“Kita Temenan Aja Ya”: 10 Alasan Terburuk Untuk Tetap Berteman dengan Mantan Pacar

www.askmen.com
Line Yukepo.com

Kalimat paling mitos sesaat sebelum bubarnya hubungan pacaran adalah “kita temenan aja ya”. Iya nggak? Sebenarnya agak sulit menjalin hubungan pertemanan dengan mantan pacar dengan hati yang kosong seperti layaknya kita berteman dengan orang lain. Tapi setelah putus, kok kayaknya masih nggak bisa lepas dari dia ya? Kayaknya berteman bisa bikin hubungan jadi lebih baik deh. Nah, berikut ini adalah sepuluh alasan terburuk yang harus kamu hindari untuk bisa tetap berteman dengan mantan pacar.

1. Kalian punya teman yang sama

www.huffingtonpost.com

Kalau kamu satu geng dengan mantan pacar, mau nggak mau kayaknya tetap berteman dengannya karena nggak mungkin juga untuk keluar dari lingkup pertemanan yang selama ini udah kalian jalin. Tapi jangan sampai ini dijadikan alasan satu-satunya. Kamu berhak nongkrong bersama teman-temanmu yang lain tanpa kehadiran mantan pacar. Kamu juga berhak menolak ajakan nongkrong bareng ketika kamu tahu mantan pacarmu ikutan. Apalagi kalau baru putus, nggak kebayang kan sakitnya kalau tiba-tiba mantan pacarmu membawa gandengan baru ikutan nongkrong juga?

2. Kamu merasa kasihan dengannya

www.thebridalbox.com

Ternyata putusnya hubungan kamu dan mantan pacar membuatnya sangat terluka dan sakit hati. Kamu pun merasa nggak tega dan ingin berusaha selalu ada untuknya. Akhirnya kamu memilih untuk tetap berteman dengannya. Tapi tahu nggak sih kalau hal-hal kayak gitu justru akan menyakiti perasaanmu sendiri nantinya. Sebenarnya dia nggak butuh-butuh banget rasa kasihan dari kamu, tapi hanya belum siap aja melepaskan kamu. Hati-hati juga kalau mantan pacarmu pura-pura sakit keras yang membuat kamu merasa iba. Bisa-bisa kamu jadi susah move on tuh!

3. Kamu masih ingin tetap dekat dengannya

www.fireflydaily.com

Memang sih kebiasaan yang udah lama kalau harus diubah itu susaaah banget. Seperti harus berhenti menghubungi dan saling ngasih kabar karena udah putus. Kalau alasan kamu tetap berteman dengan mantan pacar adalah agar kamu masih bisa update dengan kehidupannya, mulai sekarang pikir-pikir lagi deh. Jangan penuhi pikiranmu dengan hal-hal yang serba dugaan. Misalnya selalu menduga siapa yang lagi dekat dengannya atau selalu penasaran apa yang lagi dilakukannya. It’s over, live your own life!

4. Kamu merasa kesepian

www.whitsundayprofessionalcounselling.com

Nggak bisa dipungkiri, kehilangan sosok pasangan yang selama ini menemani hari-hari tentu akan membuat kamu uring-uringan dan kesepian. Terlebih kalau kamu terbiasa diberikan perhatian berlimpah atau selalu ditemani ke mana pun kamu pergi. Tapi merasa kesepian jangan dijadiin alasan untuk tetap berteman dong? Apalagi kalau kamu orangnya mudah baper. Bahaya banget! Lama-lama kamu akan terus bergantung sama dia. Mendingan cari kesibukan lain aja deh yang lebih bermanfat.

5. Kamu mengalami sindrom “rumput tetangga lebih hijau”

www.popsugar.com

Ketika kamu lagi berhubungan dengan seseorang yang baru, kamu sering membanding-bandingkan dengan hubunganmu bersama mantan pacar terdahulu. Kamu merasa kalau mantan pacarmu lebih baik dan kamu merasa lebih nyaman. Duh, masa alasan kayak gini yang membuat kamu tetap berteman dengan mantan pacar? Kemungkinan besar kamu terkena sindrom “rumput tetangga lebih hijau”. Sindrom ini biasanya ditandai dengan perilaku selalu “mengadu” atau meminta perlindungan dari mantan pacarmu kalau kamu lagi ada masalah dengan pacar yang sekarang.

