Liburan Akhir Tahun? Persiapkan Hal-hal ini Supaya Liburanmu Nyaman!

mytopface.com

Akhir tahun telah tiba! Banyak dari kita pastinya sudah merencanakan agenda liburan untuk sekedar refreshing biar fresh start aktivitas di tahun yang baru. Banyak yang pergi hanya untuk merayakan bersama orang-orang terkasih, ada juga yang pergi mencari tempat untuk merenungkan resolusi di tahun yang baru. Untuk kelancaran agendamu, yuk persiapkan hal-hal ini.

1. Tujuan wisata

www.attractchina.com

Ini hal utama yang paling penting karena merupakan tujuan utamamu bepergian. Tidak hanya masalah akan ke mananya saja, kamu juga harus memikirkan apakah akan keluar kota, keluar negeri, atau hanya ke tempat-tempat wisata yang ada di sekitarmu. Jika perlu, kamu survei terlebih dahulu melalui internet maupun sosial media yang ada untuk sekedar review tempatnya. Pastinya harus sesuai budget dan waktu yang tersedia, ya.

2. Persiapan dari jauh hari

tiogabank.com

Modal transportasi apa yang akan kamu gunakan? Ini juga penting, lho. Sekarang, sudah banyak cara mem-booking penginapan atau hotel dan tiket kereta atau pesawat melalui online. Hindari memesan atau booking di hari H karena kemungkinan padat penumpang. Begitu juga tiket wisata yang kamu inginkan, jika bisa dipesan secara online dari jauh hari, kenapa tidak?

3. Sederhana tapi menyenangkan

www.hotel-r.net

Mengingat akan banyak perubahan harga pada akomodasi penginapan. Jika kamu di luar kota, akan memudahkan memilih tinggal di tempat kerabat atau keluarga. Namun jika kamu hanya ingin berada di ruang privasi atau tidak ingin terganggu dulu, pastikan kamu sudah mem-booking penginapan yang sesuai dengan kantong dan lokasi tujuanmu. Pastikan kenyamanan menjadi yang utama daripada kemewahan, agar kamu tidak lantas bokek setelah liburan berakhir.

4. Tentukan pos-pos pengeluaran

flipkey.com

Ini juga sangat penting. Mencegah terjadinya overbudget karena setelah berlibur kamu akan kembali ke kehidupan rutinmu. Dan jika kamu akan meminjam sejumlah uang ke bank, pastikan cicilannya akan sesuai dengan pendapatanmu per bulan. Lalu buatlah pos-pos pengeluaran selama berlibur, seperti berapa batas jumlah untuk penginapan, transportasi, makan beberapa hari, untuk wisata, dan yang paling penting, belanja serta oleh-oleh yang akan dibeli. Sisihkan juga untuk kebutuhan yang mendadak.

5. Bawa hal yang perlu

primewayfcu.com

Kebiasaan sebagian orang sulit beradaptasi dengan model liburan ala backpacker yang efisien sekaligus tidak repot, yaitu dengan membawa barang seperlunya. Jika kamu hanya bepergian ke pinggiran kota atau keluar kota saja, bawalah pakaian secukupnya, peralatan pribadi dan aksesoris yang tidak berlebihan.

6. Uang tunai

blog.hulaa.com

Jika waktu keberangkatan telah tiba, persiapkanlah uang tunai secukupnya. Membawa uang tunai membuat kamu bisa melihat seberapa uang yang sudah atau akan kamu gunakan sehingga kamu bisa berpikir dahulu sebelum menggunakan atau membeli sesuatu. Kamu jadi tidak terlalu berpikir untuk berfoya-foya. Namun tidak masalah jika kamu ingin membawa secukupnya saja dan menyimpannya sebagian di kartu debit atau kredit.

7. Evaluasi pengeluaran

usa.visa.com

Tahukah kamu jika mengevaluasi pengeluaran akan berguna bagi liburanmu selanjutnya? Hal ini mungkin tidak penting bagi beberapa orang. Tapi jika kebiasaan kecil ini bisa kamu lakukan, ke depannya kamu akan lebih jago dalam merencanakan dan mengatur pengeluaranmu. Kamu jadi bisa lebih strategis dalam hal merencanakan liburanmu.

Dengan beberapa tips di atas, kamu jadi semakin siap nih untuk menyambut libur tahun baru.  Yuk, matangkan persiapanmu dan selamat berlibur ya!

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
1
SHARES
loading