Menurut Ilmu Psikologi, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Hidup Bahagia!

mindbodycoach.org
Line Yukepo.com

Pertanyaan-pertanyaan seputar tujuan manusia untuk hidup di dunia ini, memang menjadi pertanyaan yang tidak pernah memberikan jawaban yang mutlak dapat dipercayai oleh semua orang. Apalagi hidup itu sendiri senantiasa berdampingan dengan kematian yang pasti datangnya. Konsekuensinya, setiap orang di muka bumi ini tentunya selalu berusaha untuk mengisi hidupnya yang sementara, dengan kebahagiaan. Meskipun mungkin pada kenyataannya kebahagiaan adalah sesuatu yang sulit untuk diraih bagi beberapa orang.

Untuk mencapai kebahagiaan ini, beberapa orang ada yang memilih untuk mengikuti aturan kebahagiaan menurut jalan agama. Ada juga orang yang berpendapat bahwa kebahagiaan dapat diraih dengan uang dan kekuasaan. Ada juga orang yang menganggap bahwa kebahagiaan itu diraih ketika seseorang tidak menuntut dirinya untuk membuat pencapaian dalam hidup, dan bahkan ada juga orang yang mengamini kebahagiaan sesuai dengan keinginan yang tidak berdasarkan pada apapun, yakni hanya mengikuti apa yang disebut dengan “panggilan hati” semata.

Dengan mengacu kepada proses historis yang membentuk sebuah pribadi, setiap orang tentunya memiliki kebiasaan yang bervariasi, yang mengacu juga kepada keinginan-keinginan yang ingin diraih oleh orang tersebut. Jika seseorang menganggap bahwa kebahagiaan dapat dicapai dengan ketaatan beribadah, orang tersebut tentunya akan membiasakan diri untuk beribadah. Jika seseorang menganggap bahwa kebahagiaan dapat diraih dengan uang, orang tersebut akan membiasakan diri untuk berhemat dan selalu berusaha untuk mencari uang sebanyak-banyaknya.

Meskipun tolak ukur kebahagiaan dapat ditentukan oleh masing-masing individu sesuai kehendaknya, ada kalanya kebahagiaan ini justru tidak tercapai setelah seseorang meraih apa yang dia anggap sebagai bentuk kebahagiaan. Dengan begini, kebahagiaan tentunya akan selalu menjadi hal yang misterius, dan nampaknya pencarian kebahagiaan memang tidak akan berhenti sampai manusia mati karena pada dasarnya manusia adalah proyek yang tidak akan pernah selesai.

Dalam usaha yang selalu, orang-orang bisa juga menyelami ilmu pengetahuan untuk mencari landasan kebahagiaan. Salah satu cabang ilmu yang terkait dengan perihal kesadaran manusia akan kebahagiaannya adalah psikologi. Banyak sekali orang yang merasa tidak bahagia dalam hidupnya, memilih untuk berkonsultasi dengan para ahli psikologi yang dinilai lebih mumpuni dalam memberikan penilaian terhadap kepribadian seseorang.

Di bawah ini, temen-temen bisa baca beberapa poin yang terkait dengan kebiasaan-kebiasaan yang menurut para ahli psikologi, dapat membantu kita untuk mencapai kebahagiaan, terlepas dari perbedaan tolak ukur terhadap kebahagiaan itu sendiri. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Tulislah tiga hal yang patut kamu syukuri setiap harinya

digest.bps.org.uk

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas California, orang yang sering merefleksikan dirinya dalam bentuk catatan harian adalah orang yang berpotensi untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup. Dalam penelitian tersebut, dibagi tiga kelompok yang diberi instruksi untuk selalu mencatat hal-hal khusus yang terjadi setiap harinya.

Di kelompok ketiga, yang diberi instruksi untuk menuliskan rasa syukur mereka terhadap kejadian-kejadian yang terjadi setiap harinya, orang-orang yang tergabung di dalamnya cenderung dinilai lebih optimis dan tidak banyak mengeluh.

 

2. Mendaki gunung dan menikmati keindahan alam

www.goalcast.com

Rasa kagum adalah salah satu bentuk emosi yang bisa meningkatkan rasa kebahagiaan dalam hidup kamu. Untuk mendapat rasa kagum ini, kamu bisa menyempatkan diri untuk mengagumi keindahan alam sekitar kamu. Buat temen-temen yang nggak begitu suka kegiatan di luar ruangan, mungkin kamu juga bisa memperhalus perasaan kamu dengan menikmati karya-karya seni yang bisa membuat kamu terkagum-kagum.

