Inilah Hal-hal yang Harus Dilakukan Ketika Kamu Kurang Tidur

www.thehealthyarchive.info
Line Yukepo.com

Baik disadari maupun tidak, setiap orang pasti mendambakan tidur yang berkualitas setiap harinya. Dengan durasi tidur yang ideal, mood untuk menjalani aktivitas sehari-hari pun akan terbangun dengan baik. Dengan mood yang baik, otak pun akan bekerja lebih jernih sehingga rutinitas sehari-hari pun terasa lebih cerah dan menyenangkan untuk dijalani. Kalaupun ada masalah yang rumit, masalah itu akan lebih mudah dihadapi dengan pikiran yang jernih bukan?

Meskipun begitu, terkadang kita tidak bisa tidur di waktu yang sudah direncanakan. Penyebabnya bisa berbagai macam. Bisa karena ada acara televisi kesukaan yang menuntut kita untuk setia menyaksikannya sampai larut malam, bisa karena ada obrolan yang seru di grup media sosial yang terasa sayang jika ditinggalkan, atau mungkin karena ada beban pikiran yang membuat kita sulit untuk terlelap.

Masalahnya, kurangnya durasi tidur ini dapat menyebabkan pikiran kita menjadi tidak jernih saat menghadapi hari esok. Emosi mudah tersulut, pikiran menjadi macet, atau tubuh menjadi lemas sehingga seakan-akan kita tidak bisa melakukan apa pun selain merebahkan badan kita. Tentunya hal ini berdampak negatif karena pada akhirnya produktivitas kerja kita akan menurun secara drastis. Maka dari itu, ada baiknya jika setiap harinya kita bisa mengatur pola tidur dengan durasi yang mencukupi. Akan tetapi, ada baiknya juga jika kita mengetahui beberapa solusi yang bisa membantu tubuh dan pikiran kita menjadi lebih baik saat malam sebelumnya kita terpaksa begadang karena suatu hal. Di bawah ini, kamu bisa membaca beberapa solusi tersebut yang dilansir dari purewow.com. Nah, langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Tahanlah godaan untuk menunda alarm (snooze)

gizmodo.com

Buat yang terbiasa menggunakan telepon genggam sebagai alarm, menekan tombol “snooze” saat alarm sudah berbunyi nyaring seringkali menjadi godaan yang tak tertahankan, apalagi jika waktu tidur kita masih terasa sangat kurang. Meskipun begitu, menunda dalam waktu yang minim itu ternyata tidak berguna untuk menghilangkan rasa kantuk. Kalau mau, tundanya sekalian 1-3 jam saja. Tapi, risikonya kamu bakal terlambat untuk menjalani aktivitas kamu.

2. Biarkan cahaya matahari menyinari tubuh dari ujung kaki sampai ujung kepala

www.raconteur.net

Saat matahari menyinari kita, tubuh akan berhenti memproduksi melatonin (hormon yang membangkitkan rasa kantuk). Makanya, wajar aja kalau musim hujan yang tidak terlalu banyak disinari matahari pun sering menyebabkan rasa kantuk.

 

3. Mandi air dingin

www.empowher.com

Mungkin ini adalah salah satu solusi yang semua orang sudah tahu. Akan tetapi, buat temen-temen yang menggunakan shower dengan pemanas air, ada baiknya jika air hangatlah yang digunakan pada awalnya. Setelah itu, perlahan-lahan turunkan suhunya menjadi semakin dingin agar tubuh tidak kaget. Pokoknya, jangan cuma menggunakan air hangat sepenuhnya selama mandi karena dapat menyebabkan rasa kantuk.

4. Olahraga kecil

www.1zoom.me

Meskipun tampaknya kegiatan ini sangat sulit dilakukan ketika kita tengah mengantuk, cobalah lakukan olahraga kecil untuk membantu melancarkan sirkulasi darah yang terhambat akibat kurang tidur. Dengan begini, pikiran pun akan lebih tenang saat menjalani hari.

