Mau Sukses Kuliah? Cobain 5 Tips Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Membuatmu Fokus!

combiboilersleeds.com
Line Yukepo.com

Kamu sering kurang konsentrasi saat kuliah? Udah minum air putih agar tetap fokus tapi masih suka nge-blank juga? Mungkin kamu mengalami kesulitan dalam memfokuskan pikiran yang membuat kamu mudah terdistraksi dan gampang ngantuk. Ini wajar terjadi karena mungkin otak kamu udah penuh dan lelah. Tapi kalau masih pagi udah nggak fokus gimana tuh?

Pagi hari memang merupakan waktu yang paling bagus untuk menyerap informasi baru termasuk belajar. Kalau dari pagi udah gagal fokus, biasanya ini juga akan berpengaruh terhadap optimalisasi penyerapan informasi di siang hari, apalagi sore hari. Banyak hal yang membuat anak kuliahan loyo dan susah fokus karena begadang ngerjain tugas atau karena nggak makan yang teratur dan bergizi seimbang. Ternyata, ada hal yang bisa membantu kamu untuk sukses kuliah dan fokus sepanjang hari. Kuncinya ada di pagi hari, lho. Yuk, terapin 5 rutinitas yang bisa kamu lakukan di pagi hari:

 

1. Sarapan pagi (10-15 menit)

resepkoki.co

Kalau kuliah dengan perut keroncongan, udah pasti kamu lebih sulit untuk fokus dan malah terbayang-bayang bubur ayam di dekat kampusmu. Kenapa sarapan itu penting? Karena dengan sarapan, asupan gizi yang diperlukan untuk stay awake dan fokus itu ada di sarapan yang bernutrisi. Sarapan dianjurkan pada jam 6 sampai jam 9 pagi karena itu waktu paling baik bagi tubuh untuk mampu menyerap nutrisi dengan baik.

Sarapan apa tuh yang paling mantap? Bagi kebanyakan anak kuliahan yang ingin serba praktis, sarapan identik dengan jajan makanan di kantin atau pedagang kaki lima seperti bubur ayam, lontong, dan sebagainya. Padahal, di pagi hari kita dianjurkan untuk nggak hanya mengonsumsi karbohidrat aja tapi juga perlu protein dan vitamin dari buah, sayur dan susu. Kalau sarapan pagimu sehat, percaya deh kamu bakal bisa fokus sampai siang!

2. Olahraga singkat (7 menit)

blog.lolofit.com

Nggak punya waktu untuk olahraga rutin? Coba bangun lebih awal 7 menit, deh. Pasalnya olahraga yang ringan dan singkat apabila dilakukan secara rutin di pagi hari akan meningkatkan fokus, lho. Kok bisa? Karena olahraga selama 7 menit di pagi hari bisa memperlancar aliran darah yang mengalir menuju otak. Kalau aliran darah di otak terus aktif, maka kita akan semakin mudah dalam berkonsentrasi. Itulah mengapa olahraga yang singkat penting dan sebaiknya rutin dilakukan.

Selama 7 menit ngapain aja? Kamu bisa pemanasan/stretching selama 1 menit kemudian lakukan gerakan seperti pada gambar di 6 menit berikutnya. Sebaiknya ini dilakukan sebelum mandi. Kalau olahraga selama 7 menit ini rutin dilakukan, bukan hanya postur tubuh aja yang semakin bagus tapi kamu juga bisa lebih fokus dan nggak akan ngantuk!

3. Bermeditasi (10 menit)

pursuitofmindfulness.com

Siapa bilang anak kuliahan nggak akan sempat bermeditasi? Meditasi disini bukanlah yang memerlukan waktu berjam-jam atau harus ke tempat yang sunyi banget. Kamu bisa bermeditasi ketika mandi! Ya, mandi. Kamu bisa memejamkan mata di bawah guyuran shower atau gayung sambil meresapi hal-hal positif apa yang akan kamu lakukan hari ini. Air yang mengalir ke tubuhmu akan membuat rileks dan apabila dilakukan dengan rutin setiap pagi akan mencegah gejala kecemasan, stress dan depresi, lho!

Bermeditasi saat mandi hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit. Nggak lama kan? Bermeditasi saat pagi hari sering dilakukan oleh banyak orang-orang sukses seperti Oprah Winfrey. Selain mencegah stress, kamu pun bisa merasa bahagia, lebih produktif, dan membantu untuk berpikir lebih kreatif. Bye-bye gagal fokus!

