Kenali Tanda-tanda Depresi yang Bisa dengan Mudah Menyerang Kamu!

www.vexels.com
Line Yukepo.com

Dewasa ini, depresi bisa menyerang siapa saja. Kamu yang masih muda pun mudah saja terserang gangguan mental satu ini. Depresi itu ada tingkatannya lho dan di setiap tingkatannya memiliki ciri yang pasti berbeda. Biasanya tingkatan paling berat itu, bisa membuat seseorang ingin bunuh diri. Nah, belum lama ini ada kabar bahwa salah seorang dosen muda di ITB ditemukan tewas di sebuah waduk. Kabar menyedihkannya, dosen muda ini tewas karena bunuh diri. Banyak berita yang mengabarkan bahwa bunuh dirinya dosen muda ITB ini karena depresi yang dialaminya.

Nah kan, serem yah depresi itu. Makanya, kamu harus bisa menjaga kesehatan mental kamu nih. Apalagi yang masih muda, harus banget mengenali depresi itu seperti apa. Nah, YuKepo mau sedikit membagi informasi mengenai tanda-tanda depresi ringan yang kemungkinan ada lho di setiap manusia. Kamu harus banget tau tentang hal ini. Kenapa? Kalau kamu mengalami tanda-tanda berikut ini, kamu harus segera mengantisipasinya agar tidak berlanjut ke depresi sedang maupun berat. Jadi, langsung aja yuk kepoin apa aja tanda-tandanya.

1. Mudah banget marah dan emosi

coveteur.com

Di dalam benak orang yang depresi, banyak sekali hal yang dipikirkan, perasaan yang tertekan. Oleh karena itu, pikirannya sendirilah yang membuat orang yang depresi mudah emosi dan mudah marah juga. Jadi, penyebab dari depresi ini salah satunya karena dari pikiran orang itu sendiri dan kebanyakan dari pikirannya itu adalah hal yang buruk dalam dirinya. Makanya, mencuatlah menjadi orang yang mudah marah dan mudah emosi. Harus kamu hindarin banget nih, karena mudah marah dan emosi ini jatuhnya jadi kayak baperan alias bawa perasaan. Jadi, buat di kehidupan sosial kamu jadi membuat orang kurang nyaman sama kamu. Hindarin yah!

2. Pola makan dan pola tidur yang berubah drastis

www.amadojo.net

Nah ini juga nih, harus kamu perhatikan kalau tubuh kamu tiba-tiba mengalami pola makan dan pola tidur yang berubah. Misalnya, biasanya kamu makan sehari 3 kali, eh karena lagi banyak pikiran kamu makan cuma satu kali dalam sehari. Atau, pola tidur kamu yang berubah. Misalnya, biasanya orang malam hari tidur, eh kamu malem-malem malah mikirin masalah kamu. Duh, mending kamu hindarin deh. Karena, hal itu merupakan tanda kalau kamu mulai terkena depresi ringan. Walaupun masih ringan, tetep aja berbahaya. Jadi usahakan kalau lagi ada masalah pola makan dan tidur jangan sampai berubah. Sikapi masalah kamu dengan bijaksana dan tidak merusak tubuh.

3. Gak ada ketertarikan lagi sama hobinya

nccih.nih.gov

Namanya juga punya masalah, pasti hobi yang selama ini bikin bahagia bisa menjadi hal yang tidak menarik lagi. Nah, hal ini juga gak boleh kamu diemin di tubuh kamu. Kenapa? Karena ketidaktertarikan pada hobi yang biasanya buat kamu bahagia ini tanda dari depresi ringan. Kalau kamu udah gak tertarik lagi sama hobi kamu, berarti kamu gak mau bahagia dong. Ih, masa iya kamu menolak bahagia? Menolak lupa jangan menolak bahagia. Hindarin deh! Kalau kamu mulai gak tertarik sama hobi kamu karena dirundung sebuah masalah, mending kamu coba buat nyari hobi baru yang bisa mengunggah selera kebahagiaan kamu lagi. Biar gak terserang depresi akut!

