Orangtua Ragu Melepaskanmu Kuliah di Luar Kota? Begini Cara Meyakinkan Mereka

ft.ugm.ac.id
Line YuKepo.com

Masa-masa lulus SMA adalah momen membahagiakan sekaligus bikin cemas. Bahagia, karena akhirnya satu tahap lagi selesai dan kamu akan segera memasuki kehidupan orang dewasa yang sesungguhnya. Cemas, karena kamu punya banyak pilihan, salah satunya dalam menentukan mau kuliah di mana, tapi belum tentu keputusanmu akan didukung oleh orang tua. Apalagi kalau kamu ingin melanjutkan kuliah di luar kota. Pasti harus ada negosiasi dulu nih. Gimana caranya supaya orangtua bisa yakin pada keputusanmu?

1. Pahami pola pikir dan kebiasaan di rumah, gimana biasanya kamu dan orangtua menyelesaikan suatu persoalan

www.pictaram.org

Orangtua pasti senang melihat anaknya sudah besar dan semakin dewasa. Tapi di sisi lain mereka juga akan kehilangan kamu yang sudah nggak bisa diledekin lagi, nggak bisa dipeluk cium kaya dulu lagi, dan seterusnya. Apalagi dengan keputusanmu untuk kuliah di luar kota. Kamu bisa melihat dulu gimana biasanya kalian menyelesaikan masalah di rumah. Apakah dengan duduk bareng-bareng sambil ngeteh lalu ngobrol santai, atau harus ala-ala 'sidang' di mana kamu harus presentasi dan siap dengan pembelaan. Kalau sudah paham, baru kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2. Beri tahu mereka apa alasanmu ingin kuliah di luar kota.

www.students.id

Dan jangan bilang, 'kepingin aja'. Karena kalimat tersebut menunjukkan kamu belum dewasa. Kasih alasan yang valid, misalnya: kampus yang kamu incar akreditasinya A, berada di kota yang ramah pelajar, lebih bagus dari kampus yang ada di kotamu. Atau jurusan yang kamu incar adanya memang di kampus luar kota. Pertimbangan orang tua pasti bukan hanya 'kuliah di kampus yang mentereng', mereka juga akan memikirkan apakah kamu bisa hidup sendiri di sana, gimana nanti kamu makan, nyuci, dll. Lagi, kamu harus mencoba melihat dari mata orang tua.

3. Jelaskan prospek kerja setelah kuliah

www.viva.co.id

Cara yang paling mudah adalah dengan merujuk ke seorang alumni yang sukses di bidangnya dari jurusan dan kampus yang kamu incar. Contoh: "Mama Papa tahu Najwa Shihab kan? Dia alumni Fakultas Hukum UI lho. Selain itu ada juga (sebutkan nama alumni sukses lainnya). Nanti aku bisa jadi seperti mereka. Aku yakin. Tapi langkah pertamanya tentu harus kuliah di sana."

Jelaskan juga prospek kerja setelah lulus kuliah. Kamu bisa mulai dengan mencari situs lowongan kerja yang membutuhkan lulusan jurusan impianmu. Misal kamu kepingin masuk Teknik Pertambangan, kamu bisa bilang "Nanti lulus dari sana aku bisa kerja di perusahaan Y. Kerjanya memang keras, tapi worth it kok, Ma, Pa." Proyeksi masa depan yang jelas pasti bakal bikin orang tua berpikir ulang, mau mengizinkan atau enggak.

4. Janji pulang minimal sebulan sekali (untuk yang satu pulau) dan enam bulan sekali (untuk yang luar pulau)
busengineer.blogspot.co.id

Salah satu ketakutan terbesar orang tua adalah nggak bertemu anaknya dalam jangka waktu yang lama. Mereka bisa kangen dan kesepian tanpa kehadiranmu di rumah. Apalagi kalau kamu anak tunggal atau anak bungsu yang kakak-kakaknya sudah menikah dan membina rumah tangga di tempat lain juga. Makanya kamu harus janji untuk pulang sesering mungkin kalau bisa, dan harus menepati janji ini kelak.

5. Yakinkan bahwa kamu bisa bertanggung jawab kepada diri sendiri dan orang tua
news.okezone.com

Yakin seyakin-yakinnya, pasti orang tuamu sudah mendengar bahwa di kota X, ada mahasiswa yang hamil di luar nikah, dibegal, kerjaannya mabuk-mabukan dan habisin duit doang dan seterusnya, dan seterusnya. Makanya mereka parno banget mau melepasmu ke luar kota yang dilihatnya sebagai 'hutan rimba'. Yakinkan mereka bahwa kamu nggak akan melakukan hal-hal itu di sana. Jangan memakai kalimat, 'aku udah dewasa, aku nggak akan melakukan hal-hal seperti itu.' Karena cuma orang yang belum dewasa yang mengaku dewasa. Ganti dengan kalimat, 'Aku kan ke sana mau kuliah, cari ilmu, cari pengalaman. Ya Mama Papa lihat aja nanti kalau aku udah diterima. Konsekuensi perbuatanku di sana, aku siap nanggung sendiri.'

Sungguh, mereka akan berpikir, 'sejak kapan anakku dewasa seperti ini? rasanya baru kemarin ia lahir ke dunia.' dan yakin bisa percaya untuk mengizinkanmu kuliah di luar kota.

www.harianguru.com

Semangat dan semoga berhasil meyakinkan orangtuamu! Tapi tetap diingat ya, nanti kalau udah beneran diterima di jurusan dan kampus impian, janji-janji itu harus dipenuhi. Kuliah yang bener, kasihan kan orangtua udah banting tulang setiap hari buat menguliahkan kamu. Orangtua nggak butuh banyak kok dari kamu. Cukup telpon, SMS, chat atau apalah setiap hari. Dan sempatkan untuk pulang. Karena kepulanganmu begitu berharga.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
33
SHARES
Jangan Malu Diejekin 'Jomblo Abadi' Karena Ternyata Menjomblo Itu Baik Untuk Kesehatan

Jangan Malu Diejekin 'Jomblo Abadi' Karena Ternyata Menjomblo Itu Baik Untuk Kesehatan

Inspiratif! Lelaki Asal Banyuwangi Jadi Fotografer Handal Meski Tanpa Tangan dan Kaki

Inspiratif! Lelaki Asal Banyuwangi Jadi Fotografer Handal Meski Tanpa Tangan dan Kaki

Sedang Jatuh Cinta? Kumpulan Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan Perasaanmu Banget: Syahdu

Sedang Jatuh Cinta? Kumpulan Ilustrasi Ini Pasti Menggambarkan Perasaanmu Banget: Syahdu

Pas Lagi Stres, Hal-hal Ini Bikin Kamu Bahagia Seketika. Jadi Semangat Lagi!

Pas Lagi Stres, Hal-hal Ini Bikin Kamu Bahagia Seketika. Jadi Semangat Lagi!

Ngeri! Ini Ilustrasi Kalau Manusia dan Hewan Bertukar Posisi. Makanya Jangan Siksa Binatang!

Ngeri! Ini Ilustrasi Kalau Manusia dan Hewan Bertukar Posisi. Makanya Jangan Siksa Binatang!

Buat Fresh Graduate, Kuasai Skill Ini Sebelum Masuk Dunia Kerja. Penting!

Buat Fresh Graduate, Kuasai Skill Ini Sebelum Masuk Dunia Kerja. Penting!

loading