Sebelum Harga Rokok di Indonesia Jadi Semahal di Negara-negara Ini, Mending Berhenti!

www.tentik.com
Line YuKepo.com

Rokok memang selalu menjadi polemik di Indonesia. Kubu anti rokok dan pro rokok memang rasanya mengimbangi polemik tersebut. Susah untuk diatasi tapi bisa jika mau. Bukan hanya menjadi concern pemerintah aja, tapi semua orang. 

Kebiasaan merokok di Indonesia memang gak mengenal umur. Anak-anak SD aja udah bisa beli dan menggunakan rokok. Apalagi dengan harga rokok yang tergolong murah yaitu sekitar Rp 20.000/bungkus membuat anak-anak mudah untuk mendapatkannya.

Coba bandingin harga rokok di Indonesia dan di luar negeri. Duh jauh banget. Jangankan anak-anak, orang dewasa aja mikir dua kali kalau mau beli rokok. Malah katanya, di luar negeri orang yang merokok bisa dikatakan sebagai orang yang mapan. Saking mahalnya. Penasaran negara-negara mana aja sih yang memiliki harga rokok termahal? Yuk cekidot!

1. Irlandia

www.dailyedge.ie

Pemerintah Irlandia rasanya memang sangat memperhatikan kesehatan warganya, apalagi mengenai penyakit yang ditimbulkan dari dampak rokok. Gak heran harga rokok di Irlandia jadi mahal banget yaitu sebesar Rp 90.997 perbungkusnya. Malah harga tersebut bakalan naik lagi lho.

2. Skotlandia

www.dailyrecord.co.uk

Di negara bagian dari Britania Raya ini memang sudah menetapkan kebijakan larangan iklan rokok di setiap toko udah dari beberapa tahun yang lalu. Perihalnya masih sama yaitu demi kesehatan. Apalagi pemerintah Skotlandia gak mau banget ada anak di bawah umur yang terkontaminasi rokok. Kebijakan tersebut diterapkan berbarengan dengan harga rokok yang selangit yaitu sekitar Rp 93.490/bungkus. Mending buat jajan deh.

3. Islandia

www.simongamble.com

Rokok di negara ini juga termasuk mahal dengan dibanderol Rp 94.362/bungkusnya. Pemerintah Islandia memang sangat menekan jumlah konsumsi rokok di negara ini. Gak hanya itu, setiap toko dan warung dilarang memajang rokok di etalasenya. Kesannya jadi malu ya kalau mau beli rokok. Bahkan pemerintah lagi merumuskan kebijakan mengenai pembelian rokok harus disertai surat dokter, walaupun menuai banyak perdebatan. 

4. Norwegia

www.cnnindonesia.com

Di negara ini memang sangat ketat mengenai peraturan rokok. Seluruh warung dan toko dilarang keras untuk memajang rokok, bahkan iklannya pun dilarang. Makanya negara ini sempat dituntut oleh salah satu perusahaan rokok raksasa yaitu Philip Morris. Soal harga emang gak nanggung-nanggung, dijual sebesar Rp 125.000/bungkusnya.

5. Swedia

hiveminer.com

Mungkin karena asapnya yang mengganggu jadinya banyak warga Swedia yang beralih ke smokeless tobacco. Smokeless tobacco adalah tembakau yang digunakan dengan cara dikunyah, dihisap atau diletakkan di antara gigi dan gusi. Pemerintah Swedia akhirnya menaikkan harga rokok yang lumayan tinggi menjadi Rp 125.000/bungkus. 

6. Amerika Serikat

www.usnews.com

Wah kalau di negara yang satu ini rasanya memang gak ada yang murah ya. Tapi soal rokok, duh gak ada kompromi lagi deh. Di negara ini sebungkus rokok dijual dengan harga Rp 150.000/bungkus. Bahkan ada larangan merokok di tempat umum sejak tahun 2006. Kalau ketahuan, duh dendanya bisa bikin kamu miskin lho yaitu sebesar Rp 6,5 juta. Mending buat kredit motor ya.

7. Inggris

sport.bisnis.com

Harga rokok di negara ini mencapai Rp 170.000/bungkus. Hal itu dikarenakan pemerintah Inggris memang sedang mengurangi penggunaan rokok. Selain itu, terdapat larangan pencatuman merk di tiap bungkus rokok, alias harus polos bungkusnya. Jadi gak bisa branding deh.

8. Kanada

www.tentik.com

Negara ini memang dengan serius mendorong para warganya untuk segera berhenti merokok. Gak heran kalau perbungkus rokok di sini dijual dengan harga sekitar Rp 160.000 - Rp 200.000. Gak cukup sampai disitu aja, di Kota Ontario setiap orang yang mau beli rokok harus membayar pajak rokok tersebut yang justru harganya lebih mahal dari sebungkus rokok. Masih mau ngerokok?

9. Selandia Baru

www.tentik.com

Harga rokok di negara ini sudah dibanderol sekitar Rp 226.000. Harga tersebut selalu naik lho setiap tahunnya. Bahkan diperkirakan pada tahun 2020 harga rokok di negara ini akan mencapai Rp 960.000/bungkus. Kalau dari sekarang udah kredit rumah pasti udah lunas tuh ya dari uang rokok.

10. Australia

www.tentik.com

Nah rekor harga rokok termahal di dunia dipegang oleh Australia nih. Pemerintah Australia telah menetapkan kenaikan harga rokok tiap tahunnya. Makin tahun makin mahal boss. Mahalnya gak kira-kira, rokok di negara ini sudah mencapai Rp 260.000/bungkusnya. Miskin mendadak bos!

Nah lho mahal-mahal banget ya harga rokok di negara-negara tersebut. Mendingan berhenti merokok deh sebelum harga rokok di Indonesia jadi meroket tajam kayak negara-negara di atas. Mending uangnya ditabung, katanya tahun depan mau nikahin anak orang?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
12
SHARES
9 Cosplay Wanita Seksi Ini Terlihat Sangat Mirip dengan Karakter Aslinya di Anime

9 Cosplay Wanita Seksi Ini Terlihat Sangat Mirip dengan Karakter Aslinya di Anime

8 Kebiasaan yang Bikin Kamu Hidup Boros Tanpa Kamu Sadari

8 Kebiasaan yang Bikin Kamu Hidup Boros Tanpa Kamu Sadari

Bedanya Kamu yang Udah Siap Nikah dan yang Masih Cocok Pacaran Doang

Bedanya Kamu yang Udah Siap Nikah dan yang Masih Cocok Pacaran Doang

Ciri Cowok yang Nggak Akan Nyeriusin Hubungan Sama Kamu

Ciri Cowok yang Nggak Akan Nyeriusin Hubungan Sama Kamu

11 Potret Keganasan Bencana Nuklir yang Menimpa Kota Mati Chernobyl

11 Potret Keganasan Bencana Nuklir yang Menimpa Kota Mati Chernobyl

8 Makna Dibalik Kata "Terserah" yang Sering Cewek Lontarkan

8 Makna Dibalik Kata "Terserah" yang Sering Cewek Lontarkan

loading