Mau Punya Hidup yang Berkualitas? Ada 7 Cara Mengatur Waktu dengan Bijak!

1.bp.blogspot.com

Setiap kita pasti pengen sukses kan? Sukses disini artinya banyak pencapaian-pencapaian kita terwujud dan gak hanya sekedar kita mimpiin tiap kita bobo malam saja. Hehehe Coba deh cek diri kamu, selama ini sudah mengatur waktu dengan bijak belum? Atau jangan-jangan waktu terbuang begitu saja tanpa hasil. Nah lho! Sia-sia deh semua perjuangan hidup. Kalau seperti itu apa dong gunanya kita hidup, coba?! Apalagi kita yang masih muda sangat perlu mengatur waktu dengan bijak. Sukses di usia muda kan keren banget lho cuy, hehehe. Kali ini kita mau bagi-bagi cara praktis untuk sukses, salah satunya cara ngatur waktu dengan bijaksana. Simak yuk!

1. Tulis Semua Rencana Harianmu!

2.bp.blogspot.com

Kamu harus punya agenda pribadi untuk nulis semua kegiatanmu dari pagi ampe malam. Gak perlu detail kok, asal kamu sendiri tahu dalam sehari itu kamu lakuin apa. Pastikan juga kalau kegiatanmu itu punya tujuan yang jelas, guys! Mau baca buku, bikin proyek kerja, mau benerin genteng bocor juga perlu ditulis! Hahaha.

2. Gunakan Waktu Luangmu dengan Cerdas!

csdnews.com

Waktu luang itu berharga lho, kamu bisa pakai waktu luangmu untuk baca buku terbaru, belajar menggambar sketsa, atau bisa juga nyicil belajar bahasa asing. Kan siapa tahu pas pergi ke luar negeri gak malu-maluin gitu, ya gak? Hehe. Kegiatan ini bisa kamu lakuin saat kamu lagi ada di angkutan umum atau sedang nunggu temen. Lebih baik pakai waktumu dengan cerdas dan kurangi aktifitas bermain game di gadget-mu kalau kamu mau sukses.

3. Hindari Nonton Iklan!

static3.businessinsider.com

Iklan di TV pasti sering sekali mempengaruhi hidupmu, ya kan? TV memang seperti itu guys, iklannya banyak banget. Hahaha kalau gak gitu, gak laku dong tayangan TV-nya. Lebih baik sewa atau beli film favoritmu deh. Kamu bisa nonton dan pelajari hal-hal yang berkualitas di dalamnya. Kamu juga bisa belajar tentang kehidupan lebih mendalam lagi daripada kamu konsumsi iklan dan itu mempengaruhi gaya hidupmu lebih buruk. Gak mau, kan?

4. Tulis Rencana buat Esok Hari Sebelum Tidur!

breaktime.co.id

Sebelum bobo cantik, kamu perlu nulis juga rencanamu buat esok hari. Perencanaan ini akan berguna buat kamu agar esok hari kamu gak bingung mau ngapain. Hehehe kamu juga bisa sambil ngeliat e-mail yang masuk dan membalasnya. Sekalian deh, kamu bisa evaluasi kegiatanmu selama hari itu juga. Siapa tahu kan ada jadwal belajar yang kamu ganti dengan kabur belanja dan nongkrong ke mall bareng pacar. Hehehe, asyik!

5. Delegasikan Tugas dengan Bijak!

strategidanbisnis.com

Sukses itu gak harus kamu ahli di semua bidang, guys! Kamu harus bijak juga mendelegasikan tugasmu dengan anggota keluarga yang lain. Contohnya, kamu bisa bagi tugas bersih-bersih rumah ama adikmu, bagi-bagi tugas belajar kelompok dengan temanmu, dan pastikan kamu siap untuk berbagi makanan atau hadiah dengan rekan kerjamu. Yah, itung-itung sebagai rasa terima kasih lah! Jadi, jangan pelit-pelit ya. Hehehe

6. Jangan Terlalu Malas Mengerjakan Tugas 5 Menit-an

bibitbunga.com

Kamu tahu gak, ternyata dalam hidup ini ada lho tugas-tugas kecil yang bisa kita lakukan meski itu sederhana. Tugas yang butuh waktu 5 menit-an juga bisa membiasakan kamu terampil dalam hal-hal kecil. Contohnya, kamu bisa bantu emak menyiram tanaman di pot, merapikan meja belajarmu yang berserakan buku atau nge-lap motormu biar makin kinclong selalu!

7. Jangan Lupa Istirahat ya!

i0.wp.com

Udah seharian berakitifitas pasti lelah kan? Ya udah kalau gitu kamu bisa tidur. Istirahat itu gak bicara soal tidur aja sih, guys! Kamu bisa pakai waktu istirahatmu untuk rileks sejenak dari kepenatan. Kamu bisa tenangin diri dengan berdoa, dengerin lagu-lagu favoritmu. Asal jangan bengong lho ya! Ntar orang-orang pada bingung ngeliatin kamu. Hahaha.

Sukses sudah ada di depan mata jika kamu sudah bisa mengatur waktu dengan baik. Rencanamu punya tujuan yang jelas, kamu bisa mengekplorasi semua bakatmu dan kamu juga tetap bisa belajar kehidupan lebih mendalam. Keren kan? Praktekin deh, pasti hidupmu akan beda dan makin berkualitas.

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
100%
Love
0%
Aneh
4
SHARES
loading