Kenapa Sih Orang Indonesia Suka Ngikutin Gosip Selebriti? Ternyata Ini Alasannya

www.serumpi.com
Line Yukepo.com

Udah bukan rahasia lagi kalau dunia entertainment itu menjadi salah satu bahan gosipan paling top kita semua, warga NKRI. Dari mulai remaja, ibu-ibu, hingga kakek nenek pun tertarik untuk menyelami dunia selebriti melalui gossip-gosip yang beredar. Nggak hanya itu, kita pun jadi sering mengikuti berita-berita perkembangan si seleb melalui program infotainment, di sosial media, ataupun website gosip populer.

Padahal, kalau dipikir-pikir apa ya keuntungan mengikuti gosip selebriti? Toh, kita nggak mengenal secara langsung sosok selebriti tersebut. Tapi, kenapa banyak orang Indonesia yang kayaknya nggak sah kalau satu hari aja nggak ngegosipin selebriti?

www.forbes.com

Di balik fenomena gosip selebriti, ternyata hal ini bisa banget dijelaskan secara ilmiah melalui penelitian-penelitian mengenai perilaku manusia. Bidang studi yang mendalami fenomena ini adalah psikologi sosial, di mana ilmu ini melihat bagaimana manusia secara alamiah tertarik pada gosip-gosip selebriti. Faktanya, kita adalah makhluk sosial yang setiap harinya berinteraksi dengan orang lain dalam rangka bersosialisasi.

Kebutuhan kita terhadap sosialiasi itu penting untuk dipenuhi, sehingga kalau sehari aja kamu nggak bersosialisasi dengan orang lain baik secara langsung maupun melalui dunia maya, kamu akan cenderung stres.

www.vemale.com

Masalahnya, ketika bersosialisasi kita membutuhkan koneksi dan kesamaan secara umum biar ngobrolnya nyambung. Nggak semua dari kita mudah terkoneksi satu sama lain, dan nggak banyak juga yang memiliki kesamaan umum yang sama dengan kita. Misalnya nih, kamu memiliki ketertarikan dengan music jazz, tapi nggak semua orang suka musik jazz sehingga nggak semua orang bisa kamu ajak ngobrol tentang musik jazz.

Di sisi lain, kita hidup di berbagai lingkarang pertemanan yang berbeda-beda. Kamu nggak bisa seenaknya ngegosipin tetangga sebelah rumah kamu ke teman kantor kamu karena mereka nggak saling mengenal, sehingga teman kamu nggak mendapatkan gambaran seperti apa sih tetangga kamu itu. Lalu, satu-satunya cara agar bisa ‘nyambung’ dengan banyak orang adalah ngegosipin public figure yang dianggap sebagai sosok yang ‘semua orang kenal’. Entah itu selebriti, politikus, atau public figure yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.

www.getscoop.com

Selain kebutuhan akan sosialisasi, kita juga rutin mengonsumsi gosip selebriti karena kita sering terpapar hal-hal yang terlihat berbeda banget dengan kehidupan kita. Ketika kita membaca atau menonton tayangan gosip selebriti, ada rasa penasaran yang muncul untuk mengulik lebih jauh mengenai kehidupannya. Rasa penasaran itu wajar muncul, karena manusia alaminya senang dengan hal-hal yang terlihat sempurna atau yang terlihat sangat buruk. Sebagai contoh, kita senang menelusuri gosip-gosip kekayaan dan kemewahan gaya hidup selebriti papan atas karena menurut kita kehidupannya sempurna banget.

Di sisi lain, kita juga senang mengulik kisah selebriti yang hidupnya berantakan akibat perceraian. Kita menjadikan itu konsumsi sehari-hari, karena kita butuh itu. Mengapa kita butuh hal demikian? Sebab, mengetahui apa yang ada di balik kisah hidup orang populer itu menyenangkan, apalagi ketika kita tahu bahwa apa yang ditampilkan para public figure di depan umum itu nggak sesempurna kehidupan aslinya. Namanya juga manusia kan nobody’s perfect.

Nah, jadi udah tahu kan kenapa kita senang banget ngikutin gosip-gosip selebriti? Ternyata emang naluri manusia, terutama orang Indonesia yang emang senang bersosialisasi. Ketika bersosialisasi tanpa ngomongin selebriti kayaknya ada yang kurang ya? Selain itu, kita juga diberkahi rasa penasaran yang luar biasa tentang seseorang yang populer.

Nggak salah lagi, inilah mengapa kita senang mencari tahu kehidupan selebriti. Ya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan kita akan rasa penasaran dan bersosialisasi. Tapi jangan terus-terusan menghabiskan waktumu hanya untuk mengulik tentang kehidupan selebriti ya. Masih banyak hal seru lain yang bisa diobrolin ketika bersosialisasi kok.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
24
SHARES
Inilah Asal-usul Nama Julukan Negara-negara di Dunia yang Belum Kamu Tahu

Inilah Asal-usul Nama Julukan Negara-negara di Dunia yang Belum Kamu Tahu

10 Meme Corat-coret Seragam SMA Ini Bikin Ketawa Sekaligus Bikin Miris

10 Meme Corat-coret Seragam SMA Ini Bikin Ketawa Sekaligus Bikin Miris

Jangan Keliru! 9 Isyarat Tangan Berikut Punya Arti yang Berbeda di Tiap Negara

Jangan Keliru! 9 Isyarat Tangan Berikut Punya Arti yang Berbeda di Tiap Negara

9 Ekspresi Kocak Anak SD Saat Disuntik, dari yang Datar Sampai Menjerit Ketakutan

9 Ekspresi Kocak Anak SD Saat Disuntik, dari yang Datar Sampai Menjerit Ketakutan

7 Cara Balas Dendam Positif Ini Ampuh Bikin Kamu Keren Pasca Diremehkan Orang

7 Cara Balas Dendam Positif Ini Ampuh Bikin Kamu Keren Pasca Diremehkan Orang

Hati-hati Menilai, Inilah Perbedaan Orang yang Sombong dengan Orang Percaya Diri

Hati-hati Menilai, Inilah Perbedaan Orang yang Sombong dengan Orang Percaya Diri

loading