Penyanyi Rock Ini Keluar Dari Band dan Sukses Lagi di Band Berikutnya!

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Seberapa lama pun sebuah grup musik itu eksis, suatu saat selalu ada kemungkinan bagi siapapun personilnya untuk memilih hengkang dari tim. Entah itu karena bosen main musik, pengen nyobain hal lain, ada konflik internal dengan personil lainnya, atau bahkan karena doi pengen nyobain aliran musik yang baru, dan temen-temen se-band yang lainnya kurang tepat untuk membawakan aliran musik baru yang ditawarkan oleh personil tersebut. Dalam sejarah musik populer sendiri, kita mengenal berbagai tragedi keluarnya personil dari sebuah band yang besar namanya, seperti keluarnya Pete Townshend dari The Who, kepergian Syd Barret dan Roger Waters dari Pink Floyd, Blur yang ditinggalkan oleh Graham Coxon, Bondan Prakoso yang meninggalkan Funky Kopral, dan berbagai kasus lainnya yang seringkali bikin para penggemar musisi-musisi tersebut menjadi kecewa. Meskipun begitu, ada kalanya personil yang meninggalkan grup musik ternama seperti halnya nama-nama di atas itu membuat proyek musik lainnya dengan membentuk formasi band yang baru. Biasanya, penggemar berat dari grup musik mereka sebelumnya suka bikin prasangka kalau proyek setelahnya nggak bakal sesukses grup sebelumnya. Akan tetapi, para vokalis rock di bawah ini membuktikan kalau mereka ternyata masih bisa memukau penonton meskipun tidak lagi berada di grup yang membuat nama mereka terkenal!

1. Glenn Danzig: (1) Misfits, (2) Samhain dan Danzig

Sumber Gambar

Vokalis yang naik daun namanya karena menjadi penyanyi dalam grup musik horror-punk Misfits ini tampaknya mulai pengen nyobain aliran musik metal sehingga dirinya membentuk grup Samhain dan dia memilih untuk keluar dari grup musik lamanya yang sangat terkenal dengan merchandise-nya itu. Saat Samhain sedang mencoba mempertaruhkan nasibnya sebagai musisi terkenal, ternyata Rick Rubin, produser musik yang juga memproduseri Beastie Boys, justru mengajak Danzig untuk membuat grup dengan konsep metal yang berbeda sehingga akhirnya terbentuklah grup yang dinamai dengan nama Danzig sendiri. Berkat bantuan Rubin, nama grup Danzig mulai menanjak dan grup ini memiliki single yang cukup nge-hits di pasaran, yakni “Mother”.

2. David Coverdale: (1) Deep Purple, (2) Whitesnake

Sumber Gambar

Sebelum namanya tenar di Whitesnake, pria kelahiran tahun 1951 ini sempat menggantikan Ian Gilian yang keluar dari Deep Purple. Sebelumnya doi hanya memiliki grup musik lokal bernama The Government, dan saat Deep Purple membuka audisi untuk vokalis, Coverdale pun langsung berinisiatif untuk mengajukan diri dan akhirnya diterima dan sempat membantu Deep Purple dalam kesuksesan album Burn, Stormbringer, dan Come Taste The Band. Setelah dengan susah payah berusaha untuk keluar dari Deep Purple karena ketatnya urusan musik yang sudah bercampur dengan bisnis perusahaan rekaman, akhirnya doi membentuk Whitesnake dan berhasil melanjutkan kesuksesannya dalam bermusik. Lagu Whitesnake yang cukup meraih perhatian massa adalah “Here I Go Again”, dan “Is This Love”.

3. Paul McCartney: (1) The Beatles, (2) Paul McCartney and Wings

Sumber Gambar

Meskipun pentolan dari The Beatles yang bakal paling diinget sama penggemarnya tuh cenderung John Lennon, tidak diragukan pula bahwa McCartney adalah frontman yang membantu The Beatles dalam menulis dan mengkomposisi lagu-lagu yang seringkali didengarkan oleh orang-orang bahkan hingga kini. Makanya, Lennon dan McCartney sendiri menyepakati untuk berbagi vokal dalam lagu-lagu mereka. Setelah The Beatles bubar, McCartney membentuk grup musik baru bernama Wings (lebih dikenal dengan Paul McCartney and Wings) bersama dengan Linda McCartney dan gitaris blues Denny Laine. Ketika grup ini mulai membuka dirinya terhadap massa, banyak sekali kritikan pedas kepada grup ini karena musik-musiknya tidak sebagus The Beatles jika keduanya dibandingkan. Meskipun begitu, pada kenyataannya grup yang hanya bertahan selama delapan tahun ini tetap mendapat beberapa penghargaan dan masuk ke berbagai nominasi lho.

