Jangan Kaget! Ternyata Ada Negara-negara yang Lebih Panas dari Indonesia!

Beritagar.id

Setiap negara memiliki suhu yang berbeda-beda. Ada negara yang memiliki suhu tropis, dingin, adem ayem, sampai panas gersang. Indonesia sendiri beriklim tropis dengan garis khatulistiwa yang melintang tepat di tengah pulau Kalimantan menjadikan Indonesia hanya mengenal 2 musim, yaitu musim duren sama musim kawin. Enggaklah, ya.. tapi musim hujan dan musim kemarau. Mungkin selama ini kamu mengira bahwa hanya Indonesialah tempat yang paling panas bin gerah di bumi ini, apalagi untuk yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bekasi (eh, kota besar bukan yah?). Eit.. tapi jangan salah, Indonesia sih gak ada apa-apanya kalo dibandingin sama 7 negara dengan suhu terpanas berikut ini. 

1. Mali, Afrika Utara

Wikipedia.com

Mali (ga pake Tongtong) adalah sebuah negara antara Nigeria dan Mauritania, kalo dari Kampung Rambutan naik angkot merah 04. Eh, salah. Hehe. Ada 15 juta jiwa yang tinggal di negara ini, jauh memang kalo dibandingin jumlah penduduk di Indonesia. Suhu di Mali termasuk kategori negara terpanas di dunia dengan suhu mencapai 54 Derajat Celcius. Jualan kipas angin sama teh gelas laku kayaknya di sana.

2. Al'aziziah, Libya

www.patrika.com

Perlu kamu tahu, pada waktu tertentu, kota kecil yang terletak di barat daya Libya ini pernah mencapai suhu tertinggi, tepatnya pada tahun 1922. Pada saat itu suhunya mencapai 58 Derajat Celcius. Enak nih buat jemur baju, cuma butuh beberapa menit langsung kering.

3. India

danish56.blogspot.co.id

Negara asal Shahrukh Khan ini menghadapi sejumlah gelombang panas dalam dekade terakhir. Pada tahun 2003 gelombang panas menewaskan sedikitnya 1.065 orang di bagian Selatan India. Pada tahun 2010, gelombang panas yang melanda negara itu menyebabkan pukulan besar bagi perekonomian India di sebelah barat laut dan menyebabkan ketergantungannya pada kapas. Pantes suka joget-joget, ternyata itu kepanasan.

4. Ethiopia

www.heraldsun.com.au

Negara ini dianggap salah satu yang terpanas di dunia. Danakil Depression adalah gurun dengan area lebih dari 100 meter di bawah permukaan laut. Daerah ini ditandai dengan gelombang panas dan juga tremor bumi. Suhu udara di sini bisa meningkat sampai dengan 63 Derajat Celcius. Mungkin es batu menjadi hal yang langka di sana.

5. Ahwaz, Iran

wewritewhatwelike.com

Negara ini juga dikenal memiliki iklim panas, terutama di wilayah Ahwaz. Di bagian dari negara ini telah tercatat suhu naik sampai 65 Derajat Celcius. Waw, bener-bener hot banget.

6. Arab Saudi

kompas.com

Negara tempat naik haji ini pernah mengalami tahun panas pada tahun 2010. Di Jeddah suhu naik hingga 52 Derajat Celcius. Gelombang panas ini disertai dengan badai pasir. Ini menyebabkan pemadaman listrik utama di 8 pembangkit listrik di negara ini. Jualan es kenyot bakalan laris, nih. 

7. Death Valley, Amerika Serikat

www.wikiwand.com

Siapa sangka di negara adi daya seperti Amerika, memiliki tempat yang bersuhu tinggi. Suhu di Death Valley pernah mencapai 57 Derajat Celcius selama musim panas. Daerah ini merupakan padang pasir tandus yang memiliki rata-rata hujan 5 cm per tahun. Fungsi payung di tempat ini hanya melindungi kita dari sinar matahari, bukan dari air hujan.

Gimana menurut kamu 7 tempat terpanas di dunia ini? Ternyata panasnya Indonesia gak ada apa-apanya kalo dibanding 7 negara di atas. Tertarik buat jualan es cendol di tempat-tempat panas tersebut?

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
67%
Kaget
0%
Love
33%
Aneh
2
SHARES
loading