Sambut Hari Perempuan Internasional, 7 Penemuan Ini Ternyata Ditemukan oleh Kaum Hawa!

fmnmalang.wordpress.com
Line Yukepo.com

Sudah memasuki bulan Maret nih. Tepatnya tanggal 8 Maret ini menjadi hari yang spesial untuk para perempuan di dunia. Bulan maret tercatat sebagai bulan sejarahnya perempuan. Jatuhnya tepat pada tanggal 8 Maret 2017 ini, ladies. Banyak aksi yang dilakukan Indonesia. Salah satunya ada aksi berjalan kaki dari depan Sarina, Thamrin menuju Istana Merdeka yang disebut dengan Woman’s March pada sabtu tanggal 4 Maret lalu. Aksi tersebut juga ditunjukkan untuk tanggal 8 Maretnya sebagai Hari Perempuan Internasional.

Untuk menyambut Hari Perempuan Internasional tanggal 8 Maret, gak ada salahnya sih kalau kita mengingat-ingat lagi macam-macam penemuan yang ternyata ditemukan oleh kaum perempuan. Kalau selama ini kamu taunya beberapa penemuan ditemukan oleh kaum pria, sekarang kamu harus tau juga kalau beberapa penemuan penting juga ditemukan oleh kaum perempuan dan hebatnya penemuan ini ditemukan oleh ilmuwan perempuan di bidang sains. Penasaran apa aja penemuannya? Langsung aja yuk kita kepoin!

1. Ada Lovelace - Programmer Komputer Pertama Dunia

alchetron.com

Pasti kamu gak ngenalin kan siapa tokoh perempuan satu ini? Namanya Ada Lovelace (bukan Lovelace si bintang porno yah), perempuan satu ini adalah programmer komputer perempuan pertama di dunia. Anak dari penyair Lord Byron. Ada Lovelace ini pertama kali belajar matematika pada tahun 1843 karena permintaan ibunya. Lalu Lovelace merilis sebuah publikasi terjemahan dari artikel yang berjudul Analytical Engine. Hal menarik lainnya, dalam terjemahan ini Lovelace menambahkan sendiri catatannya mengenai cara baru buat menyelesaikan permasalahan matematika dan yang ada kemungkinan buat bikin komputer masa depan gitu. Hebat yah? Patut jadi teladan di Hari Perempuan nih. 

2. Hedy Lamarr - Menemukan Pengirim Sinyal Radio

www.rejectedprincesses.com

Aktris Hollywood asal Austria ini selain pintar ternyata juga cantik. Pada tahun 1941, Hedy Lamarr pernah menerima sebuah hak paten untuk sebuah alat yang bisa mengirim dan menerima sinyal radio. Sebenarnya, penemuan ini diciptakan sebagai alat komunikasi rahasia militer. Namun, seiring berjalannya waktu ternyata penemuan perempuan cantik ini digunakan untuk dasar penemuan handphone. Gak hanya itu, berbagai teknologi tanpa kabel lainnya juga menggunakan dasar dari penemuan Lamarr ini, seperti mesin fax. Keren kan?

3. Caroline Herschel - Pakar Astronomi

www.bbc.co.uk

Dikenal sebagai seorang musisi, perempuan satu ini ternyata juga dikenal sebagai salah seorang pakar astronomi yang handal. Menjadi murid astronomi bersama sang kakak, Herschel belajar membuat teleskop. Kemudian seiring berjalannya waktu, di akhir abad ke-18 kakak beradik ini menciptakan sebuah katalog tentang berbagai Nebula dan Komet. Dan hebatnya, katalog tersebut masih digunakan oleh NASA. Hebat yah perempuan satu ini!

4. Inge Lehmann - Pakar Seismolog

fascinointellettuali.larionews.com

Lehman merupakan pakar seismologi atau yang biasa dikenal dengan ilmu yang mempelajari gempa. Di abad ke-20 saat Lehman sedang mempelajari data-data gempa bumi di seluruh dunia, Lehman menemukan sesuatu yang menarik. Hal menarik yang ditemukan Inge Lehman ini adalah fakta-fakta kalau gempa bumi yang terjadi di New Zealand pada tahun 1929 memiliki pola gelombang yang aneh. Menurut Lehman, fakta yang ditemukannya adalah gelombang yang terjadi pada gempa di New Zealand ini memantul ke dalam inti bumi. Nah, dari study-nya inilah Lehman pun akhirnya merilis publikasi teorinya pada tahun 1936. Teori tersebut menjelaskan bahwa bumi memiliki lapisan inti di bagian dalam yang padat. Teori Lehman ini juga menggantikan teori sebelumnya lho. Hebat yah?