4. Merapikan tempat tidur (3 menit)

www.huffingtonpost.com

Mungkin ini terdengar sepele, tapi justru inilah yang bisa membuat pagi hari kita berjalan lancar. Merapikan tempat tidur merupakan sesuatu yang wajib kita lakukan. Bisa dikatakan bahwa merapikan tempat tidur adalah aktivitas pertama kita di pagi hari. Kenapa ini penting? Karena telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa merapikan tempat tidur dapat merubah pola hidup. Kebiasaan yang terdengar sederhana ini ternyata secara nggak sadar bisa membuat kita lebih mudah mengatur aktivitas seharian, lebih fokus, dan membuat kita tenang.

Selain agar lebih fokus, ketika kamu pulang kuliah dan mendapati tempat tidur yang rapi akan membuatmu merasa lebih tentram karena kamu nggak menghabiskan energi lagi untuk merapikan tempat tidur. Ini akan membuat kamu tidur lebih nyenyak dan fokus lagi untuk keesokan harinya. Males banget kan kalau udah capek tapi tetap harus rapi-rapi lagi?

5. Minimalisir ngecek handphone (0 menit!)

www.stylist.co.uk

Kalau lagu anak-anak mengatakan “bangun tidur kuterus mandi…”, jaman sekarang mungkin bisa diubah menjadi “bangun tidur kuterus ngecek hape…” kali ya? Ngecek handphone udah menjadi rutinitas pagi hari sebagian besar orang jaman sekarang. Bahkan ketika masih di kasur, jempolnya udah bergerilya membuka berbagai sosial media. Tapi tahukah kamu kalau ngecek handphone yang dijadikan rutinitas pagi hari justru membuatmu sulit fokus di kelas?

Bagi kamu yang sering banget main gadget sebelum beranjak dari kasur, ini akan membuat kamu jadi sering mengulur-ulur waktu. Akhirnya semua aktivitas seperti sarapan, mandi, dan mempersiapkan diri ke kampus jadi tergesa-gesa. Inilah yang bikin kamu nggak fokus sampai terkadang ada yang ketinggalan. Lalu ketika di kelas, karena kamu udah capek duluan, kamu jadi nggak fokus. Kebiasaan ngecek handphone karena udah ketergantungan pun menjadikan kamu mudah terdistraksi dengan handphone. Akhinya kamu pun jadi sulit berkonsentrasi di kelas. Duh, nggak mau kan?

Banyak orang yang bilang kalau bangun pagi itu bisa jadi adalah bakat, alias nggak semua orang mampu bangun pagi. Padahal ini hanyalah tentang kebiasaan yang bisa banget diatur apabila kita rutin mengerjakannya. Rutinitas di pagi hari di atas mungkin terlihat sepele atau bahkan terlihat buang-buang waktu. Meski begitu, kalau diakumulasikan waktu untuk melakukan kelima aktivitas di atas hanya 35 menit! Dari 35 menit, kamu bisa fokus berjam-jam di kampus dan pastinya kamu akan lebih sukses ketika kuliah. Yuk, mulai sekarang rutin lakukan!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
33
SHARES
Tidak Ada Anak yang Terlahir Bodoh, Bercermin dari Albert Einstein

Tidak Ada Anak yang Terlahir Bodoh, Bercermin dari Albert Einstein

Saat Diputusin, Ini Alasan Buat Nggak Nyalahin Diri Sendiri

Saat Diputusin, Ini Alasan Buat Nggak Nyalahin Diri Sendiri

Kamu Penderita Maag Kronis? Hindari 7 Makanan Berbahaya ini!

Kamu Penderita Maag Kronis? Hindari 7 Makanan Berbahaya ini!

Inilah 10 Foto Perbandingan Masa Sekolah, Ketika Pertama Kali Masuk dan Setelah Lulus

Inilah 10 Foto Perbandingan Masa Sekolah, Ketika Pertama Kali Masuk dan Setelah Lulus

Inilah Cara-cara Unik Berbagai Negara Dalam Menghindari Kegemukan

Inilah Cara-cara Unik Berbagai Negara Dalam Menghindari Kegemukan

10 Foto Pelangi Terindah di Seluruh Dunia ini Bikin Kamu Kagum

10 Foto Pelangi Terindah di Seluruh Dunia ini Bikin Kamu Kagum

loading