Perpisahan Cuma Butuh Direlakan, Hal-hal Ini yang Akan Buatmu Bertahan

www.alexmariephoto.co
Line YuKepo.com

Punya hubungan yang sudah berjalan bertahun-tahun lalu harus berakhir begitu saja, kadang membuatmu terpuruk terlalu dalam. Berbagai hal yang dilewati terasa sia-sia, dan mau tidak mau hanya akan menjadi kenangan. Pilihannya tinggal menjadi kenangan baik atau kenangan buruk yang menyakitkan batin.

Namun pemikiran seperti ini sebenarnya hanya akan membuatmu teperosok lebih dalam. Karena hubungan yang berkualitas tak dilihat dari seberapa lama waktu yang dihabiskan bersama. Tapi dilihat dari bagaimana cara menghargai satu sama lain dalam hubungan. Kalaupun perpisahan harus terjadi, ia hanya butuh direlakan saja. Itu artinya kamu sedang diselamatkan pada hubungan yang tak punya masa depan. Setidaknya hal-hal ini yang akan membuatmu bertahan nantinya.

1. Perpisahan memang selalu menorehkan luka di hati. Tapi setidaknya kamu bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi

www.pexels.com

Tak ada yang mudah untuk dijalani dari sebuah perpisahan. Kehadirannya memang selalu menimbulkan memar di hati. Kisah yang sudah terajut lama dan harus berakhir begitu saja tentu menjadi tamparan yang menyakitkan bagi kamu. Ketika kamu memaksakan diri untuk segera melupakan, maka rasanya semakin sulit juga kenyataan itu kamu lupakan.

Tapi apa daya, memang harus ada proses jatuh bangun yang kamu lalui. Jalani saja tanpa harus menjadi beban. Setidaknya hubungan yang gagal akan memberikanmu banyak pelajaran, sehingga kamu bisa berubah menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi. Kamu akan mengerti ada kesalahan-kesalahan yang tak boleh terulang lagi ke depannya.

2. Perjalanan hidup memang harus berubah perlahan. Perubahan setelah perpisahan ada untuk buatmu berkembang

www.indiaearl.com

Segala sesuatunya pasti akan mengalami perubahan. Termasuk hubungan yang kamu jalani. Dari mulai pacaran yang tidak serius sampai tahap pacaran yang berorientasi ke masa depan. Atau malah sebaliknya, pacaran yang awalnya direfleksikan akan bertahan hingga nanti dan punya masa depan bersama tiba-tiba harus diakhiri begitu saja oleh berbagai macam hal.

Perubahan tak selamanya bisa diterima dengan mudah. Bukan semata-mata hanya karena kondisinya saja yang berubah, tapi juga harus merelakan segala kebiasaan yang dulu sering kalian lakukan bersama. Pun ketika dipaksa menerima kenyataan bahwa tak lagi ada sosoknya dalam menemanimu hari-harimu.

Ah, tapi bukankah hidup memang seperti ini? Perubahan apa pun yang terjadi, hidup harus terus berjalan. Kamu tak bisa memaksakan kondisi untuk terus statis. Perubahan ada untuk membuatmu berkembang. Itulah mengapa, mau tidak mau kamu harus menerima kondisi ini dengan lapang dada.

3. Tak semua hal bisa berjalan sesuai harapan. Terkadang ada hal yang memang harus diikhlaskan

www.alexmariephoto.co

Karena dalam hidup selalu ada perubahan, maka tak semua hal yang terjadi dalam hidupmu bisa berjalan sesuai harapan. Sekeras apapun kamu berupaya, kadang takdir Tuhan bisa mengatakan sebaliknya. Tuhan bukannya tak ingin kamu bahagia. Dia hanya ingin kamu mengerti bahwa kadang yang kamu inginkan belum tentu yang terbaik untukmu, sementara yang tak kamu inginkan bukan berarti tak baik untuk hidupmu. Dan kadang perpisahan yang menyakitkan ini dihadirkan dalam hidupmu agar membuatmu sadar bahwa selama ini kamu sedang salah jalan. Tuhan mengingatkanmu dengan cara menyakitkan namun tak membuatmu menyesal karena terlambat menyadari.

