Saat Diputusin, Ini Alasan Buat Nggak Nyalahin Diri Sendiri

www.juliepepin.com
Line YuKepo.com

Pasangan yang meminta putus memang bisa membuat hatimu memar seketika. Rasanya semua hal yang dulu kamu dan dia perjuangkan, terasa sangat sia-sia. Segala ego yang kamu tekan mati-matian demi mempertahankan dia untuk tetap di sisi, kini adalah sesuatu yang paling kamu sesalkan. Kamu pun mulai menyalahkan diri sendiri, mungkin ada sesuatu yang belum bisa kamu berikan ke dia sehingga dia meninggalkanmu.

Padahal apa yang kamu pikirkan sesaat setelah ditinggalkan, hanyalah perasaan sesaat saja. Kalau kamu mau berpikir ulang, ditinggalkan pasangan sama sekali bukan kesalahanmu. Meninggalkan dan ditinggalkan hanya soal waktu saja, kalau memang hubungan yang kamu dan dia jalin tak punya harapan untuk diteruskan.

1. Hanya karena kamu putus dan ditinggalkan, bukan berarti kamu jadi tumpuan kesalahan. Mungkin memang dia yang tak mau melanjutkan perjuangan

unsplash.com

Sesaat dia menyampaikan keinginannya untuk mengakhiri hubungan kalian, seketika itu kamu mungkin merasa duniamu runtuh begitu saja. Meski terkesan berlebihan, kamu kini tahu bagaimana rasanya tersambar petir di siang bolong. Seketika kamu pun kembali memikirkan apa yang telah kamu lakukan di belakang. Kesalahan apa yang sudah kamu perbuat, sehingga dia tak mau mempertahankan hubungan kalian.

Namun pilihan dia untuk meninggalkanmu adalah keputusan yang dia ambil sepihak. Tak seharusnya kamu merasa menjadi tumpuan kesalahan atas keputusan yang telah dia ambil. Bukan berarti dia meninggalkanmu karena kesalahan yang kamu buat. Bisa saja memang dia yang tak mau melanjutkan perjuangan yang dulu pernah kalian sama-sama janjikan.

2. Dia adalah satu-satunya yang mengambil keputusan. Bukan kamu yang harus menanggung akibatnya

unsplash.com

Dia sudah mengambil keputusan untuk meninggalkanmu sekarang. Berarti memang ada rencana yang ingin dia hadapi sendirian, tanpa kamu. Lalu untuk apa kamu menangisi orang yang bahkan tidak melibatkanmu dalam rencana masa depannya? Bukan kamu yang harus menanggung akibatnya atas keputusan yang dia ambil. Kenapa kamu tak lantas menyusun rencanamu sendiri saja?

3. Toh roda hidup harus terus berputar. Meski kamu dan dia tak bisa terus sejalan

unsplash.com

Selama belum ada ikatan sakral, peluang kamu dan dia berpisah sebenarnya masih terbuka lebar. Sebelum ada kejelasan, sebenarnya kamu tak perlu menggantungkan banyak harapan padanya. Sehingga ketika dia memilih pergi, kamu tak lantas kehilangan dirimu sendiri. Pada akhirnya roda hidup harus terus berputar. Ada maupun tak ada dia. Ketika kalian akhirnya tak bisa sejalan, bukankah lebih baik jadikan hal ini untuk bisa membenahi diri?

4. Kamu pikir dia semesta. Tapi dia tak lebih dari kisah yang hanya numpang lewat saja

unsplash.com

Kamu pernah berpikir dia adalah semesta. Tanpa dia, hidupmu hampa. Tapi coba kamu berpikir lebih jernih lagi, apa yang kamu harapkan dari orang yang untuk mempertahankanmu saja enggan. Dia sama sekali bukan semesta yang harus kamu rindukan keberadaannya. Karena nantinya kamu akan sadar bahwa dia adalah orang yang hanya numpang lewat saja dalam hidupmu. Dan sekecil itu menggoreskan kisah yang tak seberapa.

5. Ditinggalkan bukan kesialan, dia hanya tak mau memperjuangkanmu lebih keras

unsplash.com

Tak ada hubungan yang tak diterpa badai. Pertengkaran yang silih berganti datang adalah hal yang tak perlu dirisaukan. Toh, bukannya itu memang proses untuk kalian saling mengenal? Tapi ketika dia memilih menyerah, jangan pernah berpikir kesalahan sepenuhnya ada di dirimu. Kenapa tak membalikkan pola pikirmu, bahwa dia adalah satu-satunya orang yang menyerah. Karena tak mau memperjuangkanmu lebih keras lagi.

6. Memilih meninggalkanmu berarti dia melepaskan kesempatan terbaik untuk bersamamu

unsplash.com

Ketika dia memilih meninggalkanmu, itu berarti dia yang memilih untuk merugi. Bahwa harus melewatkan banyak momen terbaik bersamamu. Menjadi pihak yang ditinggalkan tak selalu adalah pihak yang melakukan kesalahan. Kamu toh tak perlu menyesali perpisahanmu berlarut-larut.

7. Dan bukankah ini akan jadi kesempatanmu untuk bertemu dia yang lebih baik?

unsplash.com

Berpisah dengan dia yang sekarang, bukan berarti kamu tak akan menemukan orang yang nantinya lebih baik dari dia yang meninggalkanmu. Justru ketika berpisah dengannya sekarang, ini adalah kesempatanmu untuk bertemu sosok yang lebih baik. Akan ada orang yang nantinya akan memperjuangkanmu mati-matian dan tak menyerah begitu saja ketika pertengkaran mewarnai hubungan kalian. Kamu hanya perlu menanti waktunya tiba.

Jadi masih ada rasa bersalah ketika kamu diputusin? Diputusin toh bukan jadi akhir dunia. Justru ini menjadi langkah awalmu untuk memulai hubungan yang bisa lebih menghargaimu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
12
SHARES
Kamu Penderita Maag Kronis? Hindari 7 Makanan Berbahaya ini!

Kamu Penderita Maag Kronis? Hindari 7 Makanan Berbahaya ini!

Inilah 10 Foto Perbandingan Masa Sekolah, Ketika Pertama Kali Masuk dan Setelah Lulus

Inilah 10 Foto Perbandingan Masa Sekolah, Ketika Pertama Kali Masuk dan Setelah Lulus

Inilah Cara-cara Unik Berbagai Negara Dalam Menghindari Kegemukan

Inilah Cara-cara Unik Berbagai Negara Dalam Menghindari Kegemukan

10 Foto Pelangi Terindah di Seluruh Dunia ini Bikin Kamu Kagum

10 Foto Pelangi Terindah di Seluruh Dunia ini Bikin Kamu Kagum

Foto-foto Hewan yang Sedang Makan Ini Imut Banget!

Foto-foto Hewan yang Sedang Makan Ini Imut Banget!

Inilah 7 Manusia Ajaib yang Pernah Lahir di Muka Bumi

Inilah 7 Manusia Ajaib yang Pernah Lahir di Muka Bumi

loading