6. Kamu berharap dia akan berubah

www.huffingtonpost.com

Nah, inilah jebakan dari diri sendiri yang harusnya kamu hindari. Berharap sih boleh-boleh aja, tapi jangan sampai kamu terlalu berharap sehingga menutup mata. Kalau ini dijadikan alasan kamu untuk tetap berteman dengan sang mantan, sebaiknya kamu pertimbangkan lagi deh. Karena nggak selamanya seseorang itu akan berubah sesuai dengan keinginan kamu. Mungkin ketika menjadi teman, ia berencana berubah dan memperbaiki kesalahan. Tapi itu juga nggak menjamin bahwa perubahannya akan positif lho. Kecewa lagi, deh!

7. Kamu menjadikannya sebagai ‘cadangan’

www.lovepanky.com

Kamu takut banget kalau setelah ini nggak akan ada lagi yang mau jadi pasanganmu. Jadi, tetap berteman dengan mantan pacar seolah jadi cara untuk jaga-jaga, barangkali udah nggak ada lagi yang cocok denganmu. Wah, kalau kayak gini artinya kamu belum siap untuk membuka hati untuk yang baru, guys. Lagipula, mantan pacarmu bukanlah orang yang bisa seenaknya kamu jadikan pelarian atau ‘cadangan’. Sebaiknya sih nggak pakai alasan ini untuk bisa berteman dengan mantan pacarmu.

8. Kamu merasa nggak enakan dengannya

psychcentral.com

Udah berusaha menjauh, tapi ternyata mantan pacarmu yang justru terus menghantui dan membayang-bayangi. Kamu pun nggak enakan untuk memutuskan hubungan sehingga kamu rela tetap berteman dengan mantan pacarmu tersebut. Memang sih, tegas itu sulit tapi bukan nggak mungkin kan? Kalau kamu terus-terusan merasa nggak enak, lama-lama kamu juga terus merasa nggak enak dan dia jadi keenakan. Jangan biarkan dia terus-terusan ‘menguasai’ kamu, ya. Your life matters.

9. Dia masih menyayangimu

www.gundemdehaber.com

Siapa sih yang nggak senang disayangi dan dicintai? Selalu diberikan perhatian dan diperlakukan istimewa pasti menyenangkan. Tapi kalau mantan pacarmu susah move on dan justru nggak bisa lepas darimu, percayalah itu sama sekali nggak menyenangkan. Lama-lama kamu dan dia akan bingung dengan hubungan kalian. Pacar bukan, teman sih tapi kok perlakuannya kayak pacar? Hati-hati juga kalau kamu membiarkannya terus menyayangi kamu tapi kamu nggak memiliki perasaan yang sama, bisa-bisa kamu dicap sebagai pelaku PHP (pemberi harapan palsu)!

10. Kamu masih menyayanginya

www.vixendaily.com

Tetap berteman dengan mantan pacar dengan alasan kamu masih menyayanginya? Ini adalah alasan paling berbahaya sih. Apalagi kalau mantan pacarmu udah nggak menyayangimu lagi. Bisa-bisa kamu susah move on tuh. Nggak menutup kemungkinan juga kamu akan merasakan sakit hati berulang kali setiap kamu melihatnya dengan yang lain. Cukup patah hati saat hubungan kalian bubar, jangan perpanjang dengan mengorbankan diri untuk tetap menyayanginya.

Pasti jadi timbul pertanyaan: apakah nggak boleh tetap berteman dengan mantan pacar? Ya boleh dong. Asalkan motivasi atau alasan untuk tetap bertemannya bukan kesepuluh poin di atas. Kalau mau berteman, silakan berteman dengan cara yang tulus dan nggak mengharapkan apapun (apalagi mengharapkan balikan). Kamu boleh banget berteman dengan mantan pacar kalau dia nggak mengganggu hubunganmu dengan yang baru dan sebaliknya. Kamu dan mantan pacar perlu kedewasaan untuk bisa berteman tanpa baper. Oke?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
25
SHARES
Bulan Puasa Hampir Selesai Nih, Kita Mudik Yuk !

Bulan Puasa Hampir Selesai Nih, Kita Mudik Yuk !

Inilah 10 Potret Fotografer yang Berani Ambil Risiko Ekstrem Demi Foto yang Sempurna

Inilah 10 Potret Fotografer yang Berani Ambil Risiko Ekstrem Demi Foto yang Sempurna

10 Potret Menakjubkan Kehidupan Manusia yang Tinggal di Tempat Terdingin di Dunia

10 Potret Menakjubkan Kehidupan Manusia yang Tinggal di Tempat Terdingin di Dunia

7 Tipe Orang di Dalam Bioskop, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

7 Tipe Orang di Dalam Bioskop, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

Inilah Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Kurang Tidur

Inilah Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Kurang Tidur

Kamu yang Ingin Jadi Istri, Yakin Sudah Siap Dengan Konsekuensi Ini?

Kamu yang Ingin Jadi Istri, Yakin Sudah Siap Dengan Konsekuensi Ini?

loading