Kenapa Sih Kita Lebih Suka Mendengarkan Lagu Sedih Ketika Lagi Sedih? Ini Alasannya

www.huffingtonpost.com
Line Yukepo.com

Setiap orang pasti pernah patah hati. Nggak bisa dipungkiri kalau lagi patah hati atau berkabung, kita lebih senang menyendiri dan mendengarkan musik. Seolah hanya musik yang bisa memahami perasaan yang porak-poranda kala itu. Bahkan memang ada lho penelitian yang membuktikan bahwa manusia cenderung mendengarkan musik dengan nada mellow dan lirik yang sedih ketika merasa sedih atau patah hati. Kalau nurutin logika sih, harusnya kita mendengarkan lagu-lagu yang bertemakan bahagia atau bernada upbeat biar semangat nggak sedih-sedih lagi kan? Tapi kenapa ya kita lebih suka mendengarkan lagu sedih dan membiarkan diri tenggelam dalam kebaperan ketika lagi sedih?

1075koolfm.com

Alasan yang pertama adalah karena manusia merasa sangat terkoneksi ketika mendengarkan lagu-lagu sedih. Kamu merasa emosi yang diekspresikan oleh lagu tersebut sesuai dengan perasaan kamu saat sedih. Ditambah dengan lirik-lirik yang ‘gue banget’ dan alunan nada yang mellow. Rasa nelangsa dalam hati kayaknya udah tercurahkan semua pada lirik lagu tersebut. Dengan merasa terkoneksi tersebut, kamu pun jadi lebih mengenal perasaan dan emosimu saat itu. Dan ini adalah salah satu langkah awal yang baik untuk memulihkan perasaan sedih.

www.esq.sg

Alasan yang kedua adalah karena biasanya lagu-lagu sedih punya lirik yang memiliki pesan tersendiri. Apalagi kalau lagunya tentang patah hati, putus cinta, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kandasnya hubungan. Seolah-olah lirik tersebut adalah isi hatimu yang ingin kamu sampaikan kepadanya. Makanya, nggak heran kalau kamu cenderung lebih suka mendengarkan lagu sedih karena pesan dalam lirik lagu tersebut adalah kata-kata yang ingin kamu dengarkan atau kalimat-kalimat yang ingin kamu sampaikan ke orang lain tentang isi hati kamu.

sympatia.onet.pl

Alasan yan ketiga adalah karena kebanyakan lagu-lagu sedih itu bagus-bagus. Musiknya yang easy listening, liriknya yang puitis, ditambah suara vokalisnya yang bikin kita mudah mewek itu justru membangkitkan gairah kita untuk tetap bersedih. Kita pun jadi sering memutar ulang lagu-lagu tersebut sampai bosan. Lagu-lagu galau tersebut dipercaya bisa menenangkan hati kita yang gundah gulana dan juga mendistraksi pikiran kita untuk berfokus pada lagu bukan lagi pada pengalaman patah hati kita. Tapi ternyata terlalu berlebihan mendengarkan lagu sedih juga nggak baik sih, takutnya kamu malah susah bangkit lagi.

metrovaartha.com

Nah, alasan yang terakhir adalah karena musik dapat menstimulasi otak sehingga akan memicu ingatan-ingatan tentang pengalaman pahit yang kita rasakan. Mendengarkan lagu-lagu Afgan, Tulus, atau mungkin Sam Smith dan Adele bikin hati siapapun hancur berkeping-keping kayaknya. Di sisi lain juga memunculkan memori-memori indah tentang hubungan kamu di masa lalu. Anehnya, perasaan kayak gini justru lebih disukai oleh kebanyakan orang kan?

Lagu-lagu bermakna dalam dan sedih memang bisa memicu kedukaan yang lebih mendalam. Tapi ajaibnya justru lagu sedih lah yang kita cari ketika kita sedih. Ini menunjukkan bahwa lagu bisa membawa kita larut dalam kesedihan itu sendiri namun juga bisa membuat kita lebih mudah pulih karena perasaan sedih yang pernah kita rasakan udah tercurahkan dan terwakili oleh lagu-lagu tersebut kan? Yang penting jangan sedih-sedih terus ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
40
SHARES
Inilah 7 Kecelakaan Pesawat Paling Tragis yang Pernah Tercatat Sejarah

Inilah 7 Kecelakaan Pesawat Paling Tragis yang Pernah Tercatat Sejarah

Kecanduan Hal-hal Aneh, Kelakuan 10 Orang Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Kecanduan Hal-hal Aneh, Kelakuan 10 Orang Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Bukan Sekadar Rekan Kerja, Bromance Ahok-Djarot Bukti Persahabatan yang Patut Diteladani

Bukan Sekadar Rekan Kerja, Bromance Ahok-Djarot Bukti Persahabatan yang Patut Diteladani

12 Foto Ini Jadi Bukti Kenapa Umur Pria Lebih Pendek Dibanding Wanita

12 Foto Ini Jadi Bukti Kenapa Umur Pria Lebih Pendek Dibanding Wanita

9 Foto Miris Di Balik Pertunjukan Hewan Sirkus yang Menghibur Banyak Orang

9 Foto Miris Di Balik Pertunjukan Hewan Sirkus yang Menghibur Banyak Orang

Produk Baru: Vivo V5s - 20MP Softlight Camera Perfect Selfie Ini Bikin Kamu Kece

Produk Baru: Vivo V5s - 20MP Softlight Camera Perfect Selfie Ini Bikin Kamu Kece

loading