4. Jack White: (1) The White Stripes, (2) The Raconteurs

Sumber Gambar

Penyanyi sekaligus gitaris ini melonjak namanya ketika dia menggarap musik di The White Stripes bersama istrinya, Meg White. Meskipun begitu, grup yang terkenal dengan lagunya “Fell in Love With The Girl”, “Icky Thump”, dan “Seven Nation Army” ini terpaksa harus bubar di tahun 2000 ketika Jack dan Meg memutuskan untuk mengakhiri hubungan rumah tangga mereka. Setelah The White Stripes bubar, Jack White membentuk lagi grup yang para personilnya berasal dari skena musik Detroit, yaitu The Raconteurs yang langsung memiliki hits di single pertamanya yang berjudul “Steady As She Goes”.

5. Damon Albarn: (1) Blur, (2) Gorillaz

Sumber Gambar

Penyanyi yang dulunya sempat mendalami kuliah jurusan teater ini adalah salah satu penyanyi yang menjadi bagian penting dari Britpop Invasion pada era 90-an. Selama bersama Blur, Damon Albarn dkk berusaha bersaing dengan Oasis untuk menunjukkan siapa grup musik terbaik yang layak untuk menjadi semacam simbol Britpop di Inggris pada masa itu. Setelah Graham Coxon selaku gitaris mengundurkan diri karena sudah merasa tidak cocok dengan Blur, akhirnya Blur pun terpaksa bubar dan akhirnya Albarn memfokuskan diri kepada proyek musik sampingannya, yakni Gorillaz yang terkenal dengan lagu-lagu nge-hitsnya seperti: “Feel Good Inc.”, “Clint Eastwood”, “Dirty Harry”, dan “DARE”. Akan tetapi, Albarn akhirnya kembali melanjutkan Blur dengan merilis album Think Tank di tahun 2003 dan akhirnya Coxon pun kembali bergabung dengan Blur beberapa tahun setelahnya.

6. Scott Weiland: (1) Stone Temple Pilots, (2) Velvet Revolver

Sumber Gambar

Sebelum bergabung bersama Slash dalam Velvet Revolver, Scott Weiland terkenal dan menjadi salah satu unsur penting dalam grup Stone Temple Pilots. Sayangnya, masalah dirinya dengan narkoba akhirnya membuat dirinya terpaksa harus hengkang dari band bernuansa grunge dengan bumbu hard rock dan metal tersebut. Setelah bergabung dengan Velvet Revolver, Weiland membuktikan kebolehannya dan berhasil membantu grup tersebut untuk langsung meledakkan namanya di album perdananya, Contraband. Meskipun begitu, karena Weiland belum kapok juga dengan permasalahan narkobanya, dan akhirnya lagi-lagi dia harus hengkang dari band.

7. Bondan Prakoso: (1) Funky Kopral, (2) Bondan Prakoso & Fade 2 Black

Sumber Gambar

Bondan adalah salah satu personil orisinil dari grup Funky Kopral yang mengawali karirnya di musik melalui album perdananya yang berjudul Funchopat. Band ini memang diisi oleh orang-orang yang juga memiliki proyek musik sampingan di luar Funky Kopral dan di setiap album mereka selalu berganti-ganti personil. Akhirnya pada tahun 2006 Bondan memutuskan untuk keluar dan fokus kepada grup musik kolaborasinya dengan grup rap Fade 2 Black, begitu juga dengan Iman Taufik Rachman yang keluar dan fokus kepada grup terbarunya, J-Rocks.

Bisa dikatakan bahwa ketika personil yang dikenal sebagai frontman dari grup musik yang sudah memiliki nama besar itu membuat lagi proyek musik yang baru, nama besar grup sebelumnya bakal membantu proyek berikutnya untuk lebih dikenal oleh para pendengar musik. Terkadang beberapa di antara mereka ada yang harus siap menerima kritikan ketika penggemarnya tidak menerima mereka sebagaimana sebelumnya ketika mereka masih di band yang lama, seperti halnya dalam kasus yang terjadi pada Paul McCartney.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
2
SHARES
7 Pekerjaan “Gila” ini Bakal Bikin Kamu Lebih Bersyukur dengan Pekerjaan Kamu Sekarang

7 Pekerjaan “Gila” ini Bakal Bikin Kamu Lebih Bersyukur dengan Pekerjaan Kamu Sekarang

9 Foto Ini Membuktikan Penjajahan di Indonesia Masa Itu Sungguh Kejam!

9 Foto Ini Membuktikan Penjajahan di Indonesia Masa Itu Sungguh Kejam!

Apple Peringatkan Pengguna Produknya Untuk Hindari Charger Palsu!

Apple Peringatkan Pengguna Produknya Untuk Hindari Charger Palsu!

9 Tempat Wisata Bagaikan Surga Dunia Ini Pasti Bikin Kamu Jatuh Cinta!

9 Tempat Wisata Bagaikan Surga Dunia Ini Pasti Bikin Kamu Jatuh Cinta!

Foto-foto Penyelamatan Korban Kapal Titanic ini Bakal Bikin Kamu Anti Takabur

Foto-foto Penyelamatan Korban Kapal Titanic ini Bakal Bikin Kamu Anti Takabur

11 Quote Tentang Perasaan "Lelah" Ini Bakal Bikin Kamu Baper Abis!

11 Quote Tentang Perasaan "Lelah" Ini Bakal Bikin Kamu Baper Abis!

loading