Manfaat Lain dari 7 Produk Kecantikan yang Sudah Kadaluarsa

khoobsurati.com
Line Yukepo.com

Bagi kamu yang senang dengan rangkaian produk kecantikan, pasti udah nggak asing lagi dong dengan masa kadaluarsa produk? Yap, kadaluarsa bukan untuk makanan aja, tapi produk kecantikan juga memiliki masa pemakaian. Kalau kamu punya banyak produk kecantikan vaik makeup maupun skincare, terkadang ada produk yang kamu jarang pakai dan udah eburu kadaluarsa. Sisa produk yang masih banyak itu sayang banget kalau dibuang, apalagi kalau harganya mahal. Enaknya diapain ya?

Selain produk yang kadaluarsa, produk yang nggak cocok di kulit juga sayang banget untuk dibuang. Apalagi kalau produk itu baru kamu beli dan dipakai sekali aja. Galau banget kan, sebaiknya dibuang atau diapain ya? Tapi, kamu perlu pikir-pikir lagi kalau mau pakai produk kecantikan yang udah kadaluarsa atau nggak cocok. Efeknya bisa membuat kulitmu jadi mudah berjerawat, iritasi, infeksi, bahkan sampai infeksi mata. Maka dari itu, ketika membeli produk kecantikan yang baru, kita harus tahu masa kadaluarsa produk.

Produk kecantikan memiliki dua jenis masa kadaluarsa. Kadaluarsa pertama adalah seberapa produk dapat bertahan sebelum dibuka untuk pertama kali. Ini biasanya untuk menentukan masa kadaluarsa ketika dijual. Kedua, masa kadaluarsa setelah produk dibuka untuk yang pertama kali. Produk yang telah dibuka akan mengundang bakteri masuk dan berkembang biak, oleh karena itu harus ada batas masa produk bisa ditolerir. Ini biasa disebut dengan PAO (Period After Opening) dan bisa dilihat di kemasan produk. Nah, kalau PAO produk menunjukkan kalau produk udah kadaluarsa, jangan buru-buru membuangnya! Kamu bisa gunakan beberapa produk kecantikan berikut untuk banyak hal seperti di bawah ini.

1. Cleanser

www.cleanipedia.com

Pembersih wajah termasuk skincare yang biasanya dimasukkan ke dalam kemasan yang bervolume banyak. Kalau ada cleanser yang kadaluarsa sebelum habis atau nggak cocok sama kulit kamu, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan kuas-kuas make up kamu. Selain itu kamu juga bisa mengelap permukaan berbahan porselein seperti wastafel. Yang lebih mantap, ternyata cleanser juga bisa membantu membersihkan noda di baju, lho!

2. Pelembab/ moisturizer dan body lotion

thefashionsupernova.com

Seringkali pelembab atau biasa disebut dengan moisturizer nggak cocok dikulit atau keburu kadaluarsa padahal belum habis karena sekarang banyak produk make up yang udah mengandung moisturizer seperti bedak atau foundation. Kalau kamu udah terlanjur beli moisturizer atau body lotion jarang dipakai dan udah kadaluarsa, kamu bisa menggunakannya untuk pelembab di bagian tubuh lain seperti leher, badan, tangan, sampai kutikula kuku. Selain itu, kamu bisa gunakan untuk perawatan tas kulit, sepatu kulit dan aksesori berbahan kulit lainnya. Tapi sebaiknya jangan menggunakan pelembab yang mengandung pemutih untuk merawat tas kulitmu ya.

3. Toner

www.homeremedyhacks.com

Toner juga termasuk ke dalam rangkaian skincare yang biasanya dimasukkan ke dalam kemasan besar. Oleh karena itu, toner jadi sering bersisa banyak padahal masa kadaluarsa toner umumnya nggak lebih dari 6 bulan. Ada dua jenis toner yaitu yang mengandung alkohol dan yang non-alkohol. Kalau kamu punya toner yang mengandung alkohol, kamu bisa gunakan untuk membersihkan kaca atau cermin biar makin kinclong. Sedangkan bagi kamu yang punya toner yang nggak mengandung alkohol, kamu bisa gunakan untuk membersihkan sepatu dan furniture. Selain itu, toner juga bisa untuk membersihkan sela-sela make up palette seperti eyeshadow palette yang sering kotor karena serbuk-serbuknya menempel di sela-sela. Keren kan?

