Inilah Masalah-masalah yang Hanya Bisa Dimengerti Oleh Para Pemain Bass

www.youtube.com
Line YuKepo.com

Suara bass dalam sebuah komposisi musik adalah bagian yang sangat penting. Tanpa adanya suara bass, musik akan terdengar terlalu kering dan tidak bulat. Tanpa adanya bass, gelombang suara yang dihasilkan juga tidak akan merangsang respon yang maksimal pada tubuh orang yang mendengarkan komposisi musik tersebut.

Meskipun begitu, pada kenyataannya, menjadi pemain bass adalah sesuatu yang tidak mudah untuk dijalani. Seperti halnya pemegang instrumen musik yang lain, pemain bass tentunya akan memiliki problema tersendiri yang mungkin tidak akan begitu dipahami oleh pemain instrumen lainnya.

Di bawah ini, temen-temen bisa lihat beberapa hal yang mungkin hanya dirasakan oleh orang-orang yang menggeluti instrumen yang dapat memacu detakan jantung para pendengarnya sehingga suara musik lebih terasa menggugah. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Tidak mudah menarik perhatian orang jika dibandingkan dengan pemain gitar

www.youtube.com

Saat sedang nongkrong-nongkrong atau sedang berada di pesta, biasanya orang yang memainkan gitar dapat dengan mudahnya menjadi sorotan perhatian dan menyatukan orang-orang untuk bernyanyi bersama. Nah, kalau pemain bass? Kecuali kalau misalnya pemain bass itu bisa juga memainkan gitar. Akan tetapi, lebih sulit untuk unjuk kemampuan bass solo di tengah-tengah kerumunan yang berkumpul bukan atas dasar untuk melihat pertunjukan pemain bas solo.

2. Beberapa orang awam bisa menganggap bahwa pemain bass tidak begitu bisa bermain musik

twitter.com

Entah kenapa, pemain bas seringkali dianggap tidak begitu bisa bermain musik. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian para pendengar awam terhadap komposisi bas yang dimainkan. Para pendengar awam mungkin lebih tertarik untuk mendengar suara lead yang dihasilkan oleh gitar.

3. Timbul lecet pada jari-jari tangan.

www.youtube.com

Berhubung senar bas itu lebih tebal dibanding gitar, para pemain bass lebih rentan mengalami lecet-lecet di tangan. Apalagi jika dalam permainannya, pemain bass dituntut untuk menggerakan jari dalam tempo yang cepat. Akan tetapi, kalau misalnya sudah terbiasa, dijamin jari-jari kamu bakal punya kulit yang tebal banget!

4. Perlengkapan yang mahal.

commons.wikimedia.org

Coba saja kamu hadiri berbagai acara musik yang menggunakan instrumen lengkap. Terkadang kamu akan menemukan suara bas yang pecah, terlalu kering, atau bahkan terasa hambar. Berhubung gelombang suara bass itu memang lebih tebal, diperlukan perlengkapan dengan kualitas yang mumpuni. Tentu saja untuk mendapatkan perlengkapan dengan kualitas yang mumpuni itu kita harus siap mengeluarkan uang lebih banyak ketimbang perlengkapan yang lain.

5. Digantikan dengan laptop

id.pinterest.com

Jack White, mantan vokalis dan gitaris The White Stripes, adalah salah satu musisi yang menggunakan komposisi bass dari suara elektronik yang dihasilkan dari laptop. Musik elektronik memang seringkali digunakan untuk menggantikan suara drum ataupun bas. Hal ini mungkin terkadang akan terasa tidak adil bagi pemain bas yang lebih cenderung menaruh minat kepada instrumen analog.

6. Sakit punggung

www.huffingtonpost.ca

Bas itu tidak ringan loh. Dibutuhkan otot-otot yang kuat untuk menopang bass dalam jangka waktu yang lama. Makanya, wajar saja kalau setelah sesi latihan selesai, para pemain bass akan merasakan pegal-pegal di bagian punggung dan bahu.

7. Kerepotan ketika senar putus

www.youtube.com

Pertama, kita sama-sama tahu bahwa senar bas itu memiliki tekstur yang tebal sehingga lebih berat untuk menarik tuas yang digunakan untuk mengencangkan senar. Bahkan, memang ada alat khusus yang dapat digunakan untuk membantu para pemain bass untuk memasang senarnya. Belum lagi dengan harga yang tidak murah.

8. Saling menyalahkan antara pemain bass dengan pemain drum

www.youtube.com

Bagi pemain bass, pemain drum dapat menjadi sahabat sekaligus saingan. Ketika sedang di panggung atau latihan, pemain bass dituntut untuk bisa mengombinasikan beat yang diciptakannya dengan beat dari suara bass drum. Makanya, kalau misalnya ada nada yang meleset, mereka bisa saling menyalahkan satu sama lain tuh.

9. Harus lebih atraktif

id.pinterest.com

Flea, pemain bass dari Red Hot Chilli Pepper, atau Bondan Prakoso, kerap kali melakukan performa panggung yang lincah. Hal ini memang dibutuhkan jika kamu ingin lebih menarik perhatian orang-orang terhadap suara bass yang kamu hasilkan. Soalnya, orang-orang pada umumnya memang lebih memperhatikan suara treble yang memang terkesan lebih dominan.

Nah, itu dia masalah-masalah yang mungkin dirasakan oleh para pemain bass. Mungkin ada yang mau nambahin?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
2124
SHARES
Nggak Hanya ‘Boleh’ Kabur dari Penjara, Inilah 7 Fakta Unik Negara Jerman Lainnya

Nggak Hanya ‘Boleh’ Kabur dari Penjara, Inilah 7 Fakta Unik Negara Jerman Lainnya

Hati-hati, 10 Kalimat Ini Bisa Bikin Cowok Ngambek Tiba-tiba

Hati-hati, 10 Kalimat Ini Bisa Bikin Cowok Ngambek Tiba-tiba

Suka Mengejek dan Merebut Mikrofon, Inilah 10 Tipe Orang Saat Berkaraoke

Suka Mengejek dan Merebut Mikrofon, Inilah 10 Tipe Orang Saat Berkaraoke

7 Suka Duka Anak Kos Saat Bulan Ramadan Tiba, Kamu Pernah Ngalamin?

7 Suka Duka Anak Kos Saat Bulan Ramadan Tiba, Kamu Pernah Ngalamin?

Benarkah Arang Bisa Memutihkan Gigi? Inilah 7 Manfaat Arang Aktif Bagi Kesehatan

Benarkah Arang Bisa Memutihkan Gigi? Inilah 7 Manfaat Arang Aktif Bagi Kesehatan

Semua Orang yang Pernah Gagal Seharusnya Paham Hal Ini

Semua Orang yang Pernah Gagal Seharusnya Paham Hal Ini

loading