Inilah 7 Hal Serba Pertama di Internet yang Mungkin Belum Pernah Kamu Tahu

m-aling.blogspot.co.id
Line Yukepo.com

Zaman sekarang, internet merupakan kebutuhan pokok yang sulit untuk kita tinggalkan. Rasanya hidup terasa ada yang kurang jika tanpa internet. Teknologi internet saat ini memang bisa diakses dengan sangat mudah melalui smartphone. Tak heran jika anak-anak pun sudah terbiasa menggunakan internet. Dengan internet, hidup memang terasa lebih praktis dan gak ribet. Hanya duduk manis, kita bisa berbelanja melalui smartphone tanpa harus keluar rumah dan barang akan sampai dalam beberapa hari ke depan. Nah, jauh sebelum canggih dan praktis seperti sekarang, berikut beberapa hal serba pertama yang muncul di internet. Penasaran kan dengan penampilan internet zaman dulu? Yuk langsung aja kita lihat.

1. Website pertama

www.techno.id

Dari jutaan website yang ada di dunia saat ini, pasti ada satu website yang pertama kali muncul di internet. Bukan Google.com, namun website yang pertama kali dibuat di internet adalah http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html yang berisikan informasi tentang World Wide Web. Website yang terlihat begitu sederhana ini dibuat pada 6 Agustus 1991.

2. Media sosial pertama

gizmodo.com

Walaupun saat ini Facebook menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia, ternyata situs jejaring sosial pertama jauh sebelum Facebook muncul adalah GeoCities. Situs media sosial ini dibuat pada tahun 1994, yang mana saat itu hanya digunakan sebagai  tempat penyimpanan data-data website. Bisa dikatakan, kemunculan GeoCities menjadi tombak lahirnya situs-situs jejaring sosial baru. Di tahun berikutnya, situs bernama TheGlobe.com hadir dengan memberikan kemampuan untuk saling berinteraksi dengan pengguna internet lain yang memiliki hobi yang sama.

3. Email pertama

m.kaskus.co.id

Email memang saat ini berperan sangat penting sebagai wadah untuk mengirim pesan atau file melalui internet. Tak hanya berguna sebagai pengantar pesan, namun email juga merupakan syarat wajib dalam mengakses berbagai macam situs web. Email sendiri pertama kali dikirim oleh Ray Tomlinson pada tahun tahun 1971, ialah orang yang pertama kali menggunakan simbol ‘@’ sebagai tanda email sampai saat ni. Pesan email yang dikirimkan pertama kali berisikan “QWERTYUIOP.”  

4. Tweet pertama

m.kaskus.co.id

Setelah kemunculan Facebook yang menghebohkan dunia, situs jejaring sosial bernama Twitter dibuat oleh Jack Dorsey dua tahun setelahnya pada tahun 2006. Tweet pertama yang berhasil di-publish di Twitter adalah tweet yang dibuat oleh penciptanya sendiri, Jack Dorsey pada 21 Maret 2006 bersikan kalimat “Just setting up my twttr.”

5. Iklan pertama di internet

www.tentik.com

Mungkin di zaman sekarang, iklan banyak ditemui di berbagai macam situs web. Nah, ternyata iklan pertama yang muncul di internet adalah sebuah iklan yang mempromosikan museum seni di situs HotWired.com. Pada saat itu, iklan tersebut berhasil diklik sebanyak 44% dari pengguna internet yang berjumlah sekitar 30 juta orang. 

6. Toko online pertama

www.techgig.com

Jika kamu mengira situs toko online pertama adalah Ebay, maka kamu keliru. Karena nyatanya toko online pertama kali yang muncul di internet adalah NetMarket yang saat itu menjual kepingan CD pada 11 Agustus tahun 1994. Hal ini pun menjadi transaksi online pertama yang pernah dilakukan. 

7. Blog pertama

www.tentik.com

Dari banyaknya para blogger yang ada di seluruh dunia, Justin Hall bisa dikatakan sebagai sesepuh yang menjadi pelopor terciptanya blog pribadi. Justin sendiri mulai menulis diary lewat blog pribadinya pada tahun 1994. Pada mulanya Justin hanya memberi informasi tentang panduan web pada blog pribadinya yang diberi nama Justin’s Link, namun lama kelamaan Justin juga menuliskan tentang kehidupan pribadinya, ia pun dinobatkan oleh New York Times sebagai pendiri blog pribadi pertama di dunia.

Itulah beberapa foto yang menunjukkan 7 hal paling pertama setelah internet diluncurkan. Terlihat berbeda jauh memang dengan tampilan internet sekarang yang lebih canggih dan bagus. Jauh sebelum era smartphone seperti sekarang, zaman dulu internet hanya bisa diakses melalui komputer saja. Dan tidak memiliki banyak hal yang bisa ditemukan di dalamnya. Karena dulu masih belum ada mesin pencari seperti Google. Internet sendiri tak hanya untuk hiburan semata, namun banyak informasi dan ilmu yang bisa kita dapatkan melalui internet. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
90
SHARES
Inilah Hutan-hutan yang Paling Indah di Seluruh Dunia

Inilah Hutan-hutan yang Paling Indah di Seluruh Dunia

7 Foto Bencana Kekeringan di Somalia Ini Bakal Bikin Kamu Sedih

7 Foto Bencana Kekeringan di Somalia Ini Bakal Bikin Kamu Sedih

Inilah Fakta-fakta Mengagumkan di Balik Organ Tubuh Kita

Inilah Fakta-fakta Mengagumkan di Balik Organ Tubuh Kita

10 Foto Persahabatan Dulu dan Sekarang yang Terjalin Selama Bertahun-tahun Lamanya

10 Foto Persahabatan Dulu dan Sekarang yang Terjalin Selama Bertahun-tahun Lamanya

Inilah 7 Majalah yang Pernah Hits di Era 90-an, Mana Majalah Favoritmu?

Inilah 7 Majalah yang Pernah Hits di Era 90-an, Mana Majalah Favoritmu?

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Inilah 7 Tips Hemat Buat Kamu

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Inilah 7 Tips Hemat Buat Kamu

loading