5. Stephanie Kwolek - Rompi Anti Peluru

invention.si.edu

Kamu tau kan rompi anti peluru yang sering dipakai polisi? Nah, ini nih perempuan yang menemukannya, namanya Stephanie Kwolek. Stephanie menemukan Kevlar bahan yang digunakan untuk membuat rompi anti peluru. Gak sebentar waktu yang dihabiskan Stephanie untuk menemukan bahan tersebut. Prosesnya cukup panjang, bahkan hampir bertahun-tahun. Dan semua itu tidak sia-sia karena teknologi yang diciptakan Stephanie ini dilanjutkan untuk digunakan membuat yang lainnya. Seperti jembatan gantung, bantalan rem, dan peralatan berkemah.

6. Mary Anderson - Wiper Kaca Mobil

karage.tv

Tepatnya pada tahun 1903, Mary Anderson berhasil menciptakan wiper kaca mobil atau pengelap kaca. Ide tersebut ditemukan Mary pada tahun sebelumnya, dikarenakan melihat situasi yang terjadi saat hujan atau bersalju. Orang-orang yang naik mobil harus berhenti setiap meternya untuk mengelap kaca depan mobilnya yang tertutup salju atau hujan. Walaupun setelah benda ini ditemukan, masih ada aja orang yang curiga bahwa wiper ini bisa saja mengalihkan pandangan pengemudi. Namun ternyata, setelah 10 tahun dipatenkan, hampir setiap mobil menggunakan penemuannya ini. 

7. Patricia Bath, MD - Perangkat Operasi Laser Katarak

teacher.scholastic.com

Dokter Afrika-Amerika pertama dan perempuan yang menciptakan sebuah metode baru untuk melenyapkan katarak. Penemuan tersebut dinamakan katarak laserphacoprobe yang merupakan instrumen medis bentuk laser yang membuat prosedurnya jelas lebih akurat. Selain itu, Patricia juga merupakan perempuan Afrika pertama yang ditunjuk UCLA pada tahun 1975. Perangkat operasi laser katarak ini sudah memiliki 5 hak paten di beberapa negara, seperti Kanada, Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

Gak nyangka kan? Ternyata penemu-penemu di atas ini perempuan semua? Pastinya gak cuma 7 doang kok penemu dari kaum perempuan, masih banyak lagi kok. Dan yang pasti para penemu perempuan lainnya juga gak kalah hebat dengan 7 penemu perempuan di atas ini. Jadi, jangan juga kamu selalu anggap remeh diri kamu sendiri sebagai perempuan. Karena perempuan juga bisa kok menciptakan hal baru. Buktinya, 7 penemu di atas bisa menciptakan hal-hal yang sulit dibayangkan kalau perempuan bisa menemukan dan menciptakannya. Sekali lagi, selamat Hari Perempuan untuk semua perempuan di dunia. Semoga Hari Perempuan ini para wanita Indonesia bisa semakin memahami keberhargaan dirinya. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
31
SHARES
15 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Polusi di China Itu Parah Banget

15 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Polusi di China Itu Parah Banget

Begini Kocaknya Karakter Film Kartun Bila Melakukan Kegiatan Sehari-hari!

Begini Kocaknya Karakter Film Kartun Bila Melakukan Kegiatan Sehari-hari!

7 Ibu Hebat di Dunia Ini Melahirkan Anak yang Jumlahnya Melebihi Tim Sepakbola

7 Ibu Hebat di Dunia Ini Melahirkan Anak yang Jumlahnya Melebihi Tim Sepakbola

Senjata Tradisional Khas Indonesia Ini Berhasil Bikin Penjajah Ngibrit

Senjata Tradisional Khas Indonesia Ini Berhasil Bikin Penjajah Ngibrit

Jangan Bertindak Seenaknya! Inilah Kisah Pilu Driver Ojek Online yang Perlu Kamu Tahu

Jangan Bertindak Seenaknya! Inilah Kisah Pilu Driver Ojek Online yang Perlu Kamu Tahu

Percaya atau Tidak, 11 Foto Menakjubkan ini Bukan dari Hasil Editan Photoshop

Percaya atau Tidak, 11 Foto Menakjubkan ini Bukan dari Hasil Editan Photoshop

loading