“Kok Kejadiannya Sama Persis? Kayaknya Pernah, Deh!” Inilah Penjelasan Menarik Tentang Dejavu

www.ambaile.org.uk
Line Yukepo.com

Kamu datang ke suatu tempat dan tiba-tiba kamu agak bingung dengan apa yang kamu lihat, kok kayaknya nggak asing banget sama suasananya? Padahal kamu baru pertama kali berada di tempat itu. Anehnya, semua seolah udah pernah kamu lihat dan alami. Layaknya cerita di film-film, kamu serasa ada di masa depan!

Apakah kamu pernah mengalami kejadian seperti yang tertulis di atas? Tahukah kamu kalau fenomena tersebut ada nama ilmiahnya? Yap, nama ilmiahnya adalah Dejavu! Atau mungkin kamu udah pernah dengar sebelumnya? Tapi tahukah kamu kalau yang namanya Dejavu itu bisa dijelaskan secara medis, psikologis, dan saintifik? Ini dia penjelasan menarik tentang Dejavu yang wajib kamu tahu!

bossedup.org

Sebenarnya cukup sulit untuk memahami tentang apa itu Dejavu. Istilah Dejavu sendiri berasal dari kata Déjà vu yang dalam bahasa Prancis artinya pernah melihat (already seen). Fenomena ini terjadi pada 60-80% orang-orang di dunia ini. Jadi, kamu bukan satu-satunya yang aneh dengan kondisi Dejavu. Meski udah banyak penelitian tentang Dejavu, tapi masih banyak juga kok yang salah dalam memahami apa yang terjadi dibalik fenomena Dejavu.

Dejavu sulit untuk dibuktikan secara ilmiah di laboratorium karena nggak ada stimulus pasti yang bisa memicu Dejavu. Semuanya terjadi begitu aja, bahkan ketika kamu nggak tahu apakah itu Dejavu atau bukan. Penelitian Dejavu dilakukan hanya mengumpulkan data terkait orang-orang yang pernah memiliki pengalaman Dejavu. Berdasarkan penelitian, sekitar 2/3 orang mengalami Dejavu setidaknya sekali dalam hidupnya. Artinya, Dejavu bukanlah hal yang asing bagi manusia.

www.dailymail.co.uk

Menjelaskan Dejavu pasti berkaitan dengan kinerja otak. Ingatan yang tersimpan di otak itu terdiri dari berbagai macam bentuk dan bisa berjumlah miliaran informasi dan ingatan. Ada bagian otak yang menyimpan memori jangka panjang, ada bagian otak yang menyimpan memori jangka pendek, ada bagian otak yang berfungsi untuk mendeteksi persamaan (familiarity) dan ada juga bagian otak yang mendeteksi kejadian. Ketika ada hal yang kita pikir sama persis atau udah pernah terjadi, ada banyak bagian otak yang aktif dan kerjanya saling bersinggungan. Oleh karena itu, nggak bisa dipungkiri bahwa Dejavu adalah fenomena ‘kerusakan’ kecil pada fungsi otak kita sehingga bekerja secara bersamaan menghasilkan Dejavu.

Selain karena fungsi beberapa bagian otak yang bekerja saling bertabrakan, ada pula penelitian yang mengatakan bahwa Dejavu terjadi karena adanya kesalahan pada otak kita. Otak yang terdiri dari serabut sel syaraf tersebut salah dalam mendeteksi waktu, antara kejadian sekarang dan masa lalu. Jadi, yang kita anggap udah pernah terjadi itu sebenarnya sih belum pernah. Itu hanyalah ilusi yang diciptakan oleh otak kita sendiri karena kesalahannya dalam melihat keterangan waktu. Tapi nggak hanya sampai di sini aja penelitiannya, diperkirakan bahwa penelitian tentang Dejavu terus berjalan dan kemungkinan akan ada penjelasan yang lebih mantap di masa depan. Kita tunggu aja ya guys!

listverse.com

Setidaknya ada sekitar 10 teori yang menjelaskan mengenai munculnya fenomena Dejavu. Ada yang membahas dari sudut pandang fisiologis dimana kinerja otak menjadi pusat aktivitas Dejavu. Ada juga yang membahas dari sudut pandang psikologis, seperti teori mimpi, teori percabangan atensi, teori tentang persamaan dalam mengenali situasi, dan dual processing theory. Selain itu, ada pula yang membahas dari sudut pandang spiritual seperti teori reinkarnasi. Bahkan ada teori yang cukup sulit dipahami seperti hologram theory dan parallel universe theory.

Nggak ada yang paling benar dari semua teori tadi. Pasalnya, Dejavu sendiri pun bukan fenomena yang bisa kita datangkan dengan sengaja maupun kita hindari. Semua teori bisa saling menguatkan penjelasan tentang Dejavu, tinggal bagaimana kita menyikapi Dejavu itu sendiri dan nggak larut di dalamnya seolah-olah Dejavu menentukan masa depan kita. Jadi, santai aja!

Nah, penjelasan tentang Dejavu tadi semakin membuka mata kita bahwa ada lho fenomena yang biasa kita alami tapi kita nggak tahu apa yang terjadi sebenarnya. Padahal itu terjadi di dalam tubuh kita sendiri, tepatnya di pikiran kita. Semua hal diciptakan tentu ada maksudnya. Kalau Dejavu apa ya tujuannya? Dejavu mengajarkan kita untuk bisa membedakan mana yang udah terjadi, belum pernah terjadi atau sedang terjadi. Bagi kamu yang ingin segera move on, kamu harus lebih banyak lagi nih belajar tentang Dejavu agar nggak melulu memikirkan masa lalu (yang kayaknya pernah terjadi)!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
100%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
2569
SHARES
Rasanya Punya Pacar Cuek Dan LDR-an. Biasa Nggak Dikasih Kabar!

Rasanya Punya Pacar Cuek Dan LDR-an. Biasa Nggak Dikasih Kabar!

Wow! Inilah 9 Foto Mewahnya Fasilitas di Dalam Kereta Jepang Termahal di Dunia

Wow! Inilah 9 Foto Mewahnya Fasilitas di Dalam Kereta Jepang Termahal di Dunia

Kisah Inspiratif Dibalik Kesuksesan Colonel Sanders Sang Pendiri KFC

Kisah Inspiratif Dibalik Kesuksesan Colonel Sanders Sang Pendiri KFC

Nggak Hanya untuk Masak, Inilah 10 Manfaat Lain Cuka yang Perlu Kamu Ketahui

Nggak Hanya untuk Masak, Inilah 10 Manfaat Lain Cuka yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah 5 Fakta Ilmiah dan Mitos Tentang Hipnotis, Kamu Udah Tahu Belum?

Inilah 5 Fakta Ilmiah dan Mitos Tentang Hipnotis, Kamu Udah Tahu Belum?

9 Tipe Anak Sekolah yang Selalu Ada di Setiap Kelas, Kamu Termasuk yang Mana?

9 Tipe Anak Sekolah yang Selalu Ada di Setiap Kelas, Kamu Termasuk yang Mana?

loading