Inilah Kepribadian yang Terungkap di Balik Orang yang Suka Selfie, Kamu Salah Satunya?

www.linkedin.com
Line YuKepo.com

Kehadiran smartphone atau ponsel pintar di era modern begini bikin apapun mudah dilakukan. Termasuk salah satunya adalah memotret. Zaman dulu, kita harus menggunakan kamera sendiri untuk mengambil gambar, kini di smartphone hampir semua fitur kamera difungsikan pada ponsel. Ditambah dengan kuatnya pengaruh sosial media, semua hal yang telah kita abadikan di kamera ponsel bisa dengan sekejap kita bagikan ke dunia maya. Salah satu hal yang paling mudah dan mungkin paling sering dilakukan adalah selfie atau swafoto. Iya kan?

www.bustle.com

Pertama, kamu harus kenali dulu apa itu selfie  yang sebenarnya. Foto-foto yang seperti apa sih yang disebut dengan selfie? Yap, selfie merupakan foto diri sendiri yang umumnya juga dipotret oleh diri sendiri yang memperlihatkan wajah atau sebagian tubuh. Lain lagi dengan istilah wefie yang merujuk pada foto yang dipotret sendiri tapi di dalam foto tersebut terdiri dari beberapa orang. Nah, tahukah kamu kalau selfie ternyata menunjukkan kepribadian seseorang yang terselubung lho. Terutama bagi kamu yang kayaknya suka banget melakukan selfie.

www.zopini.com

Beberapa penelitian psikologi ada yang membuktikan bahwa kegemaran melakukan selfie kemungkinan besar terkait dengan gangguan mental tertentu seperti body dysmorphic disorder (merasa nggak puas dengan dan berkeinginan secara impulsif untuk mengubah bentuk tubuh), obsessive compulsive disorder (OCD), gangguan narsistik, pengisolasian diri, hingga kecenderungan untuk bunuh diri! Well, mungkin terdengar berlebihan ya? Tapi, kalau udah sampai ketagihan selfie dan mempostingnya di sosial media secara sering, bukan nggak mungkin gangguan tersebut kamu alami, lho. Memangnya apa sih yang melatarbelakangi seseorang bisa sampai kayak gitu?

karpathy.github.io

Tim peneliti Sorokowska A tahun 2016 meneliti tentang selfie dengan judul Selfies and personality: Who posts self-portrait photographs?. Mereka pun mempelajari 13 aspek selfie yang berbeda: apakah seseorang tersebut berpose duck face (bibir dimonyongkan), bibir yang rapat, melihat lurus ke arah kamera, menunjukkan emosi positif, memegang kamera dengan tinggi atau di sisi yang lain, memperlihatkan wajah atau tubuh secara utuh, menunjukkan background lokasi foto (tempat pribadi atau publik), dan apakah foto tersebut diedit atau nggak.

Nah, orang-orang yang selfie tersebut pun diminta untuk mengisi kuesioner Big Five Personalities yang terdiri dari Extraversion (kemampuan sosial), Agreebleness (kebaikan hati), Conscientiousness (kemampuan mengorganisir dan etika), Neuroticism (kestabilan emosi) dan Openness. Gimana ya hasilnya?

www.fruitionrecruitment.com.au

Ternyata, orang yang memiliki skor tinggi di aspek Agreebleness cenderung mem-posting selfie dengan ekspresi dan pesan positif serta memegang kameranya pun rendah atau sejajar wajah. Sedangkan orang yang memiliki skor tinggi pada aspek Conscientiousness berfoto tanpa memunculkan lokasi karena menjaga privasinya. Menariknya dan mungkin nggak heran, kalau orang yang suka berpose duck face sangat terkait dengan ketidakstabilan emosi! Hayo lho, siapa tuh yang sering selfie sambil memonyongkan bibir?

Nah, meskipun begitu selfie nggak bisa menunjukkan kepribadian secara akurat ya. Selfie hanyalah sebagai gambaran singkat atau yang hanya bisa kita lihat dari permukaan, bukan sebagai ‘diagnosa’ kepribadian. Tapi, dari selfie kamu bisa dong melihat seberapa narsisnya dirimu? Selfie boleh-boleh aja, tapi jangan sering-sering ya. Tampil percaya diri di dunia nyata lebih keren lho!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
63
SHARES
9 Foto Hasil Orang Sebelum dan Sesudah Menggunakan Kawat Gigi

9 Foto Hasil Orang Sebelum dan Sesudah Menggunakan Kawat Gigi

Lagu-lagu Rock Barat Ini Menceritakan Kegelisahan Saat Orang Menjadi Dewasa

Lagu-lagu Rock Barat Ini Menceritakan Kegelisahan Saat Orang Menjadi Dewasa

Ketemu Beruang Harus Pura-pura Mati? Inilah Cara Menyelamatkan Diri yang Justru Mematikan

Ketemu Beruang Harus Pura-pura Mati? Inilah Cara Menyelamatkan Diri yang Justru Mematikan

10 Foto Transformasi Cowok Kurus dan Waktu yang Mereka Habiskan Agar Jadi Atletis

10 Foto Transformasi Cowok Kurus dan Waktu yang Mereka Habiskan Agar Jadi Atletis

Serba Terbatas, Ternyata Beginilah Cara Orang Korea Utara Menggunakan Teknologi

Serba Terbatas, Ternyata Beginilah Cara Orang Korea Utara Menggunakan Teknologi

7 Foto Gecko yang Murah Senyum Ini Bakal Bikin Kamu Ikutan Senyum-senyum Sendiri

7 Foto Gecko yang Murah Senyum Ini Bakal Bikin Kamu Ikutan Senyum-senyum Sendiri

loading