Kondisi 10 Negara Termiskin Menurut Data Bank Dunia Ini Bikin Kamu Iba!

Edited By Admin
Line Yukepo.com

Ketika kita sibuk mikirin pelayanan rumah makan yang kurang oke meskipun kita udah ngeluarin duit banyak, atau ketika kita ngabisin waktu berjam-jam buat ngecek harga-harga baju terbaru di online shop, dan ketika kita bela-belain nyari uang tambahan demi beli sepatu dengan model terbaru yang harganya bisa bikin Pak Haji istigfar, kita perlu inget juga kalo masih banyak banget orang yang boro-boro kepikiran buat beli sepatu, buat bertahan hidup rada lamaan aja udah cukup kayaknya bagi mereka. Sebenernya di negara kita sendiri masih banyak banget orang yang pemenuhan kebutuhan kesehariannya aja udah jadi semacam taruhan, tapi berhubung di negara kita kesenjangan ekonomi antar penduduknya emang cukup tinggi, jadi wajar aja kalo sebagian warga negara kita udah bisa menikmati hidup yang lebih berkualitas secara kasatmata dibanding warga lainnya. Di setiap tahun, Bank Dunia selalu memonitori pertumbuhan ekonomi setiap negaranya melalui PDB (Produk Domestik Bruto) yang memperlihatkan daya beli masyarakat dalam suatu wilayah tertentu. Dan untuk mengetahui kualitas daya beli dari setiap warganya, jumlah PDB dibagi dengan jumlah penduduk dalam wilayah negara sehingga kita akan memperoleh pendapatan per kapita yang menjadi indikator kesejahteraan penduduk. Dan ternyata, jumlah PDB per kapita dari setiap negara yang tergabung di PBB dalam jangka waktu beberapa tahun terakhir ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi global memang sedang berjalan dengan lambat. Daftar bangsa termiskin di dunia di bawah ini diperoleh dari data Bank Dunia di tahun 2015, dan kemungkinan terbesarnya urutan ini tidak akan berubah di akhir tahun 2016 mengingat pertumbuhan ekonomi yang sedang kurang baik saat ini.

1. Guinea

Edited By Admin

PDB perkapita: 531,2 $ (7,08 juta rupiah). Keadaan ekonomi Guinea semakin diperparah oleh adanya wabah virus ebola yang menjangkit sebagian besar penduduknya pada tahun 2014 silam. Selain itu, kondisi politik yang tidak stabil menyebabkan bangsa ini terbelakang perekonomiannya sehingga menempati urutan ke-10 dalam daftar bangsa termiskin di dunia tahun 2015.

2. Mozambik

Edited By Admin

PDB perkapita: 525,01 $ (6,99 juta rupiah). Sebenarnya, selama satu dekade terakhir, pertumbuhan ekonomi di negara ini mulai menunjukkan proses yang menjanjikan. Sayangnya, masyarakat sendiri belum terlalu banyak merasakan perubahan tersebut sehingga menunjukkan bahwa kesenjangan ekonomi antar warga masih cukup tinggi.

3. Republik Demokratik Kongo

Edited By Admin

PDB perkapita: 456,05 $ (6,08 juta rupiah). Konflik internal dalam negara yang sudah dipicu sejak awal kemerdekaan negara ini di tahun 1960 dari jajahan Belgia, menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kelambatan pertumbuhan ekonomi dari bangsa yang terletak di benua Afrika ini.

4. Liberia

Edited By Admin

PDB perkapita: 455,87 $ (6,07 juta rupiah). Negara yang terletak di pesisir barat Afrika ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup rendah karena perang saudara yang pernah berlangsung dari tahun 1989 sampai 1996, dan perang saudara kedua yang berlangsung dari tahun 1999 sampai 2003. Ditambah lagi dengan pendidikan masyarakat yang kurang, serta korupsi yang menjangkit pemerintahan bangsa tersebut.

5. Gambia

Edited By Admin

PDB perkapita: 441,29 $ (5,88 juta rupiah). Negara yang kini telah menjadi negara Republik Islam ini, sebenarnya dapat mengandalkan pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata. Sayangnya, bangsa ini kurang memiliki hubungan internasional yang cukup baik sehingga kelambatan pertumbuhan ekonomi pun sulit untuk dihindari.

6. Madagaskar

Edited By Admin

PDB perkapita: 411,8 $ (5,5 juta rupiah). Meskipun negara ini dapat menggantungkan perekonomiannya kepada perikanan, pertanian, dan produksi pakaian, negara yang pernah diekspos dalam film animasi tentang hewan ini ternyata menempati urutan ke-5 dalam daftar bangsa termiskin di dunia. Tata kelola yang kurang baik menyebabkan kurangnya infrastruktur yang dapat mendukung kegiatan-kegiatan pertanian bangsa ini.

