Pantang Lakukan 7 Kebiasaan Ini Sehabis Makan! Ingat ya!

yatmm.com

Mengunyah adalah salah satu aktivitas penting dalam rutinitas sehari-hari. Untuk menjalani setiap aktivitas sehari-hari tubuh kita pastinya membutuhkan asupan gizi dan energi. Oleh karena itu penting banget untuk terus menjaga asupan makanan. Tapi ternyata selain asupan makanan, ada banyak kebiasaan atau aktivitas sehabis mengunyah yang wajib kamu hindari karena punya dampak buruk buat kesehatanmu. Apa aja kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan? Yuk, langsung aja scroll ke bawah:

1. Minum teh

waahtv.com

Hayo siapa sih yang nggak senang minum teh sehabis mengunyah makanan. Apa lagi kalau kamu habis  menikmati makanan di warung, restoran biasanya minuman yang paling umum dipesan ya teh manis atau teh tawar. Tapi tahu nggak kamu? Ternyata kebiasaan ini justru punya pengaruh buruk buat sistem pencernaan kamu. Kandungan asam yang tinggi banget dalam teh bisa ningkatin kandungan protein di makanan yang kamu kunyah sehingga tubuh kesulitan mencernanya. Selain itu teh juga sanggup menyerap kandungan zat besi dari makanan yang kamu kunyah hingga 80% sehingga zat besi yang tubuh kamu butuhkan bakal berkurang drastis.

2. Ngendorin ikat pinggang

buzznigeria.com

Buat kamu yang punya perut tambun, mungkin mengendurkan ikat pinggang setelah makan terasa sangat nyaman, Tapi kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan turunnya tekanan dalam rongga perut yang memaksa lambung terjuntai. Bila kebiasaan ini dilakukan terus menerus bisa membuat kamu menderita penyakit lambung turun dan usus terbelit.

3. Konsumsi buah

top10homoremedies.com

Buah, terutama di Indonesia udah dianggap sebagai pencuci mulut atau sajian makanan sehabis makan. Persepsi ini ternyata kurang tepat lho guys. Faktanya konsumsi buah sehabis mengunyah malah bisa bikin perut kamu kembung karena sifat buah yang memfermentasi makanan yang baru aja kamu kunyah. Lebih baik lagi kamu mengkonsumsi buah 1 jam setelah atau sehabis makan, agar nutrisi yang ada di dalamnya bisa diserap tubuh dengan baik.

4. Merokok

seeyourinterest.com

Buat para perokok, kebiasaan merokok sehabis mengunyah itu ibarat salah satu surga duniaa. Katanya sih setlah mengunyah tanpa ngerokok kayak sayur tanpa garam. Seperti kita ketahui merokok sendiri memiliki banyak dampak buruk buat kesehatan. Tapi efek buruknya bakalan lebih bahaya lagi kalau kamu merokok sehabis mengunyah.

5. Langsung mandi

top10homoremedies.com

Ssipa yang sering mandi sehabis aktivitas mengunyah? Kebiasaan ini juga nggak sehat karena saat kamu mandi, aliran darah akan meningkat ke seluruh tubuh, terutama ke bagian tangan dan kaki yang pada akhirnya menurunkan jumlah aliran darah di bagian perut. Minimnya aliran darah di perut ini bakalan bikin kinerja sistem pencernaan dalam perut lemah, sehingga proses pencernaan makanan terhambat.

6. Jalan kaki

huffingtonpost.com

Banyak juga yang salah kaprah tentng hal ini. Katanya kalau kamu jalan sehabis makan bakalan bikin proses pencernaan makanan jadi lebih cepat. Faktanya, jalan sehabis mengunyah malah bikin sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi makanan terhambat, sehingga gizi yang diperoleh tubuh pun nggak maksimal.

7. Langsung tidur

wisgoon.com

Abis mengunyah paling enak emang tidur sih guys. Godaan terbesar dikala perut udah kenyang apa lagi kalau bukan rasa kantuk. Tapi kebiasaan ini juga nggak sehat, karena tidur sehabis mengunyah bisa ganggu proses pencernaan dan bikin perut jadi kembung karena makanan nggak sempurna dicerna.

Dari 7 kebiasaan berbahaya sehabis mengunyah di atas, mana kebiasaan yang paling sering kamu lakuin? Sebaiknya mulai sekarang kamu hindari ya kebiasaan-kebiasaan tadi supaya kita semua bisa hidup lebih sehat dan bahagia.

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
2
SHARES
loading