Kuota 4G Kamu Lebih Boros? Ini Trik Hematnya!

memeful.com
Line YuKepo.com

Buat yang udah ngerasain pake 4G, tentu udah tau lah ya gimana enaknya pake 4G. Kecepatan dan kenyamanan udah bukan hal baru lagi buat pengguna 4G. Dibandingkan pendahulunya alias si kakak 3G, boleh dibilang perbedaanya cukup jauh. Terutama buat kalian suka banget streaming video, 4G LTE emang ciamik banget buat kualitas streaming yang oke. Sayangnya di Indonesia kekuatan sinyal 4G baru bisa dinikmati di kota-kota besar aja, nih. Biarpun udah masuk Indonesia beberapa waktu lalu, tapi kuota 4G nampaknya belum bisa dinikmati oleh penduduk di kota-kota kecil. Kalau soal gadget, rasanya gadget keluaran tahun 2014 keatas sudah banyak yang compatible dengan penggunaan sinyal 4G. Buat yang belum bisa menikmati sinyal 4G karena kendala gadget, kayaknya belum ada solusi lain selain upgrade gadget. Nah, buat yang udah bisa pake gadget yang compatible dan udah ngerasain upgrade dari 3G ke 4G, ternyata banyak ditemukan keluhan lain nih. Keluhan yang tadinya mungkin nggak begitu diprediksikan banyak orang yaitu masalah borosnya si kuota 4G ini. Ternyata kenyamanan yang ditawarkan oleh 4G juga hadir dengan keluhan borosnya kuota. Lebih cepet sih, memang, tapi borosnya 4G bikin banyak orang ngeluh dan pengen balik ke 3G. Sebenarnya borosnya 4G LTE juga beralasan. Pertama transfer data yang dilakukan dengan sinyal 4G itu sangat cepat. Kenapa cepat? Karena 4G memang diperuntukkan bagi yang memiliki mobilitas tinggi. Artinya apa? Artinya mereka yang memiliki mobilitas tinggi harus didukung dengan arus informasi berkecepatan tinggi juga. Nggak heran kan kenapa cepat? Nah, biar seimbang, kayaknya emang harus ada nih tips dan trik biar kuota 4G-mu nggak gampang habis, terutama buat yang pakai Android. Ini dia rahasia hemat kuota 4G buat Android-mu!

1. Matikan auto update

www.pcadvisor.co.uk

Ini yang bahaya, kadang suka lupa kalau diam-diam si aplikasi sudah ter-update sendiri. Bagus sih, jadi nggak usah repot update satu-satu, tapi kuota yang tersedot juga bisa bikin kamu nangis!

2. Non-aktifkan sinkronisasi data

www.quicksetupguide.com

Jelas sinkronisasi bikin boros. Bayangkan kalau semua aplikasi yang butuh internet nyala secara bersamaan. Nggak hanya boros pada saat start nyalanya aja, tapi juga untuk berjalannya penarikan data itu sendiri.

3. Jangan abaikan ‘Data Usage Warning’

www.fixedbyvonnie.com

Biarpun muncul dengan bentuk yang ganggu karena tiba-tiba muncul dan sering kali pop-up tanpa diundang (Jelangkung kali?), jangan abaikan dia! Kamu tau kan rasa sakitnya diabaikan? (Jangan curhat, kak)

4. Klik ‘Restrict Bakground Data’

memeful.com

Ini yang diam-diam nyedot kuota 4G dan banyak yang nggak sadar karena saat layar HP-mu mati pun, dia akan tetap bekerja. Contoh sederhananya adalah aplikasi berita yang selalu update biarpun kamu sedang nggak menggunakan aplikasi tersebut. Begitu juga dengan pembaharuan info cuaca, dan info-info umum yang ada di smartphone-mu.

5. Kalau mau update aplikasi pakai WiFi aja!

www.pcworld.com

Nah ini trik paling aman, karena update memang menguras banyak kuota, wifi kayaknya emang paling aman buat menyelamatkan uang pulsamu.

6. Pilih browser tepat

s3.amazonaws.com

Buat Android sendiri, sebenarnya Google Chrome sudah menyelipkan fitur data saver yang klaim-nya bisa lebih hemat data 50%, lho. Browser lain yang juga direkomendasikan adalah Opera dan UC Browser.

7. Hindari streaming kalau tidak perlu

memeful.com

Kalau lagi menikmati macet, streaming emang juara buat killing time, ya? Tapi lebih hemat dan enak kalau video nya kamu download dulu kalau ketemu WiFi. Jadi pas nggak ada WiFi, kamu bisa play video-video tersebut tanpa menguras kuota karena semuanya sudah tersimpan offline di gadget-mu.

Nah, ternyata hemat kuota 4G nggak sesulit itu, kan? 7 langkah ini mudah diikuti dan selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
2
SHARES
7 Makanan Ini Wajib Ada Saat Perayaan Natal! Mau Tahu?

7 Makanan Ini Wajib Ada Saat Perayaan Natal! Mau Tahu?

Akomodasi Ala Tiny House Ini Favorit Banget di Kalangan Wisatawan

Akomodasi Ala Tiny House Ini Favorit Banget di Kalangan Wisatawan

Pantang Lakukan 7 Kebiasaan Ini Sehabis Makan! Ingat ya!

Pantang Lakukan 7 Kebiasaan Ini Sehabis Makan! Ingat ya!

Masih Ingat Model-model Majalah Wanita Ini? Cantiknya Aduhai!

Masih Ingat Model-model Majalah Wanita Ini? Cantiknya Aduhai!

9 Keuntungan Buat Kalian yang Pacaran Sama Cewek Tomboy

9 Keuntungan Buat Kalian yang Pacaran Sama Cewek Tomboy

Ini Bukti Kalo Presiden Jokowi Adalah Sosok Family Man Sejati, Awas Kepatil!

Ini Bukti Kalo Presiden Jokowi Adalah Sosok Family Man Sejati, Awas Kepatil!

loading