4. Kuas maskara

Sumber Gambar

Maskara merupakan produk kecantikan yang paling muda usia pemakaiannya. Sebenarnya, maskara nggak dianjurkan untuk pemakaian lebih dari 6 bulan karena cairan maskara merupakan tempat perkembangbiakkan bakteri paling banyak dan bisa membuat mata iritasi. Kalau maskaramu udah kadaluarsa atau udah habis tapi kamu suka banget sama kuasnya, nggak perlu dibuang. Kamu bisa gunakan kuasnya yang udah dicuci bersih untuk maskara baru atau bisa digunakan untuk kuas alis. Selain itu, kuas maskara juga bisa dipakai untuk exfoliate bibir dengan menggunakan lip scrub agar lebih optimal mengangkat sel kulit mati di bibirmu.

5. Lipstick

id.pinterest.com

Kamu punya lipstick yang jarang dipakai tapi udah mongering dan rusak? Jangan buru-buru dibuang ya karena kamu bisa gunakan kembali menjadi lipbalm. Gimana caranya? Kamu bisa menghancurkan batang lipstick menggunakan sendok yang kemudian dicampurkan dengan Vaseline Petroleum Jelly untuk membuat lipbalm yang berwarna. Mudah banget kan?

6. Eyeliner

theadelaidian.net

Hampir sama seperti maskara, eyeliner cair juga nggak boleh dipakai lebih dari 6 bulan karena bisa membuat mata iritasi dan infeksi. Bagi kamu yang punya eyeliner cair, kamu bisa manfaatkan cairannya untuk membuat prakarya seni, misalnya di pigura foto. Sementara untuk eyeliner pencil, kamu bisa gunakan sebagai pencil warna atau additional makeup seperti menggambar kumis palsu atau face tattoo.

7. Cat kuku/ kutek

jewelpie.com

Cat kuku atau yang biasa disebut kutek juga ada masa kadaluarsa loh. Kutek yang kadaluarsa akan merusak kuku dan mengganggu kesehatan kulit di sekitar kuku apabila terus digunakan. Tapi kalau kamu jarang pakai kutek dan kuteknya keburu kadaluarsa, kamu bisa manfaatkan untuk jadi cat lukis untuk prakarya atau crafting. Kamu juga bisa gunakan untuk mengecat kunci, kabel, atau gelas untuk memberikan perbedaan agar nggak mudah tertukar.

Ternyata banyak banget kan manfaat dibalik produk kecantikan yang kadaluarsa? Sebelum kamu membeli produk kecantikan, pastikan itu cocok untuk kulitmu dan belilah dalam jumlah yang sesuai agar nggak bersisa banyak ketika kadaluarsa. Kalau udah terlanjur, jangan buru-buru dibuang atau diberikan ke orang lain karena masih banyak kegunaannya. Ini juga akan membantu menjaga lingkungan kita, karena cairan atau produk kecantikan yang dibuang sembarangan bisa berbahaya bagi sekitar. Gimana? Yakin masih mau dibuang?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
15
SHARES
Yakin Dia Beneran OTW? Fitur Baru Google Maps Ini Bisa Melacak Keberadaan Temanmu

Yakin Dia Beneran OTW? Fitur Baru Google Maps Ini Bisa Melacak Keberadaan Temanmu

Inilah 10 Jenis Hukuman Sewaktu Masa Sekolah Dulu, Asli Bikin Kangen!

Inilah 10 Jenis Hukuman Sewaktu Masa Sekolah Dulu, Asli Bikin Kangen!

Sikap Cowok Ini Bukan Berarti Dia Cuek, Dia Cuma Pengen Kamu Mandiri

Sikap Cowok Ini Bukan Berarti Dia Cuek, Dia Cuma Pengen Kamu Mandiri

Diam-diam Cowok Ingin Diperlakukan Seperti Ini Olehmu

Diam-diam Cowok Ingin Diperlakukan Seperti Ini Olehmu

Inilah Kumpulan Ilustrasi Perbedaan Pria dan Wanita! Apakah ini Menggambarkan Kamu?

Inilah Kumpulan Ilustrasi Perbedaan Pria dan Wanita! Apakah ini Menggambarkan Kamu?

7 Tipe Cowok yang Bakal Kamu Temui, Sebelum Dia yang Mau Seriusin Kamu

7 Tipe Cowok yang Bakal Kamu Temui, Sebelum Dia yang Mau Seriusin Kamu

loading