 

5. Meminum kopi, tapi jangan terlalu banyak

www.dailyhealthadvisor.org

Kopi memang seringkali menjadi solusi orang-orang untuk menghilangkan rasa kantuk. Meskipun begitu, jangan terlalu banyak dalam pengonsumsiannya karena setelah efek kafein habis, tubuh malah menjadi mudah lelah. Tambahan lagi, sebisa mungkin setelah meminum secangkir kopi, minumlah air mineral.

6. Hindari makanan yang terlalu banyak kalori

www.epicurious.com

Saat kurang tidur, sebisa mungkin hindarilah makanan yang terlalu banyak mengandung gula karena dapat menambah beban kantuk kita. Lebih baik pilih makanan yang banyak mengandung protein, seperti telur atau alpukat.

7. Banyak minum air mineral

guyanainc.biz

Jangan sampai kekurangan air di saat kita kurang tidur. Air mineral sangat penting untuk membuat kita tetap terjaga dan waspada saat menghadapi hari.

8. Jalan kaki

guyanainc.biz

Rasa kantuk akibat kurang tidur biasanya akan memuncak pada siang hari, tepatnya dari pukul 1-3 sore. Daripada mengalah kepada rasa kantuk dan mengurangi produktivitas, lebih baik gunakanlah waktumu itu untuk berjalan-jalan sambil menghirup udara segar.

9. Dengarkan playlist yang dapat menyemangatimu

allswalls.com

Lagu dapat membentuk mood kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, biar lebih semangat meskipun rasa kantuk melanda, ada baiknya jika kita mendengarkan lagu yang dapat membuat kita lebih semangat dalam menjalani aktivitas kita.

10. Jangan mengganti waktu tidur secara berlebihan

www.amazon.co.uk

Mungkin kamu berpikir kalau kamu kurang tidur selama 4 jam (terhitung dari standar 8 jam), kamu harus tidur selama 12 jam pada malam berikutnya. Akan tetapi, alangkah baiknya jika pada malam berikutnya kamu tetap bertahan pada waktu standar tidur kamu. Soalnya, jika kita menambahkan waktu tidur yang kurang, pola tidur pada malam berikutnya malah bisa menjadi kacau dan kamu malah akan semakin kurang tidur lagi nantinya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa menjadi solusi saat kamu merasa kurang tidur. Pokoknya, jangan sampai produktivitas kita berkurang hanya karena masalah kurang tidur yah!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
35
SHARES
Kamu yang Ingin Jadi Istri, Yakin Sudah Siap Dengan Konsekuensi Ini?

Kamu yang Ingin Jadi Istri, Yakin Sudah Siap Dengan Konsekuensi Ini?

Menjijikan! Inilah 10 Foto Air Tercemar di Tiongkok yang Bikin Kamu Bergidik

Menjijikan! Inilah 10 Foto Air Tercemar di Tiongkok yang Bikin Kamu Bergidik

Pecinta Disney Wajib Tahu 10 Fakta Princess Disney yang Bikin Kamu Takjub

Pecinta Disney Wajib Tahu 10 Fakta Princess Disney yang Bikin Kamu Takjub

Inilah 7 Sensasi yang Hanya Bisa Dimengerti oleh Para Pengendara Sepeda Motor

Inilah 7 Sensasi yang Hanya Bisa Dimengerti oleh Para Pengendara Sepeda Motor

Foto Sebelum dan Sesudah Make-up Untuk Pengantin Ini Buktikan Keahlian Rias Bagaikan Sulap

Foto Sebelum dan Sesudah Make-up Untuk Pengantin Ini Buktikan Keahlian Rias Bagaikan Sulap

Inilah Makna Tersembunyi di Balik Logo Perusahaan Dunia yang Belum Kamu Tau

Inilah Makna Tersembunyi di Balik Logo Perusahaan Dunia yang Belum Kamu Tau

loading