3. Minum kopi atau teh

twitter.com

Ternyata, minum kopi atau teh di setiap pagi, dapat meningkatkan kepekaan dan melancarkan kerja saraf di tubuh kamu. Dengan begini, rasa depresi yang menghantui akan lebih mudah untuk diatasi. Meskipun gitu, jangan terlalu banyak juga ya pengonsumsiannya. Nanti bisa menimbulkan penyakit lain-lain lagi.

4. Meditasi

id.pinterest.com

Meditasi adalah kegiatan yang dapat melatih konsentrasi manusia untuk memfokuskan dirinya terhadap waktu yang dijalaninya secara konkret. Dengan kata lain, masa lalu dan masa depan yang abstrak itu dapat menghadirkan kegelisahan-kegelisahan yang membuat seseorang merasa depresi. Dengan meditasi, orang dapat menampik kegelisahan ini dan terus percaya diri untuk menghadapi waktu yang dijalaninya di masa sekarang.

5. Membaca buku

www.livcolibrary.org

Seperti halnya kegiatan mengagumi keindahan alam, membaca buku yang penuh dengan inspirasi pun dapat membantu meningkatkan kebahagiaan pada orang yang membacanya lho. Dengan inspirasi yang bisa membuat kita kagum, perasaan pada diri pun akan menjadi semakin halus sehingga nantinya kita bisa menghadapi hidup dengan lebih percaya diri.

6. Membuat pencapaian tertentu setiap harinya

www.decadethirty.com

Salah satu hal yang dapat membuat manusia bahagia adalah dengan cara membuat manusia itu fokus terhadap tujuan yang hendak dicapainya. Untuk melatih kebiasaan ini, kamu bisa membuat semacam “life goals” yang perlu kamu penuhi dalam jangka waktu setiap hari.

 

7. Menyumbang uang untuk orang yang membutuhkan

www.chris-cancercommunity.com

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2008, didapatkan fakta bahwa orang yang merasa depresi, dapat dengan mudahnya menghamburkan uang untuk keperluan yang terkadang tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini ternyata justru dapat membuat seseorang itu makin depresi, dan justru akan semakin khawatir dengan keuangannya sehingga bisa membuat dia menjadi tergila-gila terhadap uang.

Dengan belajar mengikhlaskan uang terhadap orang lain, orang itu akan belajar bagaimana caranya melepaskan diri dari ego yang mengkungkung kita dari kebahagiaan. Semakin kita pelit, kekhawatiran akan hilangnya uang itu justru akan membuat pikiran menjadi tidak terbuka dan membuat seseorang jadi cenderung tidak bahagia.

Membuat kebiasaan yang positif, mungkin memang sama sulitnya dengan menghilangkan kebiasaan buruk yang sudah terlanjur mendarah daging. Akan tetapi, kalau itu untuk kehidupan yang lebih baik, nggak ada salahnya untuk dicoba kan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
93
SHARES
5 Video Iklan Ini Bisa Bikin Kamu Menitikan Air Mata Saking Terharunya

5 Video Iklan Ini Bisa Bikin Kamu Menitikan Air Mata Saking Terharunya

Nyari Pasangan Melalui Online Dating? Ikuti 9 Tips Ini Agar Kencan Online-mu Berhasil

Nyari Pasangan Melalui Online Dating? Ikuti 9 Tips Ini Agar Kencan Online-mu Berhasil

Kamu Pecinta Kuliner dan Doyan Makan? 10 Pekerjaan Ini Pas Banget Untuk Kamu!

Kamu Pecinta Kuliner dan Doyan Makan? 10 Pekerjaan Ini Pas Banget Untuk Kamu!

10 Nama Akun Facebook Orang Indonesia yang Unik dan Bikin Ngakak

10 Nama Akun Facebook Orang Indonesia yang Unik dan Bikin Ngakak

5 Negara di Asia Ini Menerapkan Kebijakan Cuti Haid Bagi Pekerja Wanita

5 Negara di Asia Ini Menerapkan Kebijakan Cuti Haid Bagi Pekerja Wanita

Lucu! Inilah Potret Ketika Hewan Tersenyum Bersama Saat di Foto!

Lucu! Inilah Potret Ketika Hewan Tersenyum Bersama Saat di Foto!

loading