Kisah Di Balik Soundtrack Game Populer Ini Bakal Bikin Kamu Kaget!

Edited By Admin
Line Yukepo.com

Main video game kayaknya bakal berasa kurang kalau nggak ada musik latar yang mengiringi permainan kita sehingga suasana dalam permainan bener-bener jadi lebih berasa banget. Sejak awal perkembangannya, musik yang digubah untuk video game memang tidak digarap terlalu serius. Musik yang digunakan dalam video game biasanya disisipkan oleh para engineer dari developernya, bukan digubah secara khusus oleh orang yang memang berkecimpung di bidang musik. Seiring berjalannya waktu, penggarapan video game pun semakin lama semakin digarap secara serius, dan tentunya hal itu berpengaruh terhadap penataan musik dalam video game. Selama perkembangannya pula, terdapat berbagai cerita unik berkenaan dengan penataan musik dalam video-video game yang sudah bisa kita nikmati di era digital ini. Kita intip yuk, beberapa kisah unik di balik soundtrack-soundtrack video game populer yang seringkali menemani kita ketika sedang asyik menuntaskan misi dalam bermain!

1. Musik latar Tetris diciptakan dari puisi seorang penyanyi folk di tahun 1861

www.youtube.com

Temen-temen yang berasal dari generasi 90-an ke belakang pasti udah akrab banget sama permainan sederhana yang tugasnya terlihat simpel, tapi membutuhkan ketekunan, ketelitian, dan juga logika kalau kamu pengen mencapai skor paling tinggi dalam bermain. Selain akrab sama permainannya, kamu juga pasti udah nggak asing kan sama scoring musik yang menemani kamu saat berada dalam permainan? Ternyata, musik yang diberi judul Korobeiniki ini diciptakan pertama kali pada tahun 1861 dari puisi yang diciptakan oleh penyanyi folk bernama Nikolai Nekrasov dan digunakan oleh perusahan permainan Famicom pada tahun 1988, dan diresmikan oleh Game Boy pada tahun 1989.

2. Pesan satanis dalam musik latar Doom

www.youtube.com

Ada yang suka main FPS dengan nuansa survival-horror-action ini? Game Doom, yang pernah diadaptasi ke layar lebar pada tahun 2005 ini merupakan permainan yang selalu mengiringi pemainnya dengan musik heavy metal yang bisa tambah memicu adrenalin ketika sedang menghabisi monster-monster menyeramkan yang mengancam hidup manusia. Usut punya usut, dalam versi reboot-nya yang dirilis pada tahun 2016, polisi internet menemukan simbol-simbol satanis seperti pentagram dan angka 666 saat soundtrack dari video game ini diteliti menggunakan spektrograf, alat khusus yang berfungsi untuk memvisualisasikan gelombang suara.

3. Koichi Sugiyama, komposer Dragon Quest yang nggak sengaja menjadi komposer video game

www.youtube.com

Serial permainan Dragon Quest pertama kali diperkenalkan oleh Nintendo pada tahun 1986, dan orang yang menjadi komposer untuk musik latar dari permainan ini adalah Koichi Sugiyama, seorang produser sekaligus komposer untuk acara televisi yang mengisi kuisioner untuk Nintendo sesaat setelah dia merasa kecewa dengan permainan shogi yang dikeluarkan oleh perusahaan game tersebut. Itulah kuisioner yang pertama kali masuk ke perusahaan dalam sejarah Nintendo, dan saat pekerja perusahaan tersebut menemukan bahwa kritikan yang dikirim kepada mereka ditulis oleh orang yang sudah memiliki nama di dunia televisi, lantas Nintendo pun langsung menghubungi Sugiyama untuk mengucapkan terima kasih dan juga memberikan penawaran pada Sugiyama untuk mengisi musik di salah satu game yang akan diluncurkan. Sugiyama pun menerima tawaran tersebut, dan siapa sangka kalau dirinya hingga kini mendapat julukan sebagai “Grandfather of Video Game Music” karena gubahan musiknya dalam Dragon Quest?

4. Ballblazer, game pertama yang musiknya bisa tercipta sendiri!

www.youtube.com

Di antara komposer VGM (video game music) seperti Koichi Sugiyama, Rob Hubbard, Chris Huelsbeck, dan lain-lain, mungkin belum ada yang bisa menyaingi penemuan yang dilakukan oleh komposer VGM bernama Peter Langston, yang menginvestasi teknik baru dalam penciptaan soundtrack-nya dengan istilah “riffologi”. Dengan teknik ini, permainan Ballblazer yang diproduksi oleh Lucasfilm pada tahun 1984 dapat memproduksi melodi secara mandiri sehingga pemain dapat menikmati musik yang berbeda-beda setiap permainan dimainkan.

