Lagu-lagu Rock Barat Ini Menceritakan Kegelisahan Saat Orang Menjadi Dewasa

www.youtube.com
Line YuKepo.com

Lagu, sebagai salah satu jenis produk seni merupakan wahana yang dapat digunakan untuk mengekspresikan pengalaman hidup, baik itu pengalaman pribadi maupun pengalaman kolektif yang secara tidak langsung turut memproduksi karya itu sendiri. Melalui sebuah lagu, orang-orang dapat berbagi perasaan yang mungkin dirasakan juga oleh pendengar dari lagu tersebut. Jika lagu berhasil mencapai pengalaman banyak orang, lagu itu pun akan semakin banyak didengarkan, tentunya dengan mempertimbangkan wacana yang diangkat beserta pengalaman estetis dari bentuk-bentuk formal yang membangun karya.

Dibandingkan dengan lagu yang mencermati pengalaman kolektif, tentunya lagu yang didasari oleh pengalaman individu akan lebih mudah untuk diciptakan. Meskipun begitu, bukan berarti lagu “individual” semacam ini tidak dapat menggugah pendengar di luar individu pencipta lagu itu sendiri. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika lagu yang diciptakan merupakan pengalaman yang mungkin dirasakan oleh semua orang, lagu itu tentunya bisa lebih akrab dengan orang-orang, tidak hanya akrab dengan pencipta lagu saja.

Salah satu pengalaman yang mungkin tidak bisa dihindari semasa hidup adalah proses pendewasaan. Proses di mana seorang anak akhirnya menyadari bahwa masa kekanak-kanakan dalam dirinya perlahan-lahan telah mati dan posisinya digantikan oleh sosok dirinya yang sudah dewasa. Masa peralihan ini tentunya akan menciptakan kegelisahan, baik itu kegelisahan yang disebabkan oleh rasa suka maupun duka. Kegelisahan inilah yang pada gilirannya akan merangsang ide-ide yang dapat dituangkan dalam lagu. Kegelisahan yang mungkin perlu disampaikan kepada orang lain di luar pencipta lagu.

Nah, di bawah ini, kamu bisa ngepoin beberapa judul lagu rock (genre rock dipilih berhubung masa peralihan dewasa ini biasanya memicu adrenalin para pemuda yang sudah beranjak dewasa, seperti halnya lagu-lagu rock yang biasanya merangsang adrenalin) yang menceritakan pengalaman pencipta lagu tentang proses pendewasaan yang tidak bisa dihindari oleh orang semasa hidupnya. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Goldfinger – “Superman”

www.youtube.com

Goldfinger merupakan band ska yang dibentuk di tahun 1994 dan masih bertahan hingga sekarang. “Superman” adalah salah satu lagu Goldfinger yang paling populer. Buat yang dulu senang main permainan Tony Hawk Pro Skater di Playstation, mungkin sempat mendengar iringan lagu ini. Lagu ini menceritakan kegelisahan orang yang berusaha untuk mempertahankan identitas dirinya sebisa mungkin, yang membutuhkan kemampuan seperti halnya Superman, karena lingkungan sekitarnya begitu menekan dia untuk tumbuh dewasa.

2. Millencolin – “No Cigar”

www.youtube.com

Kecenderungan penolakan akan tuntutan untuk tumbuh dewasa yang berangkat dari lingkungan sosial, mungkin memang lebih banyak muncul dari band yang ber-genre punk. Genre yang memang menggunakan slogan “No Future” sebagai konsep musik punk itu sendiri. “No Cigar”, sama halnya dengan “Superman”, menceritakan tentang seorang anak muda yang merasa bahwa dirinya tengah dirasuk oleh identitas yang dipaksakan oleh lingkungan sosial sekitarnya. Padahal, di satu sisi dirinya ingin menjalani hidup yang benar-benar penuh atas kemauan dirinya, bukan berdasarkan kehendak atau paksaan orang lain.

3. Green Day – “Burnout”

www.youtube.com

Lagu yang dirilis pada awal-awal kemunculan Green Day ini ditulis oleh Billie Joe Armstrong, pentolan Green Day di usia yang benar-benar masih belia namun sudah mencapai usia yang rentan menuju pendewasaan, yakni 22 tahun. Jika dua lagu sebelumnya menceritakan keputusasaan akan tuntutan dewasa, lagu ini justru menyampaikan wacana yang isinya benar-benar menyatakan penolakan terhadap tuntutan tersebut. Armstrong seakan-akan menyatakan bahwa dirinya benar-benar menolak untuk dewasa dan lebih memilih untuk apatis terhadap tuntutan orang-orang.

