Mirisnya Nasib Para Mantan Presiden Dunia yang Berakhir Dalam Penjara

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Sebagai orang nomor satu di negaranya, seorang presiden punya kuasa untuk mengantur dan memerintah. Namun rupanya, kekuasaan itu pun masih dibatasi oleh hukum yang berlaku di negara masing-masing. Jadi presiden bukan berarti bebas memerintah sesukanya, karena menjadi presiden tidak berarti kebal hukum.

Jika presiden melakukan tindakan menyimpang pun, hukum tidak akan segan-segan menyeret presiden ke penjara, meskipun presiden adalah orang nomor satu sekalipun. Lalu bagaimana jadinya jika orang nomor satu malah berakhir di jeruji besi? Yukepo merangkum 5 mantan presiden yang sudah merasakan bagaimana mewahnya hidup di istana negara lalu terjerumus ke dalam penjara. Check this out, guys!

1. Guatemala - Otto Perez Molina

Sumber Gambar

Presiden Guatemala yang tersangkut kasus korupsi ini mengundurkan dirinya pada 3 September 2015 dan langsung disambut sorak sorai para warga Guatemala. Meskipun Otto membantah dirinya terlibat, namun pemeriksaan atas dirinya tetap berjalan. Ia dijebloskan dalam dipenjara setelah ia mengundurkan diri dari jabatannya dan hakim langsung memerintahkan penahanan dirinya.

2. Israel - Moshe Katsav

Sumber Gambar

Kasus mantan presiden yang menjabat selama 7 tahun sejak 2000-20007 ini sangat memalukan. Katsav dilaporkan atas kasus pemerkosaan terhadap dua orang perempuan yang ia lakukan saat masih menajdi menteri pariwisata pada tahun 1990-an, serta kasus pelecehan terhadap dua orang karyawati saat menjabat sebagai presiden. Namun setelah menjalani 7 tahun masa tahanan, pada akhirnya ia dibebaskan secara bersyarat, termasuk menjadi tahanan rumah sejak pukul 22.00 – 06.00.

3. Filipina - Gloria Macapagal Arroyo

Sumber Gambar

Presiden perempuan satu ini menjabat dari tahun 2001- 2010. Sayangnya, dalam masa kepemimpinannya ia dituduh terlibat kasus korupsi dan memasukkan kepentingan pribadi dalam sejumlah kebijakannya. Awalnya ia ditahan karena dugaan penipuan dalam pemilu, lalu berlanjut terlibat dalam kasus korupsi pencucian uang negara. Namun akhirnya pada bulan Juli 2016 lalu Mahkamah Agung Filipina menghentikan kasus korupsi Mantan Presiden Gloria Macapagal Arroyo seraya memerintahkan pembebasannya, setelah ia ditahan di rumah sakit selama lima tahun akibat cedera tulang belakang.

4. Mesir - Hosni Mubarak

Sumber Gambar

Mantan presiden Mesir yang sudah berusia 88 tahun ini telah berkuasa selama 30 tahun hingga pada akhirnya lengser. Dua bulan setelah ia mundur, Mubarak akhirnya ditangkap pada April 2011 dan selanjutnya diadili dengan dakwaan mulai dari penggelapan dana negara untuk mempertahankan istana presiden sampai terlibat dalam pembunuhan pengunjuk rasa. Mubarak mulanya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 2012 karena memerintahkan pembunuhan terhadap 239 demonstran yang menggelar aksi selama 18 hari. Kemudian jaksa penuntut umum mengajukan banding untuk pembebasan Mubarak pada 2 Maret 2017 lalu. Totalnya mantan presiden berwajah garang ini menghabiskan hampir enam tahun di dalam penjara.

5. Korea Selatan - Park Geun Hye

Sumber Gambar

Baru saja terjadi beberapa hari lalu, dimana kedamaian di negeri Gingseng tersebut pecah akibat unjuk rasa para demonstran untuk menggulingkan presiden perempuan mereka, Park Geun Hye. Mantan Presiden yang digulingkan ini ditangkap atas dugaan kasus korupsi dan membantu Choi Soon-sil untuk memeras beberapa perusahaan, termasuk Samsung yang kemudian memberi timbal balik berupa bantuan politik. Namun Park, yang telah ditangkap pada 31 Maret 2017 ini, menyangkal berbagai tuduhan atas dirinya.

Nah lho, rupanya jadi orang nomor satu pun nggak membuat presiden menjadi kebal hukum. Buktinya kelima presiden di berbagai belahan dunia ini merasakan derita dibalik jeruji. Sayangnya hukum di Indonesia cenderung tajam ke bawah tumpul ke atas, sehingga para pemimpin kita masih banyak yang korup dan lolos dari jerat penjara. Seandainya mantan presiden di Indonesia dipenjara, apa reaksimu?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
23
SHARES
Beginilah yang Terjadi pada Siswa Menjelang UNBK di Indonesia

Beginilah yang Terjadi pada Siswa Menjelang UNBK di Indonesia

13 Kesalahan Bahasa Inggris di Tempat Umum ini Bikin Ngakak yang Baca

13 Kesalahan Bahasa Inggris di Tempat Umum ini Bikin Ngakak yang Baca

Bukan Hanya Belajar Menghafal, Inilah 7 Cara Agar Lebih Cepat Menguasai Bahasa Asing

Bukan Hanya Belajar Menghafal, Inilah 7 Cara Agar Lebih Cepat Menguasai Bahasa Asing

Go International, 7 Makanan Indonesia Ini Populer di Luar Negeri

Go International, 7 Makanan Indonesia Ini Populer di Luar Negeri

Kumpulan Foto Kocak Hewan Tersangkut Ini Naikin Mood Banget

Kumpulan Foto Kocak Hewan Tersangkut Ini Naikin Mood Banget

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ordos, Sebuah Kota yang Terlupakan di Tiongkok

Mengenal Lebih Jauh Tentang Ordos, Sebuah Kota yang Terlupakan di Tiongkok

loading