Inilah Karya-karya William Shakespeare yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

europeonscreen.org
Line Yukepo.com

Sang sastrawan legendaris, William Shakespeare memang terkenal dengan karya-karya sastranya yang sarat dengan konflik dan masalah hidup yang kompleks. Mungkin kebanyakan orang hanya tahu satu karyanya yang paling terkenal yaitu Romeo and Juliet. Tapi nggak update banget kalau kamu cuma tahu Romeo dan Juliet. Makanya berikut ini, YuKepo mau ajak kamu stalking sedikit dari karya-karya Shakespeare yang legendaris. Mau tau apa saja? Ini nih di bawah. 

1. Romeo and Juliet

en.wikipedia.org

Kisah legendaris ini berawal dari permusuhan antara dua keluarga yaitu keluarga Capulet dan keluarga Montague. Romeo berasal dari keluarga Montague dan Juliet berasal dari keluarga Capulet. Tidak banyak yang tahu, bahwa sebenarnya sebelum bertemu dengan Juliet, wanita yang dicintai Romeo adalah Rosaline. 

Romeo datang ke pesta dansa keluarga Capulet untuk bertemu dengan Rosaline tapi dia justru bertemu dengan Juliet dan mereka saling jatuh cinta. Kisah cinta mereka menjadi tragedi tatkala Romeo membunuh membunuh Tybalt (sepupu Juliet), karena menentang hubungannya dengan Juliet. Hal ini membuat Romeo diusir dari Verona oleh Pangeran Verona.

Kisah cinta ini berakhir tragis tatkala Juliet pura-pura mati supaya tidak jadi menikah dengan Paris tapi sayangnya Romeo mengira Juliet benar-benar sudah tiada. Sehingga dia meminum racun. Ketika Juliet sadar, dia pun bunuh diri juga dengan pisau.

2. Macbeth

www.pinterest.com

Bercerita tentang seorang jenderal bernama Macbeth yang pada waktu itu ada di bawah kekuasaan Raja Skotlandia yaitu Duncan I. Suatu hari, dia bertemu dengan tiga orang peramal yang mengatakan bahwa dia akan menjadi seorang raja. Setelah mendengar hal itu, ia pun merencanakan untuk membunuh sang raja. 

Setelah Macbeth menjadi raja, seorang jenderal bernama Macduff curiga dengan kelakuan Macbeth yang tampak merasa bersalah. Ia lalu bekerjasama dengan dua anak Duncan yaitu Malcolm dan Donalbain. Macbeth pun kembali mencari para tukang sihir. Kali ini mereka meramalkan bahwa Macbeth tidak akan dibunuh oleh orang yang dilahirkan dari seorang wanita. Macbeth menjadi sombong. 

Hingga akhirnya, dia dipenggal oleh Macduff dalam suatu pertempuran. Macduff mengatakan bahwa ia tidak dilahirkan melainkan diambil dari rahim ibunya (dengan caesar). Setelah Macbeth meninggal, tahta kerajaan diberikan kepada Malcolm.

3. Hamlet

id.4blackberry.net

Cerita berawal dari kematian ayah Hamlet, seorang raja Denmark sehingga menyebabkan pamannya yaitu Claudius naik tahta dan menikah dengan ibu Hamlet. Beberapa teman Hamlet mengaku melihat hantu ayah Hamlet yang mengatakan supaya hamlet membalas kematiannya karena dibunuh oleh Claudius.

Hamlet menulis cerita tentang pembunuhan seorang raja dan mementaskannya. Pada saat itu, Hamlet yang melihat sosok di balik tirai langsung membunuhnya padahal dia adalah Polonius, penasihat Claudius. Polonius memiliki 2 orang anak yaitu Ophelia dan Laertes. Ophelia sebenarnya mencintai Hamlet. Tapi setelah peristiwa itu, dia menjadi gila dan hilang di sungai.

Claudius sempat mengirim Hamlet ke Inggris tapi Hamlet kembali lagi ke Denmark dan tanpa sengaja menghadiri pemakaman Ophelia. Laertes yang melihat Hamlet pun ingin membalas dendam. Akhirnya, Hamlet, Claudius, dan Laertes meninggal pada saat duel itu. 

4. King Lear

en.wikipedia.org

Karya Shakespeare yang satu ini juga masih bertemakan tentang kerajaan dan kekuasaan. Ada seorang raja bernama Lear yang hendak membagi kekayaannya kepada ke-3 orang anaknya yaitu Goneril, Regan dan Cordelia. Goneril dan Regan sudah menikah, hanya Cordelia yang masih berstatus tunangan Raja Prancis. 

Raja Lear membagikan hartanya kepada kedua anaknya yang sudah menikah dan sebenarnya ingin membunuh sang ayah, sementara Cordelia yang menyayangi ayahnya justru diusir dari istana. Bahkan penasihat setia raja yaitu Kent juga diusir karena membela Cordelia dan diangkat pengkhianat. 

5. Othello

ugcenglish.com

Othello berkisah tentang seorang Moor (Afrika Utara) yang mengabdi menjadi jenderal pada Negara Italia. Othello memiliki seorang istri bernama Desdemona. Seorang tentara bernama Iago iri terhadap Othello, dia lalu mengatakan bahwa Desdemona berselingkuh dengan Cassio, seorang letnan.

Pada akhirnya, Othello terhasut oleh Iago dan mencekik Desdemona di ranjang. Namun, kebenaran selalu terungkap. Meski Othello akhirnya mengetahui kalau Desdemona tidak bersalah, penyesalannya tidak dapat terbendung. Lalu ia menikam dirinya sendiri hingga mati. 

Itulah tadi beberapa maha karya dari Shakespeare yang melegenda. Tentunya masih banyak karya-karya Shakespeare yang lain. Kalau kamu penggemar karya klasik, kamu bisa berburu novel atau filmnya yang sudah banyak beredar dalam berbagai versi. Atau kamu berniat menjadi sastrawan kenamaan seperti Shakespeare? Sekarang waktunya untuk belajar. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
39
SHARES
Kegagalan dalam Hubungan Akan Buatmu Belajar Banyak Hal Ini

Kegagalan dalam Hubungan Akan Buatmu Belajar Banyak Hal Ini

10 Menu Bekal Makan Siang dari Berbagai Negara, Mau Nyoba?

10 Menu Bekal Makan Siang dari Berbagai Negara, Mau Nyoba?

Kamu Bukan Seorang Ekstrovert atau Introvert? Bisa Jadi Kamu Seorang Ambivert!

Kamu Bukan Seorang Ekstrovert atau Introvert? Bisa Jadi Kamu Seorang Ambivert!

Nostalgia Yuk Bareng 7 Band Era 90-an yang Menemani Perjalanan Cinta SMA Kamu

Nostalgia Yuk Bareng 7 Band Era 90-an yang Menemani Perjalanan Cinta SMA Kamu

10 Jokes Cowok Tanda Dia Udah Pengen Nikahin Kamu

10 Jokes Cowok Tanda Dia Udah Pengen Nikahin Kamu

Buat Kamu Anak 90-an, Masih Ingat Gak Buku-buku Legendaris Zaman SD Ini?

Buat Kamu Anak 90-an, Masih Ingat Gak Buku-buku Legendaris Zaman SD Ini?

loading