga dengan Ypsilons. Jangan kaget kalau ternyata di Perancis ada sebuah wilayah yang bernama Condom (kondom), Bouzille (mengacaukan), Saint Barbant (Saint membosankan), atau Trecon (sangat bodoh).

6. Perkara warna bendera yang agak berbeda

e-spaces.eu

Konon katanya, warna asli bendera Perancis adalah putih polos dari tahun 1814 hingga 1830 di mana dulu Perancis masih merupakan negara monarki. Nah, sekarang bendera Perancis berwarna biru, putih, dan merah. Katanya sih, ketiga warna melambangkan eleman masyarakat Perancis yaitu putih untuk kaum agamawan, merah untuk kaum bangsawan, dan biru untuk kaum borjuis. Tapi yang jadi perdebatan adalah warna yang sesungguhnya dari ketiga elemen warna bendera tersebut. Warna bendera Perancis yang kita lihat biasanya berwarna biru dan merah yang terang, sedangkan ada versi warna biru dan merahnya yang lebih gelap dan biasanya dikibarkan di balai kota atau bangunan umum.

7. Negara yang serba terbanyak

www.curiosityme.com

Selain terbanyak wisatawan dan terbanyak memiliki zona waktu, Perancis juga merupakan negara dengan konsumsi siput terbanyak di dunia. Rata-rata tiap orang Perancis mengonsumsi 500 siput per tahun. Artinya, sehari bisa 1-2 siput yang di makan. Selain siput, orang Perancis juga mengonsumsi wine terbanyak yaitu sekitar 11,2 juta gelas per tahun! Soal kecerdasan, udah deh nggak perlu diragukan lagi. Faktanya, Perancis merupakan negara yang meraih Nobel terbanyak di dunia lho.

Unik banget kan? Sebenarnya sih masih banyak keunikan negara Perancis yang nggak kalah menarik. Tapi kalau dijabarin semua di sini, nanti kamu nggak akan tertarik mengunjungi Perancis secara langsung lagi? Lebih baik menabung deh dari sekarang biar kamu bisa puas makan siput ala Perancis atau mengunjungi daerah-daerah dengan nama yang aneh di sana. Bon voyage!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
131
SHARES
Gara-gara Perubahan Iklim, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Langka Dalam Waktu Dekat Lho

Gara-gara Perubahan Iklim, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Langka Dalam Waktu Dekat Lho

Inilah Perbedaan Amnesia Dalam Film dan Sinetron Vs Amnesia Pada Kenyataanya

Inilah Perbedaan Amnesia Dalam Film dan Sinetron Vs Amnesia Pada Kenyataanya

Para Pramugari Tercantik dari Berbagai Maskapai Dunia Ini Siap Bikin Kamu Jetlag

Para Pramugari Tercantik dari Berbagai Maskapai Dunia Ini Siap Bikin Kamu Jetlag

Pria yang Nikahi Sahabat Kecilnya Ini Buktikan Cinta Bisa Hadir dari Masa Lalu

Pria yang Nikahi Sahabat Kecilnya Ini Buktikan Cinta Bisa Hadir dari Masa Lalu

10 Modifikasi Kreatif Pada Mobil Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

10 Modifikasi Kreatif Pada Mobil Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Gadis Taiwan Ini Melakukan Foto Pre-wedding Sendiri, Simak Kisahnya

Gadis Taiwan Ini Melakukan Foto Pre-wedding Sendiri, Simak Kisahnya

loading