Kenali Tanda-tanda Smartphone Kamu Lagi Disadap Orang Lain!

www.2oceansvibe.com

Sekarang ini, di era semua device terhubung dengan internet, risiko hacking atau penyadapan merupakan hal yang bisa menimpa siapa aja. Mungkin selama ini kamu sering bertanya apa cara paling sederhana untuk mengecek sebuah ponsel jika  sedang disadap atau nggak? Nah, buat kamu yang was-was dan penasaran ternyata ada beberapa cara mudah untuk mengetahui terjadinya penyadapan ponsel. Gimana caranya? Yuk, langsung simak tanda-tandanya di bawah ini.

1. Baterai kamu cepat habis

tomorrowsci.com

Salah satu tanda smartphone sedang disadap adalah menurunnya kinerja baterai. Ketika sebuah smartphone sedang disadap, semua aktivitas pastinya akan direkam, hal ini berarti smartphone-mu akan bekerja terus-menerus sebagai akibatnya tentu aja baterai kamu akan lebih cepat habis. Untuk memastikan apakah smartphone kamu disadap atau nggak, coba pasang bateraimu di smartphone lain dengan model serta software yang sama, kemudian bandingkan hasilnya. Bila hasilnya smartphone kamu ternyata lebih boros, ada kemungkinan smartphone kamu kena sadap.

2. . Terdengar suara-suara aneh

blog.commander.com

Jika kamu suka mendengar suara-suara aneh saat sedang menelpon, bisa jadi suara tersebut berasal dari proses penyadapan.

3. Layar smartphone nyala saat sedang nggak digunain

data.1freewallpapers.com

Layar smartphone-mu suka nyala tiba-tiba? Atau smartphone sering reboot secara tiba-tiba serta mengeluarkan suara aneh seperti ‘bip’ atau ‘klik’? Kemungkinan ada pihak lain yang memiliki akses jarak jauh atas smartphone kamu.

4. Proses shutdown lebih lama dari biasanya

www.imore.com

Saat dimatikan, smartphone akan memulai proses shutdown yaitu ponsel akan menghentikan semua tugas aplikasi yang sedang diproses. Artinya, jika smartphone-mu sedang dsadap, maka smartphone tersebut harus mengerjakan tugas tambahan, yaitu mengirim data dari smartphone-mu ke pihak lain sebelum smartphone benar-benar mati. Nah, kalau smartphone kamu butuh waktu lebih lama dari biasanya saat proses shutdown, kamu patut curiga smartphone-mu sedang mengirim informasi ke pihak lain.

5. Kamu dapat pesan aneh

www.troyhunt.com

Ciri lain kalo smartphone-mu disadap orang, kamu nerima pesan aneh. Pernah gak menerima pesan berisi simbol, nomor atau karakter yang acak? Kalau iya, ini salah satu tanda sedang terjadi penyadapan terhadap smartphone kamu. Beberapa program remote control biasanya bekerja dengan cara mengirimkan pesan teks yang tersandi secara rahasia ke smartphone kamu. Nah, dalam beberapa kasus, pesan tadi malah muncul karena programnya nggak berjalan dengan benar atau gagal.

6. Baterai smartphone cepat panas

www.apfelkiste.ch

Selain kinerja baterai yang menurun, penyadapan juga bisa menyebabkan baterai smartphone-mu cepat panas bahkan saat nggak digunakan. Hal ini terjadi karena baterai harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengirim data ke pihak lain.

7. Paket data kamu jadi boros

2.bp.blogspot.com

Untuk mencuri informasi dari smartphone-mu biasanya beberapa aplikasi penyadapan menggunakan paket data tambahan untuk mengirim informasi tadi ke pihak lain. Coba deh, periksa apakah ada peningkatan atau penggunaan data yang nggak wajar dari kuota data internet bulananmu. Kalau penggunaan datamu melonjak dari biasanya ada kemungkinan smartphone-mu sedang dibajak. Tapi belakangan ini ada lho perangkat lunak mata-mata yang menggunakan sedikit data sehingga hampir mustahil untuk menemukan celahnya (ngeri yaa).

Nah, itulah 7 tanda sederhana adanya penyadapan pada smartphone kamu. Untuk menjaga kemanan data dan privasi kamu sebaiknya hindari menyimpan data-data penting dan bersifat pribadi di dalam smartphone kamu, selain itu kamu juga harus terus waspada dan hati-hati karena bisa jadi ada orang yang sedang mengintai smartphone yang kamu pakai.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
1
SHARES
Ini Dia Meme Plesetan Nama Para Artis yang Kocak Abis!

Ini Dia Meme Plesetan Nama Para Artis yang Kocak Abis!

Poster-poster Rokok Ini Nyentrik Banget dan Bikin Kamu Pingin Berhenti Ngerokok!

Poster-poster Rokok Ini Nyentrik Banget dan Bikin Kamu Pingin Berhenti Ngerokok!

Ini Dia 7 Foto Wajah Artis Indonesia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

Ini Dia 7 Foto Wajah Artis Indonesia Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik!

Kumpulan Foto Ini Bakal Bikin Kamu Melihat Sesuatu yang Beda!

Kumpulan Foto Ini Bakal Bikin Kamu Melihat Sesuatu yang Beda!

Ini Nih 7 Foto Es Krim dengan Rasa Paling Ekstrim! Mau?

Ini Nih 7 Foto Es Krim dengan Rasa Paling Ekstrim! Mau?

7 Kicauan Lama Artis yang Bakal Bikin Kamu Ketawa Geli

7 Kicauan Lama Artis yang Bakal Bikin Kamu Ketawa Geli

loading