4. Red Vox – “Hazy”

www.youtube.com

Kalau lagu yang satu ini mengisahkan kesedihan atas pendewasaan yang mendera anak muda. Dalam lagu ini, diceritakan tentang seseorang yang berpikir bahwa proses pendewasaan akan membuat dirinya lebih mudah dalam meraih mimpi. Namun, pada kenyataannya, hal itu tidak semudah yang dia bayangkan. Akhirnya dia merasakan adanya kekurangan rasa percaya dalam dirinya untuk mengejar mimpi yang dia cita-citakan, berbeda dengan gairah yang dia rasakan sewaktu masih belia.

5. The Offspring – “The Kids Aren’t Alright”

www.youtube.com

Satu lagi lagu tentang kegelisahan akan tuntutan usia dewasa yang lahir dari tangan musisi punk. Lagu “The Kids Aren’t Alright” mengisahkan tentang potensi seorang anak muda yang harus disia-siakan oleh dunia orang dewasa. Potensi anak muda yang didukung oleh kebebasan, pada akhirnya harus dibatasi oleh norma-norma ketat yang secara tidak sadar telah diatur oleh masyarakat dan dipaksakan kepada setiap anak muda yang beranjak dewasa.

6. Blink 182 – “What’s My Age Again?”

www.youtube.com

Para personil Blink 182 memang pernah dicap sebagai orang-orang yang memiliki Peter Pan Complex, yakni kecenderungan psikologis yang menolak pengidapnya untuk tumbuh dewasa. Lagu yang sempat hits di era 90-an ini mengisahkan tentang seseorang yang tengah berada di usia quarter life crisis, namun dirinya tetap berkelakuan seperti halnya anak di bawah umurnya. Dirinya membela diri dengan menyatakan bahwa usia tidak berpengaruh kepada tindakan-tindakan yang harus kita pilih.

7. Bryan Adams – “Summer Of ‘69”

www.youtube.com

Jika dari tadi kita disuguhi oleh lagu-lagu yang seakan-akan menunjukkan penolakan akan pendewasaan, lagu yang satu ini justru pasrah akan tuntutan untuk tumbuh dewasa yang tidak bisa dihindari lagi. Dalam lagu ini, diceritakan tentang seseorang yang tengah menginjak usia dewasa, dan dirinya berusaha mengenang masa-masa ketika dirinya masih bisa berekspresi sebebas mungkin seperti yang biasanya dilakukan oleh anak muda.

Gimana? Apakah kisah-kisah dalam lagu di atas dirasakan juga oleh temen-temen yang sedang berada di usia peralihan menuju dewasa? Mungkin ada yang mau nambahin lagi?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
18
SHARES
Ketemu Beruang Harus Pura-pura Mati? Inilah Cara Menyelamatkan Diri yang Justru Mematikan

Ketemu Beruang Harus Pura-pura Mati? Inilah Cara Menyelamatkan Diri yang Justru Mematikan

10 Foto Transformasi Cowok Kurus dan Waktu yang Mereka Habiskan Agar Jadi Atletis

10 Foto Transformasi Cowok Kurus dan Waktu yang Mereka Habiskan Agar Jadi Atletis

Serba Terbatas, Ternyata Beginilah Cara Orang Korea Utara Menggunakan Teknologi

Serba Terbatas, Ternyata Beginilah Cara Orang Korea Utara Menggunakan Teknologi

7 Foto Gecko yang Murah Senyum Ini Bakal Bikin Kamu Ikutan Senyum-senyum Sendiri

7 Foto Gecko yang Murah Senyum Ini Bakal Bikin Kamu Ikutan Senyum-senyum Sendiri

Dari Kasual Sampai Semiformal, Inilah 5 Padu Padan Sneakers Hitam Agar Tak Membosankan

Dari Kasual Sampai Semiformal, Inilah 5 Padu Padan Sneakers Hitam Agar Tak Membosankan

7 Perlengkapan Alat Tulis Paling Hits Era 90-an, Kamu Pasti Pernah Punya!

7 Perlengkapan Alat Tulis Paling Hits Era 90-an, Kamu Pasti Pernah Punya!

loading