Mau Jadi Seorang Entrepreneur Sukses? Ikuti 10 Tips Berikut Ini!

cdn.yukepo.com
Line YuKepo.com

Setiap orang pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menjual dirinya. Maksud dari frasa “menjual diri” di sini bukan yang negatif loh ya, tetapi kemampuan untuk mempromosikan dirinya agar mendapatkan feedback sesuai dengan yang diharapakannya. Contoh kecil saja misalnya ketika kamu ingin mendapatkan cewek yang kamu sukai, tentu kamu akan berusaha menjadi seseorang yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan gebetan kamu itu. Sikap kamu yang seperti itu juga termasuk ke dalam kategori kemampuan menjual diri, kemampuan untuk merepresentasikan diri kamu sebagai orang yang diidam-idamkan gebetan kamu dan ketika kamu berhasil, tentu hidup kamu akan bahagia. Akan tetapi, ketika kamu gagal, maka sesungguhnya kamu udah melangkah maju dari kamu yang lama ke kamu yang baru. Jadi, pada akhirnya gak ada tuh yang namanya kegagalan. Yang ada adalah pembelajaran serta pengalaman.

Dengan kemampuan “menjual diri” yang dimiliki oleh setiap manusia, maka setiap manusia pun pasti bisa menjadi seorang entrepreneur. Hanya saja ada yang berhasil dalam menjalani usahanya, tetapi ada pula yang kurang berhasil. Nah, artikel kali ini bakal ngebahas tentang 10 tips untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Yuk, kita sukses! 

1. Cintailah apa yang kamu lakukan

cdn.yukepo.com

Hal yang pertama agar semua usahamu itu berhasil adalah dengan mencintai apapun usaha yang kamu lakukan. Dengan begitu, apa yang tadinya berat akan terasa ringan deh, jadi kamu gak akan kebanyakan mengeluh.

2. Mulailah dengan langkah kecil

cdn.yukepo.com

Apapun jenis usaha yang akan kamu lakukan, mulailah dari langkah yang sangat kecil. Hal besar tidak akan mungkin bisa terjadi tanpa hal-hal yang kecil. Misalnya saja, mulailah dengan niat yang tulus dalam melakukan usaha kamu.

3. Belajar dari pengalaman orang lain

cdn.yukepo.com

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “guru yang paling baik adalah pengalaman”. Agar dalam usahamu yang pertama tidak mengalami kerugian yang sangat besar, cobalah untuk belajar dari pengalaman orang lain sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diingankan, kamu sudah tau tindakan apa yang harus dilakukan. Selain itu, hindarilah kesalahan yang telah dilakukan oleh para pendahulumu dan menjadikan hal tersebut sebagai sebuah keuntungan yang akan membawamu menuju jalan kesuksesan.

4. Belajarlah untuk mempromosikan diri kamu sendiri dengan baik

cdn.yukepo.com

Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan. Kenapa? Karena berhasil atau tidaknya usaha kamu itu dimulai dari diri kamu sendiri. Ketika kamu berhasil mempromosikan diri kamu dengan baik, maka akan mendapatkan feedback yang baik pula dari orang-orang di sekitar kamu. Kalo orang-orang di sekitar kamu udah menepatkan perhatiannya ke kamu, maka kamu juga bakalan gampang memasarkan hasil usaha yang kamu lakukan. 

5. Teruslah melakukan aksi

cdn.yukepo.com

Ada ungkapan bijak, “Teori tanpa praktik tidak akan menghasikan kebijaksanaan. Akan tetapi, praktik tanpa teori akan melahirkan suatu kebijaksanaan yang bernama pengalaman”. Jadi, gimana mau tau usaha kamu itu berhasil atau tidaknya kalau kamu duduk-duduk santai tanpa melakukan satupun tindakan.

6. Buatlah rencana dengan matang

cdn.yukepo.com

Tahap selanjutnya adalah dengan membuat rencana perjalanan usaha kamu sedetail mungkin. Dengan adanya itu, kamu bisa tau apakah usaha kamu itu berkembang atau tidak. 

7. Bangun reputasi kamu

cdn.yukepo.com

Hal ini sangat berkaitan dengan poin pada nomor 4 di atas. Ketika semuanya sudah kamu rencanakan dengan baik, mulailah dengan membangun reputasi yang baik di lingkungan sekitarmu. Kalo reputasi kamu udah terkenal baik, kamu gak akan kesulitan mencari orang-orang yang mau membeli produk kamu, malahan merekalah yang akan mencari kamu.  

8. Gak ada kata terlambat untuk memulai

cdn.yukepo.com

Ketika kamu mau mulai berbisnis, jangan pernah malu dengan usiamu yang sudah tua ataupun dengan celotehan dari orang-orang yang selalu mendengungkan kata “gagal” di kuping kamu. Jadi, mulailah dari sekarang dan jangan menunda-nunda kesuksesan kamu. 

9. Bangun tim kamu

cdn.yukepo.com

Setelah kamu sudah membangun citra baik untuk dirimu sendiri, coba deh mulai bangun sebuah tim yang akan mendukung usaha kamu. Dengan begitu, pekerjaan yang tadinya kamu lakukan sendiri akan terasa lebih ringan. 

10. Perhatikan segala tingkah laku kamu

cdn.yukepo.com

Ketika kamu sudah memiliki sebuah tim yang mendukung usaha kamu, kamu jangan pernah bersikap layaknya bos besar yang suka memerintah dengan semena-mena. Kenapa? Karena tingkah laku kamu akan menjadi penilaian tersendiri buat rekan-rekan di tim kamu dan kalo rekan-rekan di tim kamu itu gak suka sama segala sikap kamu, bisa-bisa usaha yang kamu rintis bakal hancur berantakan.

Kesepuluh tips di atas lebih ke arah memperkuat diri kamu sendiri.  Ketika kamu sudah melakukan kesepuluh tips di atas, ada satu langkah lagi agar bisnis yang kamu lakukan itu berhasil, yakni dengan cara membangun relasi. Ketika kamu sudah memiliki relasi dalam skala yang besar, tentu produk yang kamu jual akan banyak tersebar dan itu bakalan ngasih keuntungan yang besar buat kemajuan usaha kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil menjadi seorang entrepreneur sukses!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
20
SHARES
Ilustrator Ini Menggambarkan Seperti Apa Orang yang Memiliki Gangguan Mental Secara Unik

Ilustrator Ini Menggambarkan Seperti Apa Orang yang Memiliki Gangguan Mental Secara Unik

Inilah Kelakuan Konyol dan Lucu Siswa Jepang Saat Jam Pelajaran Kosong

Inilah Kelakuan Konyol dan Lucu Siswa Jepang Saat Jam Pelajaran Kosong

10 Pohon Indah di Dunia ini Bisa Membuat Hati Kamu Terasa Sejuk

10 Pohon Indah di Dunia ini Bisa Membuat Hati Kamu Terasa Sejuk

11 Foto ini Mengajarkan Agar Lebih Bersyukur dan Menggunakan Air dengan Bijak

11 Foto ini Mengajarkan Agar Lebih Bersyukur dan Menggunakan Air dengan Bijak

Karena Kurang Konsentrasi, Pekerjaan 10 Orang Ini Jadi Berantakan

Karena Kurang Konsentrasi, Pekerjaan 10 Orang Ini Jadi Berantakan

Ingin Punya Hubungan yang Bahagia? Stop Jadi Posesif dengan 10 Cara Ini

Ingin Punya Hubungan yang Bahagia? Stop Jadi Posesif dengan 10 Cara Ini

loading