Mumpung Masih Kuliah, 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan Sebelum Menyesal Nantinya

www.anuvibha.org
Line Yukepo.com

Masa kuliah bisa jadi merupakan masa-masa yang paling mengesankan. Saat kuliah, kesempatan untuk mempelajari hal baru, mendapatkan pengalaman yang banyak, dan berkenalan dengan berbagai macam orang tentu menjadi masa-masa yang paling menantang sekaligus menyenangkan. Selain itu, menyandang gelar mahasiswa ternyata memiliki keuntungan tersendiri. Banyak kesempatan bagus yang hanya diperuntukkan bagi mahasiswa. Meskipun kamu harus lulus di waktu yang tepat, tapi mumpung masih kuliah dan berstatus mahasiswa, kamu harus segera lakukan ini sebelum lulus.

1. Ikut program pertukaran pelajar

www.goodschools.com.au

Namanya juga pertukaran pelajar, yang ikut ya harus berstatus pelajar atau mahasiswa. Kalau udah lulus, mungkin kamu akan sulit ikut program pertukaran pemuda ke luar negeri karena terbentur kesibukan kerja atau hanya karena kamu udah nggak mahasiswa lagi. Bagi kamu yang senang jalan-jalan ke luar negeri dan bertemu orang-orang baru yang berbeda kenegaraan, kamu harus banget ikut program pertukaran pelajar.

Program pertukaran pelajar sekarang ini terbuka untuk berbagai kalangan mahasiswa. Apalagi bagi kamu mahasiswa tingkat akhir, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan ikut pertukaran pelajar. Nggak hanya bisa jalan-jalan asik, kamu juga akan terlihat membanggakan! Pilihlah program pertukaran pelajar ke negara yang ingin kamu kunjungi atau yang programnya sesuai dengan bidang studi kamu. Dijamin, kamu pasti nggak akan menyesal.

2. Ambil beasiswa

www.young-germany.de

Sebenarnya beasiswa diperuntukkan bagi siapa aja, baik yang masih kuliah atau yang udah lulus untuk melanjutkan studi. Tapi selama kamu masih mahasiswa, beasiswa pendidikan itu banyak banget lho! Mendapatkan beasiswa juga bisa menghemat pengeluaran dan biasanya mendapatkan rekomendasi untuk bekerja setelah kamu lulus nanti. Memang banyak banget keuntungannya menerima beasiswa, makanya banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkannya.

Kalau kamu mahasiswa akhir, kamu bisa cari-cari beasiswa yang bisa menunjang skripsi kamu. Sekarang udah banyak kok lembaga yang menawarkan beasiswa skripsi atau tugas akhir, dimana kamu bisa mengangkat isu-isu yang ditawarkan lembaga tersebut untuk diteliti. Kamu pun nggak perlu khawatir dengan biaya penelitian dan pastinya akan jadi nilai plus ketika kamu melamar pekerjaan nantinya.

3. Ikut kegiatan kesukarelawanan

blog.imathlete.com

Kamu merasa ikut pertukaran pelajar dan jadi penerima beasiswa susah banget? Jangan berkecil hati, kamu masih bisa keren kok selama jadi mahasiswa dengan ikut kesukarelawanan atau volunteer. Kegiatan seperti ikut bergabung ke suatu komunitas atau ikut membantu di acara-acara sosial. Nggak hanya menambah teman, yang pasti kamu juga bisa mengasah soft skill seperti kemampuan komunikasi, kerja sama, dan pengalaman organisasi. Ini bagus banget untuk bekal ketika kamu masuk ke dunia kerja.

Sekarang ini kegiatan volunteering ada banyak banget macamnya. Kamu tinggal pilih bidang mana yang kamu suka. Lebih bagus lagi kalau disesuaikan sama bidang studi atau jurusanmu. Misalnya kamu anak akuntansi tapi senang sama isu lingkungan, kamu bisa coba gabung di komunitas pecinta lingkungan dengan posisi bendahara. Kapan lagi masih jadi mahasiswa tapi udah berkontribusi untuk masyarakat kalau bukan melalui volunteering?

