Inilah Gambaran Kepribadian Berdasarkan Urutan Lahir, Kamu Anak Nomor Berapa?

harrypotter.wikia.com
Line YuKepo.com

Banyak hal yang bisa membentuk profil kepribadian seseorang, salah satunya adalah urutan kelahiran. Sebenarnya, penelitian mengenai kepribadian yang berkenaan dengan urutan lahir pertama kali dilakukan oleh Alfred Adler pada tahun 1920 yang meyakini adanya aspek urutan lahir yang memengaruhi bagaimana seseorang berkepribadian. Meskipun masih banyak pro-kontra dan penelitian tentang kepribadian masih terus berjalan hingga sekarang (dan tentunya sampai nanti), teori Adler menekankan bahwa urutan lahir bisa menjadi penentu bagaimana seseorang mengekspresikan emosi, berperilaku, hingga kemampuan intelektualnya.

Urutan lahir dikategorikan menjadi empat, yaitu anak sulung, anak tengah, anak bungsu, dan anak tunggal. Faktor paling utama yang menyebabkan urutan lahir dapat membentuk kepribadian adalah pola pengasuhan orang tua terhadap anak-anak dengan urutan lahir tertentu. Pasti beda dong pengalaman mengasuh anak pertama dengan anak bungsu. Setiap urutan lahir pun pasti memiliki peran dalam keluarga. Jadi, kira-kira bagaimana ya gambaran kepribadian berdasarkan urutan lahir? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

www.shutterstock.com

Anak pertama merupakan anak tertua yang sering diidentikkan dengan sosok pemimpin. Karena anak pertama merupakan anak yang dilimpahi perhatian dan juga kontrol penuh dari orang tuanya (yang saat itu baru jadi orang tua), mereka bisa dipercaya dalam menjalankan tanggung jawab, dapat diandalkan, bisa bersikap dengan baik, berhati-hati dan udah kayak kepribadian orang tuanya tapi versi muda aja.

Kalau kamu anak pertama, kemungkinan besar kamu adalah anak yang berambisi tinggi yang senang dengan penerimaan, mendominasi banget dan seperfeksionis itu seolah-olah cuma kamu yang menghirup seluruh oksigen di ruangan saking mendominasinya. Kamu cocok banget sama karier yang menuntut kepemimpinan, misalnya di bidang hukum, kesehatan atau menjadi CEO. Karena kamu udah kayak orang tua kamu versi muda, kamu biasanya mencoba mendominasi saudara-saudara kamu. Masa hidup tersulit bagi kamu adalah ketika adik kamu lahir dan kamu sadar bahwa ternyata perhatian orang tua kamu udah nggak seeksklusif dulu.

www.wisegeek.org

Lain lagi dengan anak tengah. Anak tengah artinya seseorang yang memiliki kakak maupun adik, entah kamu urutan keberapa, yang pasti anak tengah bukanlah si pertama dan si terakhir. Kalau kamu anak tengah, kamu cenderung memiliki kepribadian yang pengertian, mudah bekerja sama, dan fleksibel tapi juga kompetitif banget. Di samping itu, kamu juga mengedepankan keadilan baik bagi kamu maupun bagi orang lain. Faktanya, sebagai anak tengah, kamu cenderung mudah dekat dengan orang lain di luar keluargamu karena kamulah seseorang yang dianggap paling mewakili keluargamu. Ini disebabkan karena kamu nggak mendapatkan perhatian yang eksklusif dari keluargamu sendiri. Tapi jangan salah, justru inilah yang membuat kamu jago negosiasi dan mampu mendamaikan dua pihak yang bersitegang. You’re the real peacemaker!

Meskipun berjiwa kompetitif, kamu dan kakakmu akan sulit unggul dalam hal yang sama. Kepribadian anak tengah membuat kamu beda banget sama saudaramu yang lain. Tapi kepribadian inilah yang justru membuat kamu mampu menjadi orang-orang hebat karena kemampuan kamu dalam menengahi. Kamu pasti jago banget bikin deal yang bagus kalau menjadi pengusaha atau menjadi pemimpin besar yang adil.