4. Menarik diri dari orang lain

www.whatibeproject.com

Tanda yang satu ini nih sebenernya yang paling serem. Kenapa? Karena, tanda depresi yang satu ini buat kamu menarik diri dari orang lain. Maksud dari menarik diri tuh, kamu jadi lebih suka menyendiri, males bersosialisasi, gak mau ketemu orang-orang, dan diem aja di kamar. Duh bahaya banget! Karena dalam keadaan kalut dan bermasalah, kalau kamu sendirian itu bisa membuat depresi yang semakin parah. Kamu harus tetap bersosialisasi dengan teman-teman kamu, dan ceritakanlah masalah kamu ke sahabat-sahabat kamu. Walaupun kebanyakan sahabat kamu hanya bisa bilang “Sabar”, tapi setidaknya dengan cerita bisa meringankan beban masalah kamu lho. Percaya deh sama Tuhan!

5. Perasaannya mulai mengganggu aktivitas sehari-hari

www.linkedin.com

Namanya juga perasaan, udah paling sulit deh dibahas. Nah, kalau perasaan mulai bermasalah bisa berdampak buruk yang menyebabkan depresi. Ini nih yang wajib dihindarin. Perasaan adalah hal yang paling sensitif, dari pihak perempuan maupun pria. Makanya, jika perasaan sudah mulai keganggu kedamaiannya, biasanya turut mengganggu sistem yang lainnya. Salah satunya yah aktivitas sehari-hari kamu. Oleh karena itu, hindarin deh hal-hal yang mulai mengganggu perasaan. Karena dampaknya buruk banget kalau berkelanjutan.

6. Lebih sering murung dan sedih

coveteur.com

Namanya juga sedang banyak masalah, pasti bawaannya sedih dan murung. Bahkan jadi banyakan merenung daripada beraktivitas. Eits, hati-hati itu tanda depresi lho. Kalau kebanyakan murung dan sedihnya, kamu bisa terjangkit gangguan jiwa depresi. Emang mau depresinya berkelanjutan? Hindarin deh yah.

7. Mudah cemas

www.marieclaire.com

Ternyata seseorang yang mudah cemas dan berlebihan dalam kecemasannya itu merupakan tanda depresi lho. Jadi, cemas yang dirasakan itu disebabkan oleh Hormone Norepinephrine yang bikin seorang manusia yang lagi depresi selalu terjaga dan fokus sama masalahnya. Nah, justru terlalu fokus dengan masalah yang dialaminya itu yang membuat seorang jadi mudah cemas dan jadinya depresi. Kamu harus punya cara nih buat menghindari cemas yang berlebihan. Karena, dampaknya besar banget buat diri kamu.

Gak bisa dihindarin, depresi itu bisa menyerang siapa saja. Kamu yang sedang dirundung masalah, pasti bisa aja ada 5 tanda depresi di atas. Makanya, hindarin deh masalah yang dipikirin terlalu berlebihan. Selesaikan dengan bijaksana dan atasi dengan bijaksana pula. Gak mau dong, masalah yang sedang menghampiri kamu bisa merusak sistem kejiwaan kamu? Makanya, hindarin deh sejak dini. Agar tanda-tanda depresi ini tidak menjangkit di tubuh kamu. Kalau didiemin bisa menjadi besar. Eits, tapi bukan berarti kabur dari masalah yah, tapi sikapi masalah yang sedang datang ke kamu dengan bijaksana. Ngerti lah yah pasti, bijaksana tuh kayak gimana? 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
51
SHARES
9 Meme Kocak Patung Singa Bermuka Kaget Ini Bikin Ngakak

9 Meme Kocak Patung Singa Bermuka Kaget Ini Bikin Ngakak

Harusnya Kamu Udah Nikah Kalau Dulu Sempat Nonton Iklan Jadul Ini

Harusnya Kamu Udah Nikah Kalau Dulu Sempat Nonton Iklan Jadul Ini

Inilah Sisi Lain Kehidupan Korea Utara yang Tidak Banyak Orang Tau

Inilah Sisi Lain Kehidupan Korea Utara yang Tidak Banyak Orang Tau

12 Busana Pernikahan dari Berbagai Negara Ini Bakal Bikin Kamu Kebelet Nikah

12 Busana Pernikahan dari Berbagai Negara Ini Bakal Bikin Kamu Kebelet Nikah

Joyce, Sopir Uber Cantik yang Bikin Heboh Netizen di Media Sosial

Joyce, Sopir Uber Cantik yang Bikin Heboh Netizen di Media Sosial

Kacau! Begini Kocaknya Saat Cowok Meniru Pose Foto Cewek

Kacau! Begini Kocaknya Saat Cowok Meniru Pose Foto Cewek

loading