7. Malawi

Edited By Admin

PDB perkapita: 381,37 $ (5,08 juta rupiah). Negara yang sempat terancam bangkrut ini memiliki PDB yang cukup rendah mengingat bencana banjir bandang yang sempat melanda dan menyebabkan sebagian besar penduduknya tidak memiliki rumah. Selain itu, tingginya inflasi dan kebergantungan pemerintah kepada biaya donor dari negara dan dari PBB sendiri menyebabkan bangsa ini kesulitan untuk mengembangkan kesejahteraannya.

8. Niger

Edited By Admin

PDB perkapita: 358,96 $ (4,78 juta rupiah). Jangan ketuker sama bangsa Nigeria ya, meskipun negara ini bersebelahan dengan salah satu negara yang cukup terbilang makmur untuk ukuran benua Afrika itu. Bangsa yang terletak di bagian barat Afrika ini sebenarnya memiliki lahan yang cukup subur dan dapat dimanfaatkan untuk pertanian, ditambah lagi dengan adanya tambang uranium yang dapat mendukung perekonomian negara ini. Sayangnya, tata kelola bangsa yang kurang maksimal menyebabkan kualitas SDM negara ini cukup rendah sehingga negara berkembang ini masih belum bisa meraih pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.

9. Republik Afrika Tengah

Edited By Admin

PDB perkapita: 306,78 $ (4,08 juta rupiah). Meskipun negara yang dulunya bernama Ubangi-Shari ini memiliki lahan produktif yang cukup untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kekerasan sektarian yang lumrah terjadi dalam masyarakat menjadikan bangsa ini sebagai salah satu bangsa termiskin di dunia dan menempati urutan ke-2 dalam daftar ini. Selain itu, korupsi yang merajalela pun menjadi masalah yang berujung kepada kemelaratan para warganya dari aspek ekonomi.

10. Burundi

Edited By Admin

PDB perkapita: 275,98 $ (3,67 juta rupiah). Akhirnya sampai juga kita ke negara termiskin nomor satu menurut data PDB perkapita yang diperoleh dari data Bank Dunia di tahun 2015. Dan seperti biasa, lagi-lagi negara dari benua Afrika yang muncul dalam daftar ini. Kemiskinan bangsa ini disebabkan oleh letak geografisnya yang kurang strategis, kurangnya akses pendidikan, penyakit HIV/AIDS yang mewabah di masyarakat, dan yang pasti: korupsi. Bahkan studi ilmiah yang sempat diaplikasikan kepada warga negara ini memberikan hasil yang menyedihkan, yaitu sebagian besar penduduknya tidak suka memiliki hidup di dunia ini. Bagaimana tidak? 60% anak di bawah lima tahun di bangsa ini saja sudah menderita malnutrisi yang cukup kronis.

Bisa kita lihat dari nama-nama bangsa di atas, bahwa bangsa yang tercakup dalam daftar 10 bangsa termiskin di dunia adalah bangsa-bangsa yang terletak di benua Afrika. Miris banget ngeliat pendapatan bangsa-bangsa di atas jika dibandingkan dengan Indonesia yang PDB perkapitanya pada tahun 2015 berada di jumlah 3.346,5 $ (44, 5 juta rupiah) dalam setahun meskipun kesenjangan masih terjadi dimana-mana.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
100%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
13
SHARES
Jangan Percaya 7 Mitos Kuliah Ini, Sudah Salah Bikin Sesat Mahasiswa Juga!

Jangan Percaya 7 Mitos Kuliah Ini, Sudah Salah Bikin Sesat Mahasiswa Juga!

20 Foto Anjing-anjing yang Lagi Tidur dengan Pose Gemes ini Bikin Geregetan!

20 Foto Anjing-anjing yang Lagi Tidur dengan Pose Gemes ini Bikin Geregetan!

7 Hal yang Sering Kamu Lakuin ini Ternyata Bikin Smartphone Cepet Rusak!

7 Hal yang Sering Kamu Lakuin ini Ternyata Bikin Smartphone Cepet Rusak!

13 Soal Ujian Anak Sekolah yang Kelewat Absurd Ini Bikin Ngakak!

13 Soal Ujian Anak Sekolah yang Kelewat Absurd Ini Bikin Ngakak!

10 Karakter Cewek Anime Tercantik Ini Bikin Kamu Terbayang Sampai Mimpi

10 Karakter Cewek Anime Tercantik Ini Bikin Kamu Terbayang Sampai Mimpi

7 Artis Indonesia Ini Rela Mengikuti Program Bayi Tabung, Siapa Ya Mereka?

7 Artis Indonesia Ini Rela Mengikuti Program Bayi Tabung, Siapa Ya Mereka?

loading