Inilah Beberapa Mitos dan Fakta dalam Berpuasa yang Banyak Bikin Orang Salah Kaprah

infomuslim.net
Line Yukepo.com

Berpuasa menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Puasa wajib sendiri dilaksanakan selama 29-30 hari pada bulan Ramadan. Dalam berpuasa ada beberapa larangan yang harus ditaati agar puasa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diajarkan. Namun, ternyata ada beberapa mitos dalam berpuasa yang tidak sepenuhnya adalah benar. Bahkan ada beberapa mitos yang dianggap fakta karena sudah sering didengar banyak orang. 

Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang kebenaran dari beberapa mitos yang beredar saat bulan puasa. Nah, berikut YuKepo akan membahas tentang beberapa mitos dan fakta dalam berpuasa yang udah bikin banyak orang salah kaprah. Yuk langsung aja kita simak. 

 

1. Berbukalah dengan yang manis

abiummi.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah “berbuka puasalah dengan yang manis-manis.” Namun, sebenarnya apakah boleh ketika berbuka kita langsung menyantap makanan dan minuman yang manis? Faktanya, bergantung pada jenis makanan manis apa yang kita santap. Jika makanan manis tersebut mengandung lemak, santan, dan gula, maka lambung yang sedang dalam keadaan kosong akan kaget dan tentunya ini tidak baik untuk kesehatan lambung. 

Sebaiknya berbukalah dengan segelas air putih hangat, kemudian memakan satu buah kurma karena memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Nah, setelah itu barulah kamu bisa menyantap segala jenis makanan. Namun, tetap jangan berlebihan ya guys karena semua yang berlebihan tidaklah baik. 

 

2. Puasa bisa menurunkan berat badan

hellosehat.com

Kira-kira benar gak sih kalau puasa adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan? Jawabannya adalah benar. Faktanya, puasa secara teratur ternyata bisa memaksa lemak dan kolestrol untuk menjadi sebuah energi. Jadi, dapat dikatakan bahwa puasa adalah cara diet yang sehat untuk menurunkan berat badan. Namun, semua itu bakal sia-sia kalau kamu makan berlebihan ketika berbuka puasa. Bukannya berkurang, yang ada berat badan kamu malah nambah.

3. Tidur adalah ibadah

www.theregister.co.uk

Tentu kamu akan mendengar istilah “tidur adalah ibadah” hanya pada saat bulan puasa. Tidur di siang hari memang merupakan hal yang paling nikmat untuk dilakukan. Banyak orang yang memilih tidur untuk menahan rasa lapar ketika berpuasa. Tidur memang termasuk ke dalam sebuah ibadah jika tujuannya untuk menghindari dosa di saat sedang berpuasa karena tidur jauh lebih baik ketimbang ngomongin orang di siang bolong. Namun, tidur juga jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan ketika berpuasa ya guys.

4. Waktu puasa gak boleh olahraga

kaltim.prokal.co

Banyak rumor yang mengatakan jika sedang berpuasa alangkah baiknya untuk tidak berolahraga terlebih dahulu. Alasannya jelas, yaitu bisa membuat tubuh kita lemas. Namun, ternyata ini juga merupakan mitos yang dipercayai banyak orang. Justru semakin banyak berdiam diri dan malas-malasan, tubuh kamu justru akan semakin loyo karena kandungan gula yang tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Maka dari itu olahraga tetap dianjurkan ketika sedang berpuasa, namun dalam porsi yang lebih ringan.

5. Makan sahur yang banyak, bisa membuat puasa lebih kuat

health.detik.com

Di Indonesia, kita diharuskan untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam. Agar bisa kuat berpuasa selama 13 jam, banyak orang yang beranggapan jika ketika sahur makan dengan porsi yang banyak, maka puasa pun tidak akan terasa. Tentunya anggapan ini kurang tepat. Itu semua bergantung dari makanan apa yang kita makan pada saat sahur. Jika makanan tersebut hanya mengandung lemak dan berkalori tinggi, maka energi yang dihasilkan selama berpuasa tidaklah seimbang. 

Bukan masalah banyak atau tidaknya, namun pilihlah makanan yang tepat. Ketika sahur, makanan yang kita makan haruslah mengandung karbohidrat, lemak baik, protein, sayuran serta sedikit buah-buahan. Walaupun porsinya tidak terlalu banyak, jika makanan yang kamu makan tepat, maka kamu akan lebih kuat dalam menjalani ibadah puasa. 

 

6. Nah untuk lebih jelasnya mending simak video di bawah ini

www.vidio.com

Nah, itulah beberapa mitos dan fakta dalam berpuasa yang sering bikin kita salah kaprah. Namun, sekarang kita sudah tau nih mana yang mitos dan mana yang fakta. Semoga dengan mengetahui mitos dan fakta tentang puasa di atas, kita semakin bertambah semangat dalam melaksanakan ibadah puasa hingga akhir nanti. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
31
SHARES
Amalkan 7 Pelajaran Hidup dari Orang Sukses Seperti Penulis Buku Harry Potter Ini

Amalkan 7 Pelajaran Hidup dari Orang Sukses Seperti Penulis Buku Harry Potter Ini

Beginilah Arti Tepat Waktu di Berbagai Negara, Mana Ya yang Paling Sering Telat?

Beginilah Arti Tepat Waktu di Berbagai Negara, Mana Ya yang Paling Sering Telat?

Inilah Alasan Kenapa Kita Jangan Mudah Percaya dengan Foto-foto Keren di Media Sosial

Inilah Alasan Kenapa Kita Jangan Mudah Percaya dengan Foto-foto Keren di Media Sosial

7 Tips Kreatif Agar Laptop dan Komputermu Tidak Mudah Panas, Berani Coba?

7 Tips Kreatif Agar Laptop dan Komputermu Tidak Mudah Panas, Berani Coba?

Kenapa Banyak Orang Indonesia yang Lebih Senang Merekam Kejadian daripada Berusaha untuk Menolong?

Kenapa Banyak Orang Indonesia yang Lebih Senang Merekam Kejadian daripada Berusaha untuk Menolong?

Beginilah Hasilnya Kalau Persilangan Genetik Antarhewan Terjadi

Beginilah Hasilnya Kalau Persilangan Genetik Antarhewan Terjadi

loading