Inilah Gaji Para Pemimpin Negara di Dunia, Jokowi Nomor Berapa Ya?

www.tribunnews.com

Menjadi presiden adalah suatu kebanggaan tujuh turunan. Jangankan keluarga besar, seluruh warga negara yang kamu pimpin bakal inget terus sama nama dan sosok kamu. Enak ya dikenang sama banyak orang. Oleh sebab itu, untuk menjadi presiden dari suatu negara kamu harus melewati banyak fase untuk sampai pada kursi nomor satu tersebut. Cuma orang-orang yang cerdas dan siap lahir batin yang bakal kuat menghadapi cobaan-cobaan ketika menjadi pemimpin negara. Kamu tuh mimpin ratusan juta orang, mata kamu harus melek setiap malam, telinga kamu harus mendengar setiap detik, badan kamu harus kuat untuk bergerak terus menerus karena rakyatmu itu perlu diperhatikan. Apalagi kalau kamu jadi presiden di Indonesia! Selain rakyatnya yang bejibun, wilayah tempat tinggal mereka pun jadi salah satu aspek yang perlu dipikirkan juga. Sabang sampai Merauke itu bukan jarak yang dekat, itu jauh banget, kalau jalan kaki bisa tahunan. Karena tanggung jawab yang besar itulah, maka seorang presiden diberikan gaji yang sangat besar. Seperti yang dilansir oleh Tribunnews.com (12/8/16), gaji para pemimpin di setiap negara itu relatif nominalnya. Nih YuKepo udah ngumpulin gaji para pemimpin negara di berbagai negara. Sebagai warga negara yang kepo, kita harus tahu gaji pemimpin negara yang mimpin kita! Berikut penjabarannya.

1. Donald Trump, Presiden Amerika Serikat

www.businessinsider.co.id

Presiden terbaru Amerika Serikat ini menerima gaji sebesar USD 400.000 per tahun atau sekitar Rp 5,3 miliar lebih. Selain gaji, Presiden AS juga menerima rekening belanja bebas pajak yang nilainya kurang lebih USD 50.000. Sebenarnya gaji tersebut gak ada apa-apanya sih dengan penghasilan Trump sebagai pengusaha yang mencapai USD 540 Miliar, gila!    

2. Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada

pm.gc.ca

Perdana Menteri yang ganteng ini menerima gaji sebesar USD 260.000 atau sekitar Rp 3.4 miliar per tahun. Ya lumayan lah buat beli rumah setahun sekali satu. 

3. Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Singapura

www.thefamouspeople.com

Wah gak nyangka ternyata pemimpin negara Singapura gajinya gede banget lho. Untuk jabatan ini, gaji yang diterima sebesar USD 1.7 juta atau sekitarRp  22,6 miliar per tahun! Waduh kalau dijadiin kambing jadi berapa ekor ya?

4. Angela Merkel, Kanselir Jerman

www.dailystormer.com

Kanselir Jerman, Angela Merkel, menerima gaji sebesar USD 242.000 per tahun atau sekitar Rp 3.2 miliar. Gaji Merkel ini naik 2 persen semenjak Maret 2016 lalu dan akan naik 2 persen lagi pada bulan Februari. Waduh naik mulu gajinya, jangan boros ya bu. Ditabung uangnya. 

5. Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang

www.change.org

Perdana Menteri negeri sakura ini mendapatkan gaji yang cukup besar juga, lho. Dalam setahun ia menerima gaji sebesar USD 241.250 atau sekitar Rp 3.2 miliar.     

6. Jacob Zuma, Presiden Afrika Selatan

nationalinterest.org

Kalau nasib presiden yang satu ini kurang baik. Gaji Presiden Zuma sebenarnya udah naik 4 persen pada bulan Maret tahun 2016, tapi pas dikonversikan ke dollar AS, nilai gaji yang dia terima malah turun akibat nilai tukar mata uang Afrika Selatan itu anjlok banget. Sabar ya Pak Presiden!  

7. Francois Hollande, Presiden Perancis

www.sightcall.com

Gaji yang diterima oleh Presiden Francois sebenarnya menduduki peringkat kedua tertinggi kalau aja gak dipotong sebesar 30 persen di tahun 2012. Sebelum dipangkas, gaji dia sebesar USD 274.522 atau sekitar Rp 3.6 miliar dan setelah dipangkas menjadi USD 198.700 atau sebanyak Rp 2.6 miliar lebih. Aduh gede banget ya potongannya. 

8. Presiden Rusia, Vladimir Putin

news.softpedia.com

Gak beda jauh nasibnya sama Presiden Perancis, Putin juga dipangkas nih gajinya sebesar 10 persen akibat resesi ekonomi yang melanda Rusia. Tapi beruntungnya, pemangkasan itu terjadi setelah gaji Putin dinaikkan dua kali lipat pada bulan April 2014. Gaji dia saat ini sebesar USD 137.650 atau sebesar Rp 1.8 miliar. Lumayan lah ya buat jajan cireng.    

9. Presiden tercinta kita, Joko Widodo

www.rakanila.com

Jika gaji SBY menjadi acuan, maka kemungkinan gaji yang diterima oleh Jokowi adalah USD 124.171 atau sekitar Rp 1.6 miliar lebih per tahun. Gaji tersebut di luar dana taktis presiden yang besarnya mencapai 2 miliar per bulan. Wah, semangat Pak Jokowi kerjanya, biar gajinya naik!

Dari semua pemimpin negara yang telah disebutkan di atas, rata-rata gaji per tahunnya sampai miliaran semua ya, gak ada gitu yang per tahun dapat Rp 50 juta atau Rp 100 juta. Kalau segitu dapatnya pasti gak ada yang mau jadi pemimpin negara deh. Gak sesuai sama beban yang ditanggungnya. Nah, setelah melihat besaran gaji para pemimpin negara di berbagai dunia, kamu tertarik jadi pemimpin negara gak nih?

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
282
SHARES
loading