5. Vib-Ribbon, game pertama yang lagunya bisa dipilih sesuka hati pemain

www.youtube.com

Temen-temen mungkin ada yang udah akrab dengan video game yang mode permainannya berbentuk rhythm video game, yakni permainan yang mengharuskan pemainnya menekan tombol sesuai dengan tempo yang sudah ditentukan oleh permainan. Kalau sekarang sih yang populernya mungkin permainan Guitar Hero yang pernah dirilis oleh Sony di seri Playstation 2. Meskipun hingga kini sudah banyak sekali permainan dengan mode permainan seperti ini, video game pertama dengan mode rhythm video game yang memberikan kebebasan pada pemainnya untuk memilih lagu yang akan dimainkan adalah Vib-Ribbon, game dengan tampilan sederhana yang diproduksi oleh Sony pada tahun 1999. Dengan teknologi khusus yang menyertai permainan ini, pemain bisa memilih lagu dari CD player yang terhubung dengan PC sehingga lagu yang bakalan kamu mainkan ketepatan nadanya tuh lagu yang ada di koleksi kamu lho!

6. Urban Legend dari musik latar “Lavender Town” dalam Pokemon Red dan Pokemon Blue

www.youtube.com

Mungkin temen-temen ada yang pernah baca informasi tentang mitos “Lavender Town” ini dari berbagai platform informasi yang tersebar di media sosial. Soalnya, mitos yang melibatkan game Pokemon Red dan Blue ini memang pernah kontroversial dan menjadi buah bibir di kalangan pecinta permainan di berbagai belahan dunia lho. Pasalnya, video game Pokemon yang sempet menjadi fenomena global di generasi 90-an ini dianggap telah bertanggungjawab secara tidak langsung atas berbagai peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh beberapa anak-anak sesaat setelah mereka mendengar soundtrack atau theme song dari kota Lavender, salah satu kota yang bisa dikunjungi oleh gamers dalam permainan Pokemon Red atau Pokemon Blue yang dirilis oleh Nintendo. Menurut kabar yang beredar, saat pemain memasuki kota Lavender, pemain akan disuguhi oleh nada berfrekuensi tinggi yang katanya hanya bisa diakses secara maksimal oleh anak-anak saja. Nada dengan frekuensi tinggi itulah yang diisukan telah membuat gangguan psikologis pada anak sehingga memicu adanya keinginan untuk bunuh diri.

7. Komposer VGM pertama telah meninggal dunia 136 tahun sebelum video game dirilis!

www.youtube.com

Di awal perkembangannya, musik video game tuh dibuat oleh para engineer yang bertugas sebagai satuan kerja dalam developer video game. Pada tahun 1975, perusahaan game Taito mengeluarkan permaianan arcade shooter pertama yang menggunakan mode human-to-human combat berjudul Gun Fight. Pada permainan inilah komposisi musik dari pianis klasik bernama Frédéric Chopin digunakan dan sekaligus menjadi komposer musik pertama untuk soundtrack video game. Uniknya, musisi Polandia yang meninggal dunia pada tahun 1849 ini baru resmi namanya menjadi komposer VGM setelah 136 tahun kematiannya, tepatnya pada tahun 1975, tahun perilisan permainan Gun Fight yang dinamai Western Gun di belahan Eropa dan Jepang. Setelah itulah, musik permainan video baru benar-benar dilakukan secara serius penggarapannya dan melibatkan orang-orang yang memang memiliki keahlian di bidang musik.

Kebanyakan dari kita mungkin biasanya tidak pernah begitu memberi perhatian khusus kepada trek suara sebagai pengiring permainan video yang kita mainkan. Pada kenyataannya, seringkali terdapat hal-hal unik di balik pembuatan musiknya, seperti yang bisa kamu lihat di atas. Contohnya kayak mitos Lavender Town-nya Pokemon Red dan Pokemon Blue tuh, musik aja bisa bikin bunuh diri!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
1
SHARES
Inilah 10 Artis Cantik yang Sering Main FTV, Bikin Adem Jiwa dan Raga!

Inilah 10 Artis Cantik yang Sering Main FTV, Bikin Adem Jiwa dan Raga!

Hati-hati! Fakta-fakta Ilmu Sains Ini Bisa Bikin Kaget Sekaligus Sedih!

Hati-hati! Fakta-fakta Ilmu Sains Ini Bisa Bikin Kaget Sekaligus Sedih!

Wow! Siapa Sangka 7 Perusahaan Raksasa Ini Berawal dari Garasi Rumah

Wow! Siapa Sangka 7 Perusahaan Raksasa Ini Berawal dari Garasi Rumah

Kamu Takut Reptil? Lihat Dulu 7 Foto Reptil yang Menggemaskan Ini!

Kamu Takut Reptil? Lihat Dulu 7 Foto Reptil yang Menggemaskan Ini!

Foto-foto Hewan yang Kayak Orang Mabok Ini Bikin Makin Skuyyyy!

Foto-foto Hewan yang Kayak Orang Mabok Ini Bikin Makin Skuyyyy!

10 Foto Ini Nunjukin Kalau Teknologi Kecantikan Zaman Dulu Tuh Ternyata Serem!

10 Foto Ini Nunjukin Kalau Teknologi Kecantikan Zaman Dulu Tuh Ternyata Serem!

loading