Inilah Tanda Hubungan LDR yang Serius Harus Direlakan, Kamu Siap?

kelascinta.com
Line YuKepo.com

Hubungan jarak jauh selalu tak pernah mudah untuk dijalani. Meski masalah yang datang sama dengan mereka yang menjalani hubungan satu kota, namun bagi pasangan pejuang LDR masalah yang sama tersebut bisa berkali-kali lipat lebih berat. Jarak membuat kamu dan dia tak bisa langsung bertatap muka untuk menyelesaikan masalah. Komunikasi yang tak tersampaikan dengan baik pun seringkali membuat masalah bukannya selesai, tapi malah menimbulkan masalah baru. Itulah mengapa, dalam menjalani hubungan jarak jauh dibutuhkan dua pribadi yang mampu dewasa secara pemikiran. Bukan mereka yang menjalin hubungan hanya untuk drama. Tapi kalau LDR antara kamu dan dia berjalan seperti ini, mungkin itu artinya kamu harus merelakan sekarang juga.

1. Komitmen ada hanya untuk formalitas, kamu dan dia kadang merasa tak masalah sesekali melanggar

thoughtcatalog.com

Karena tak bisa bertemu setiap hari atau kapanpun kalian ingin bertemu, kamu dan dia merasa tak masalah kalau harus sesekali melanggar komitmen yang pernah kamu dan dia buat di awal. Kamu atau dia berpikir toh kalau kalian sama-sama melanggar komitmen, salah satu di antara kalian tak ada yang tahu. Lalu kalau hubungan sudah dilandasi dengan kebohongan seperti ini, sampai kapan bisa kamu pertahankan? Toh sikap kamu atau dia yang merasa tak apa melanggar komitmen sekali-kali memperlihatkan kalau kalian tak bisa menghargai pasangan.

2. Komunikasi jelas jadi yang nomor satu, tapi kamu dan dia selalu merasa tak punya waktu

dylandsara.com

Semakin dewasa hubungan yang kamu dan dia jalin, soal komunikasi memang menjadi lebih fleksibel lagi. Pertanyaan "Lagi apa?" atau "Sudah makan belum?" hanya akan kamu atau dia tanyakan sesekali. Tak seperti pasangan yang baru pacaran hitungan minggu, pertanyaan ini bisa saja ditanyakan melebihi dosis minum obat normal. Namun meski komunikasi tak harus terjadi setiap jam, kamu dan dia harus bisa sama-sama membangun komunikasi yang baik selama dipisahkan jarak. Tapi sayangnya dalam kasus kalian ini, kamu atau dia selalu saja berdalih tak punya waktu. Sehingga menghubungi pasangan pun hanya menjadi selingan. Kamu jelas tak punya harapan pada hubungan jarak jauh yang komunikasinya saja tak bisa berjalan dengan baik.

3. Jarak selalu dijadikan alasan untuk sebuah perdebatan

www.popsugar.com

Saat memutuskan untuk menjalin hubungan jarak jauh, kamu dan dia tentunya sama-sama paham hal pertama apa yang harus kalian hadapi di depan mata. Apalagi kalau bukan jarak itu sendiri. Dan seharusnya kalian pun sama-sama paham hal-hal apa saja yang menjadi konsekuensi dalam hubungan yang terpisahkan oleh jarak. Namun dalam menjalani hubungan kali ini, kamu dan dia seringkali berdebat dan kebanyakan selalu mengenai soal jarak. Hubungan jarak jauh adalah satu-satunya hubungan yang bisa dijalin antara dua orang yang sama-sama mau bekerja sama untuk mengalahkan jarak. Kalau kamu dan dia masih saja meributkan hal ini, lalu buat apa hubungan ini dipertahankan?

4. Pertemuan yang jarang membuat kalian pun jarang membahas soal masa depan

laurenlovephotography.com

Rancangan masa depan seharusnya selalu ada bagi semua hubungan yang ingin beranjak ke level yang lebih serius lagi. Jarak tak seharusnya menjadi alasan untuk kamu dan dia tidak memikirkan masa depan mulai sekarang. Cepat atau lambat, kamu dan dia pun harus segera menentukan kemana arah hubungan kalian. Kalaupun masih harus LDR, rencana apa yang kalian miliki untuk mempertahankan hubungan ini? Dia tak juga punya rencana masa depannya bersamamu? Kamu hanya sedang buang-buang waktu saja.

