Kamu Mau Tetep Kaya Sampai Akhir Bulan? Nih 8 Cara Untuk Mengatur Uang

techdissected.com

Asik awal bulan! Biasanya kalo udah awal bulan terus udah dapet transferan dari bos atau orang tua rasanya udah kayak... jerawat kamu pecah! Tenang dah nyaman banget dah tuh muka, berasa cakep banget dah. Tapi nih ya, masalah yang sering dialami sama kamu itu gak bisa yang namanya nyimpen uang. Pasti suka abis diawal karena berasa jadi milyarder kan, foya-foya gitu, bayarin gebetan sana sini. Nanti aja pas udah mendekati tengah bulan... panik! Terus kalo akhir bulan... pura-pura mati! Hahaha. Tapi tenang, ini ada tips buat kamu, biar kamu bisa bertahan hidup sampe dapet transferan lagi.

1. Belanja sesuai kebutuhan kamu

i.huffpost.com

Jangan kalo udah dapet transferan kamu langsung ke swalayan terus belanja sana sini. Tipsnya, kamu harus perhatiin kuantitas barang yang kamu beli. Cukup gak kira-kira sampe satu bulan kedepan? Jangan beli lagi kalo emang masih banyak sisa dari barang bulan kemarin. Keseringan ke swalayan di awal bulan itu kadang bikin kamu lupa diri. Keseringan ke swalayan juga bisa bikin kamu baper. Soalnya kan disapa mulu tuh sama karyawannya! Hahaha. 

2. Pisahin mana yang dibutuhkan, mana yang diinginkan

www.helpingwritersbecomeauthors.com

Needs and Wants! Kebutuhan dan keingianan, dua hal ini beda-beda tipis lho kalo udah di awal bulan. Yang kamu liat waktu awal bulan, keinginan itu udah kayak kebutuhan yang mendesak! Padahal nih kalo diliat-liat, sebenernya itu cuma BM (banyak mau) doang! Caranya, biar kamu bisa tau mana kebutuhan dan keinginan itu adalah dengan ngebuat skala prioritas. Demi keselamatan dompet dan hidup kamu. 

3. Jangan bosen cari harga yang termurah

media.myaccountgo.com

Biasanya, buat kamu yang cewek cukup mudah mengetahui ditoko mana yang harganya lebih murah. Keahlian cewek itu kan bisa seharian survei untuk cari toko dengan harga termurah, walaupun beda seribu rupiah doang. Pilih juga barang-barang dengan cermat. Kalau transferan pas-pasan, jangan gaya beli shampo yang branded! Semua manfaat shampo sama kok, sama-sama ngebersihin rambut kamu. Gak semua yang gak branded itu jelek kok. Boleh beli yang mahal, tapi kalo akhir bulannya sengsara jangan ngedumel yah! 

4. Tentuin kapan kamu narik uang di ATM

4.bp.blogspot.com

Kadang suka berpikir kan "gak mau ada uang cash ah di dompet, mending kalo butuh uang ke ATM aja langsung tarik tunai". Sebenernya ini adalah salah satu alasan kamu boros. Kalo kamu sering ambil uang ke ATM, bisa-bisa terjadi pengambilan yang terkontrol. Kan gak bisa di ATM ambil 10 ribu, 2 ribuan atau pecahan kecil lainnya. Paling-paling 20 ribu, 50 ribu atau bisa jadi cuma ada pecahan yang 100 ribu. Yang tadinya cuma butuh 30 ribu buat bayar bensin, malah ambil lebih. Lama-lama ya abis deh isi saldonya. Intinya, pastiin kamu harus ke ATM itu hari apa aja. Dan gunain deh uang kamu dengan baik!

5. Kamu harus hemat internet dan kuota ya

philip.greenspun.com

Masalah pemborosan jaman sekarang itu adalah di kuota atau internet! Sehari gak ada internet aja rasanya udah kayak ANSOS banget. Udah gak up to date gimana gitu. Apesnya juga kalo gak ada kuota atau internet itu, bisa diomelin gebetan karena gak ada kabar. Tips untuk keadaan kayak gini itu kamu bisa manfaatin wifi gratis di cafe atau tempat yang ada wifi gratisnya. Kalo gebetan nanya kenapa gak bales chat dia, bilang kalo handphone kamu abis batre, jangan bilang irit kuota. Nanti malah dikira pelit! 

6. Jangan tergoda sama diskon di awal bulan

blogs-images.forbes.com

Ini hal yang susah banget kamu hindari kalo udah diawal bulan, mau kamu yang cewek atau cowok. Liat sale dikit aja udah langsung masuk ke toko tanpa banyak mikir! Hmmm, walaupun susah tapi kamu harus bisa melawan ini semua. Gimana sih caranya? Nih yah, kamu bikin mindset kalo barang sale itu adalah barang lama yang harganya udah dinaikin dulu baru di kasih harga sale. Rugi kan? Coba kamu tabung aja uangnya, nanti kalo emang ada lebihan baru kamu cari barang yang serupa. Dari pada bela-belain beli, tapi akhir bulan malah gak bisa makan? 

7. Hati-hati sama pengeluaran kecil

thenypost.files.wordpress.com

"Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit". Cocok nih buat kasus yang satu ini. Kadang itu gak kerasa kan kamu ngeluarin uang, walaupun cuma seribu dua ribu rupiah? Kayak kamu jajan-jajanan murah, bayar toilet umur, bayar parkir, atau beli gorengan. Malah, kalo kamu beli barang dengan harga yang murah malah bisa bikin kamu boros, dan gak segan untuk ngeluarinnya. Kalo sering lama-lama bisa aja sampe 100 ribu! Kamu harus punya kalkulasi sehari itu kamu boleh jajan berapa. Dengan adanya itu dan skala prioritas, kamu bisa bertahan hidup kok sampe akhir bulan! Hahaha.

 

8. Kamu bisa cari kerjaan sampingan

asianworldnews.co.uk

Nih, kalo dirasa penghasilan kamu itu cukup memprihatinkan dan gak cukup sama apa yang kamu harus keluarkan. Kamu bisa mulai mencari pekerjaan sampingan. Jangan cuma berharap dari satu kerjaan aja atau berharap transferan dari orang tua. Bisa kerja di Sabtu dan Minggu, walaupun hasilnya gak seberapa ya cukuplah buat jajan-jajanin gebetan. Hihihi... 

Sekarang udah pasti kamu bisa mengehemat uang sampe akhir bulan! Gak ada deh sekarang yang namanya nangis kalo liat dompet di akhir bulan... Hihihi.

0%
Marah
0%
Gemes
100%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
1
SHARES
loading