Ketika suratan takdir harus berkata demikian, kamu pun harus mengakui kalau ada hal-hal tertentu yang tak bisa dipaksakan dan memang harus kamu ikhlaskan. Mengikhlaskan bukan berarti menghapus sepenuhnya dari kotak kenangan, tapi menerimanya untuk dijadikan pelajaran. Waktu yang dibutuhkan memang tak bisa singkat. Tapi terkadang istilah “Time will heal everything” ada benarnya juga.

4. Perpisahan akan buat kamu mengerti bahwa jodoh adalah hal yang sama sekali tak bisa dipaksakan

www.alexmariephoto.co

Perihal jodoh tak memiliki hitungan pasti seperti ilmu alam. Dia tak bisa dipaksakan dan datangnya selalu tak terduga. Seseorang yang kamu yakini akan menjadi jodohmu kelak, belum tentu menjadi orang yang mau memperjuangkanmu mati-matian. Sementara dia yang tak pernah kamu sangka, bisa jadi menjadi seseorang yang tangguh mempertahankanmu.

Berpisah sekarang bukan berarti pintumu untuk menuju kebahagiaan menjadi tertutup rapat. Justru ini adalah langkah awal untuk menemukan formula kebahagiaan yang baru. Sekaligus dengan caranya yang baru. Kamu hanya sedang dinanti oleh serangkaian petualangan baru.

5. Justru dari sini, kamu punya kesempatan bertemu dia yang layak dipertahankan hingga nanti

www.alexmariephoto.co

Dan inilah yang nantinya tak akan membuatmu menyesal berpisah dengan dia yang ternyata memang tak layak dibersamai. Jika tak berpisah dengannya sekarang, kamu mungkin tak akan bertemu sosok lain yang lebih layak kamu jadikan pendamping.

Perpisahan seharusnya bisa membuatmu lebih terbuka, bertemulah dengan orang baru sebanyak-banyaknya. Setidaknya kali ini kamu sudah selevel lebih jeli dalam membedakan mana dia yang mendekatimu hanya karena ada maunya atau memang benar-benar tulus.

Bertemu jodoh bukan cuma soal pencarian. Tapi juga bagaimana kamu bisa merancang masa depan dengan baik. Jadi, jadikan perpisahan kali ini sebagai pelajaran berharga, agar kamu tak salah langkah nantinya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
19
SHARES
Mengapa Puasa Ramadan Wajib bagi Umat Muslim? Inilah Alasannya!

Mengapa Puasa Ramadan Wajib bagi Umat Muslim? Inilah Alasannya!

Bali Boyfriend, Manfaat Bagi Jomblowati yang Sedang Liburan ke Bali

Bali Boyfriend, Manfaat Bagi Jomblowati yang Sedang Liburan ke Bali

Inilah Beberapa Potret Keseruan di Balik Layar Pembuatan Film Star Wars Jadul

Inilah Beberapa Potret Keseruan di Balik Layar Pembuatan Film Star Wars Jadul

Potret Toleransi Antaragama di Tanah Air Ini Bukti Indonesia Masih Saling Menghargai Perbedaan

Potret Toleransi Antaragama di Tanah Air Ini Bukti Indonesia Masih Saling Menghargai Perbedaan

Inilah Kisah Inspiratif Penyandang Disabilitas yang Berhasil Studi di Luar Negeri

Inilah Kisah Inspiratif Penyandang Disabilitas yang Berhasil Studi di Luar Negeri

7 Kegiatan di Bulan Ramadan ini Bikin Kangen Masa-masa Kecil Dulu

7 Kegiatan di Bulan Ramadan ini Bikin Kangen Masa-masa Kecil Dulu

loading