Kangen Nggak Sih Dengan 5 Aplikasi Chat Jadul yang Pernah Mewarnai Hari-harimu Ini?

jalantikus.com
Line YuKepo.com

Ketika masih remaja dulu (hati-hati, ini jebakan umur!), yang namanya baru kenal sosial media dan chatting mungkin jadi sesuatu yang hype banget ya? Dulu sih masih ada Friendster atau MySpace sebagai sosial media hits, lalu juga ada aplikasi chat jadul yang juga sama-sama booming kala itu. Kita nggak hanya berteman dengan teman-teman satu sekolah atau satu RT, tapi kita bisa punya jaringan teman yang luas meski padahal nggak pernah kita temui. Melalui dunia maya dengan ngobrol di aplikasi chat di bawah inilah dulu hari-harimu jadi berwarna.

1. mIRC

pramukaria.blogspot.co.id

Siapa nih yang masih ingat dengan aplikasi chat satu ini? Yap, MIRC merupakan salah satu program komputer yang menampilkan percakapan yang realtime. Tampilan aplikasi ini sederhana banget, bahkan bisa dibilang amat sangat basic karena user hanya bisa bercakap-cakap melalui tulisan. Kalau pun ada yang ’memeriahkan’ palingan hanya warna-warna yang itu juga default. Para pengguna aplikasi ini bisa bercakap-cakap secara personal maupun bergabung dalam grup. Ada pula pengguna yang dikategorikan dalam grup yang biasanya per daerah gitu. Ngaku deh, di aplikasi chat ini lah kita semua pernah menjadi alay alias mengetik dengan huruf yang besar kecil dan username yang menggemaskan. MIRC juga biasanya jadi tahap awal untuk minta username akun Friendster, kan?

2. Yahoo! Messenger

apptekno.com

Kangen nggak sih sama aplikasi chat yang dulu pernah hits ini? Yahoo! Messenger (YM) merupakan produk digital dari perusahaan Yahoo! Aplikasi ini pun disinyalir sebagai aplikasi chat pertama yang menyediakan emoticon sebagai bentuk ekspresi saat ngobrol via online. Ym juga dilengkapi dengan status dan yang paling seru sih fitur audible yaitu semacam emoticon sticker yang bisa bersuara. Chatting pun jadi seru banget kan? Kalau udah berteman via YM biasanya juga otomatis jadi kontak e-mail. Jangan lupa juga fitur BUZZ!!! yang bergetar dan kadang suka ngagetin! Kalau punya pacar yang posesif, mungkin isi chat-nya BUZZ!!! semua kali ya??

3. Ebuddy

www.cariapa.web.id

Nah, kalau aplikasi chat yang ini sih kayaknya wajib ada di HP anak muda tahun 2006-2009 nih. Ebuddy sebenarnya lebih ke aplikasi chat yang menghubungkan ke aplikasi chat lainnya. Jadi dengan kata lain, dengan menggunakan ebuddy, kamu udah bisa chat melalui YM, Windows Live, dan lainnya. Di ebuddy juga ada tab yang memudahkan pengguna beralih dari satu chat ke chat lainnya. Dengan kemudahan kayak gini, nggak jarang anak remaja dulu nggak berhenti online, padahal jaringan internet kala itu masih GPRS lho. Aplikasi chat yang realtime ini pastilah bikin kamu lebih gampang kalau mau ngajakin teman ke warnet.

4. Windows Live Messenger

msn-messenger.id.softonic.com

Merupakan produk digital dari MSN. Serupa dengan YM, Windows Live Messenger memfasilitasi kita untuk berhubungan dengan orang lain melalui kontak di e-mail. Sebenarnya Windows Live Messenger ini udah agak modern ya. Tapi penggunanya nggak sebanyak aplikasi chat lain. Karena udah cukup canggih, kamu pun bisa berikirim foto dan juga mengganti avatar akun kamu. Bahkan bisa saling menelpon video call juga dengan kualitas yang lebih jernih dibandingkan dengan YM. Meskipun tampilannya sederhana banget dan kelihatan untuk orang-orang di kalangan bisnis, tapi Windows Live Messenger cukup cepat dalam mengirim dan menerima chat.

5. Nimbuzz

blogqpot.com

Ada yang masih ingat Nimbuzz? Aplikasi chat dengan tema warna oranye ini mungkin sempat mewarnai hari-hari kamu zaman masih puber dan labil. Punya akun Nimbuzz seolah artinya kamu setingkat lebih gaul di kalangan anak SMP-SMA biasanya. Nggak jarang Nimbuzz juga digunakan sebagai ajang perkenalan dengan temannya teman, atau orang yang baru kamu add di akun sosial media seperti Facebook. Meskipun aplikasi ini adalah aplikasi untuk HP dan komputer, tapi kayaknya emang lebih enakan kalau menggunakannya pakai HP. Fiturnya juga banyak banget, mulai dari status sampai Buzz!!! juga, lho. Duh jadi kangen kan ngobrol-ngobrol pakai Nimbuzz.

Nostalgia dengan aplikasi chat-chat di atas kayaknya seru juga ya. Ada beberapa aplikasi yang masih ada sampai sekarang dan terus diperbaharui meski nggak lagi populer dan banyak dipakai. Semua aplikasi chat tesebut telah tergantikan dengan aplikasi chat lain yang lebih simple atau aplikasi chat dengan fitur yang kompleks. Selain itu, aplikasi sosial media saat ini banyak yang telah menyediakan fitur chatting. Wish we can turn the time, to the good old days!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
35
SHARES
Selain Memiliki Dua Belas Zona Waktu, Inilah 7 Fakta Unik Negara Perancis Lainnya

Selain Memiliki Dua Belas Zona Waktu, Inilah 7 Fakta Unik Negara Perancis Lainnya

Gara-gara Perubahan Iklim, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Langka Dalam Waktu Dekat Lho

Gara-gara Perubahan Iklim, 7 Makanan Ini Bisa Jadi Langka Dalam Waktu Dekat Lho

Inilah Perbedaan Amnesia Dalam Film dan Sinetron Vs Amnesia Pada Kenyataanya

Inilah Perbedaan Amnesia Dalam Film dan Sinetron Vs Amnesia Pada Kenyataanya

Para Pramugari Tercantik dari Berbagai Maskapai Dunia Ini Siap Bikin Kamu Jetlag

Para Pramugari Tercantik dari Berbagai Maskapai Dunia Ini Siap Bikin Kamu Jetlag

Pria yang Nikahi Sahabat Kecilnya Ini Buktikan Cinta Bisa Hadir dari Masa Lalu

Pria yang Nikahi Sahabat Kecilnya Ini Buktikan Cinta Bisa Hadir dari Masa Lalu

10 Modifikasi Kreatif Pada Mobil Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

10 Modifikasi Kreatif Pada Mobil Ini Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

loading