4. Magang

www.bop.gov

Bagi kamu yang ingin belajar menyelami dunia profesional, kamu bisa ikut program magang sesuai dengan bidang studi kamu. Kenapa magang penting dilakukan ketika kamu masih berstatus mahasiswa? Karena dengan magang, kamu akan menambah pengalaman kerja dan menambah link dengan rekan-rekan yang kemungkinan besar membukakan kesempatanmu untuk lebih mudah mendapatkan kerja. Magang juga menjadi salah satu cara pengaplikasian ilmu yang udah kamu dapatkan di kuliah.

Dengan mengikuti program magang, kamu jadi tahu bidang pekerjaan mana yang cocok atau nggak cocok sama kamu. Misalnya kamu anak komunikasi, tapi ternyata setelah magang kamu nggak ingin bekerja di bidang komunikasi. Jangan cepat menyerah, justru dengan magang kamu jadi tahu bahwa ada bidang pekerjaan yang nggak kamu suka walaupun kamu udah menguasai ilmu. Itu semua bisa kamu ketahui setelah magang, jadi yuk magang!

5. Ikut lomba mahasiswa

www.mccormick.northwestern.edu

Tahukah kamu kalau lomba-lomba yang diadakan untuk mahasiswa itu biasanya hadiahnya keren-keren. Mulai dari uang tunai, piagam penghargaan, sampai beasiswa. Menggiurkan banget ya. Tapi terkadang yang jadi kendala adalah ketika kamu belum apa-apa udah pesimis atau bahkan nggak tahu mau ikut lomba apa. Mumpung masih mahasiswa, kamu masih bisa eksplorasi minat dan bakat kamu. Bahkan sekedar lomba selfie pun, nggak ada salahnya kamu ikutan.

Kamu nggak perlu khawatir apakah menang atau kalah. Menang dan kalah itu wajar banget, namanya juga kompetisi. Tapi lomba di kalangan mahasiswa mengajarkan kamu arti fair-play, menambah pengalaman sebagai peserta, dan pastinya melatih kemampuan kamu. Kamu nggak akan tahu kualitas bermusikmu kalau nggak berlomba dengan yang lain. Nggak apa-apa kalau kalah karena nanti ketika kamu melamar kerja, pengalaman dan proses kamu dalam lomba itu yang akan dinilai. Menang itu bonus aja kok. Tapi tetap harus do your best ya!

Meski masih mahasiswa, kamu jangan hanya jadi "kupu-kupu" (kuliah pulang-kuliah pulang) atau "kunang-kunang" (kuliang nangkring-kuliah nangkring) karena sebaiknya masa kuliah itu diisi dengan kegiatan yang bisa bermanfaat di dunia kerja nantinya. Kelima poin di atas juga bisa banget kamu tulis di CV, dan tentunya akan menambah nilai plus dalam diri kamu. Pokoknya, mumpung masih kuliah dan masih jadi mahasiswa kamu harus tetap eksis secara positif ya, guys!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
24
SHARES
Penasaran dengan Makanan yang Ada di Korea Utara? Inilah Penampakannya

Penasaran dengan Makanan yang Ada di Korea Utara? Inilah Penampakannya

Mirisnya Nasib Para Mantan Presiden Dunia yang Berakhir Dalam Penjara

Mirisnya Nasib Para Mantan Presiden Dunia yang Berakhir Dalam Penjara

Beginilah yang Terjadi pada Siswa Menjelang UNBK di Indonesia

Beginilah yang Terjadi pada Siswa Menjelang UNBK di Indonesia

13 Kesalahan Bahasa Inggris di Tempat Umum ini Bikin Ngakak yang Baca

13 Kesalahan Bahasa Inggris di Tempat Umum ini Bikin Ngakak yang Baca

Bukan Hanya Belajar Menghafal, Inilah 7 Cara Agar Lebih Cepat Menguasai Bahasa Asing

Bukan Hanya Belajar Menghafal, Inilah 7 Cara Agar Lebih Cepat Menguasai Bahasa Asing

Go International, 7 Makanan Indonesia Ini Populer di Luar Negeri

Go International, 7 Makanan Indonesia Ini Populer di Luar Negeri

loading