5. Pertemuan seakan cuma usaha dari salah satu pihak, bukan soal kesepakatan bersama

pixabay.com

Bagaimanapun, pertemuan selalu memegang peranan penting dalam sebuah hubungan. Bagi pasangan yang berada di satu kota, pertemuan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun semua menjadi sangat berbeda ketika kamu dan dia menjalani hubungan jarak jauh. Pertemuan antara kamu dan dia adalah hal lain yang juga perlu diperjuangkan bersama. Tapi kalau hanya salah satunya saja yang selalu mengupayakan pertemuan, sepertinya hubungan jarak jauh ini sudah sangat pantas direlakan. Ini bukan cuma soal dia yang tak mau bertemu, tetapi juga soal usaha yang tak ada lagi untuk mempertahankan hubungan ini.

6. Tak bisa memilih masalah yang diributkan, seakan semua masalah sepele dengan mudah menyulut emosi

www.juliepepin.com

Setiap hari kamu dan dia bisa saja meributkan banyak hal kecil. Yang sebenarnya sangat tak penting sekali dan hanya menghabiskan energi kamu dan dia. Selama kamu dan dia tak juga bisa memilah masalah mana yang harus diberi perhatian lebih dan mana masalah yang seharusnya diabaikan saja, hubunganmu dan dia tak akan kemana-mana dan berhenti di situ saja. Kalau sejak sekarang kamu dan dia tak bisa menyelesaikan masalah yang sangat sepele, bagaimana kalian nanti menghadapi cobaan dalam hubungan yang ke depan akan semakin beragam dan butuh kedewasaan dalam menghadapinya?

7. Kamu dan dia tak punya kesepakatan soal visi dan misi bersama, yang dipikirkan hanya soal diri sendiri saja

nouba.com.au

Dia seringkali bercerita tentang mimpi-mimpi besarnya. Tentang kariernya atau tentang rencana hidupnya ke depan. Kamu sering dibuat kagum dengan rencana pada dirinya sendiri yang begitu matang. Namun lama-lama kamu sadar bahwa dia tak pernah melibatkanmu dalam semua rencana besarnya dalam hidupnya. Kamu seakan menjadi orang luar yang hanya bisa mendengar cerita-ceritanya saja. Kalian bersama, namun visi dan misi masih didominasi soal diri sendiri. Hal ini tak buruk, tapi kalau sudah sepakat dalam sebuah hubungan visi dan misi bersama tentunya harus ikut pula dipikirkan. Lalu masihkah kamu bersikeras kamu bertahan bersama orang yang tak akan pernah melibatkanmu di masa depannya?

Merelakan sebuah hubungan memang tak pernah mudah. Tapi kadang ada hubungan yang memang harus segera diakhiri, agar nantinya sakit hati yang kamu dapatkan tak terlalu dalam melukai hati. Dan agar kamu masih punya sisa kekuatan untuk bangkit kembali.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
26
SHARES
Bikin Ngakak, 10 Tampilan The Sims Error yang Absurd Ini Kocak Banget

Bikin Ngakak, 10 Tampilan The Sims Error yang Absurd Ini Kocak Banget

Setelah 3 Bulan Putus Cinta, Ini yang Sebenarnya Terjadi Sama Cowok

Setelah 3 Bulan Putus Cinta, Ini yang Sebenarnya Terjadi Sama Cowok

9 Jenis Anjing Paling Gemesin dan Lucu Ini Bikin Geregetan Mau Nyubit

9 Jenis Anjing Paling Gemesin dan Lucu Ini Bikin Geregetan Mau Nyubit

Dia Membingungkan? Yuk Kenali Kepribadian Si Dia Berdasarkan Warna Lipstiknya

Dia Membingungkan? Yuk Kenali Kepribadian Si Dia Berdasarkan Warna Lipstiknya

Tak Hanya Pria dan Wanita, Inilah 5 Budaya dengan Klasifikasi Gender yang Berbeda

Tak Hanya Pria dan Wanita, Inilah 5 Budaya dengan Klasifikasi Gender yang Berbeda

Tak Usah Bingung, Inilah Perbedaan Pacar Kamu Perhatian atau Posesif

Tak Usah Bingung, Inilah Perbedaan Pacar Kamu Perhatian atau Posesif

loading