 

www.ranker.com

Terlahir sebagai anak bungsu, membuat kamu bukanlah satu-satunya yang mendapatkan perhatian. Orang tuamu udah lebih tenang menghadapi kamu karena udah belajar dari pengalaman mengasuh kakak-kakakmu sebelumnya. Mereka akan lebih santai dalam mengasuhmu tapi cenderung memberikan perhatian ekstra nih. Itulah mengapa kamu lebih terlihat paling menarik dan menyenangkan di antara saudara-saudaramu. Sebagai anak bungsu, kamu justru memiliki kesamaan terbanyak dengan anak sulung karena sama-sama dibesarkan dengan perhatian ekstra. Nggak heran kalau kamu bisa jadi pusat perhatian di dalam dan di luar keluargamu karena kamu selalu didukung secara emosional dan fisik yang menjadikan kamu selalu merasa aman.

Mungkin udah nggak aneh lagi ya kalau predikat anak bungsu sering mengarah pada karier di dunia hiburan seperti menjadi aktor, komedian, penulis, sutradara, dan sebagainya. Ini disebabkan oleh kepribadian anak bungsu yang menyenangkan, santai, dan cukup mandiri. Anak bungsu juga keren banget kalau menekuni bidang pekerjaan selain dunia hiburan seperti menjadi dokter dan guru. Tapi kekurangannya sih karena kamu nggak terbiasa dengan tanggung jawab, kamu pun jadi kurang bisa diandalkan dalam hal-hal tertentu dan sampai kapanpun kamu masih menyandang predikat “the baby”.

www.loop.co.id

Lalu, gimana dengan anak tunggal atau satu-satunya? Kalau kamu anak tunggal, tanpa kamu sadari kamu tumbuh di antara banyak orang dewasa. Hal ini membuat kamu cenderung bersikap dan berbicara lebih dewasa dibandingkan dengan anak seusiamu. Karena udah terbiasa sendiri, kepribadianmu tumbuh sebagai seseorang yang banyak akal, kereatif, percaya diri, dan mandiri. Secara umum, kepribadianmu agak-agak mirip dengan kepribadian anak sulung atau anak bungsu.

Begitulah kira-kira gambaran kepribadian untuk masing-masing urutan lahir. Kalau kamu merasa “kok kayaknya aku nggak gitu deh”, tenang guys kepribadian nggak sesimpel itu. Sebenarnya ada banyak aspek yang memengaruhi pembentukkan kepribadian. Urutan lahir hanyalah secuil dari banyaknya aspek kepribadian. Jenis kelamin, rentang usia antar saudara, sosial-ekonomi, budaya, dan sebagainya turut memengaruhi bagaimana kita menunjukkan ekspresi dan berperilaku. Menurutmu, udah sesuai belum nih dengan kepribadian kamu?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
75
SHARES
Cara Biar Kamu yang Lagi Pacaran Tahu Sudah Bersama Orang yang Tepat Sekarang

Cara Biar Kamu yang Lagi Pacaran Tahu Sudah Bersama Orang yang Tepat Sekarang

Kisah Ibu Yuni, Usia Senja Tidak Menghalangi Hobinya Mendaki Gunung

Kisah Ibu Yuni, Usia Senja Tidak Menghalangi Hobinya Mendaki Gunung

7 Mainan Jadul Era 90-an yang Bikin Anak Cowok Ngerengek Minta Dibeliin

7 Mainan Jadul Era 90-an yang Bikin Anak Cowok Ngerengek Minta Dibeliin

Inilah 15 Pemandangan Gunung di Dunia yang Penampakannya Luar Biasa

Inilah 15 Pemandangan Gunung di Dunia yang Penampakannya Luar Biasa

Sikap Cewek yang Biasa Aja Tapi Malah Bikin Cowok Jatuh Cinta

Sikap Cewek yang Biasa Aja Tapi Malah Bikin Cowok Jatuh Cinta

7 Acara Komedi Jadul Berkualitas yang Sukses Bikin Banyak Orang Tertawa

7 Acara Komedi Jadul Berkualitas yang Sukses Bikin Banyak Orang Tertawa

loading