Inilah 7 Acara Kuis TV Jadul Berhadiah yang Bisa Bikin Pintar Anak 90-an

Sumber Gambar
Line YuKepo.com

Zaman dulu, kayaknya cukup dengan nonton TV aja kita bisa punya wawasan yang luas. Program-program di TV tahun 90-an hingga awal tahun 2000 menyajikan beragam acara kuis bernilai jutaan rupiah yang bisa diikuti siapa aja. Nggak hanya itu, soal-soal di acara kuis tersebut juga sering bikin kita gregetan untuk ikut menjawab. Apalagi kalau peserta di TV nggak tahu atau salah menjawab pertanyaannya. Duh, rasanya pengen main juga deh. Kangen kan? Untuk mengobati kerindungan akan tayangan acara kuis tersebut, yuk kepoin 7 acara kuis TV jadul berhadiah berikut ini.

1. Apa ini apa itu? (1993-1999)

www.youtube.com

Kuis ini populer di tahun 90-an. Masa-masa kejayaan acara kuis ini berlangsung selama 6 tahun, di mana pembawa acara pada 3 tahun pertamanya (1993-1996) adalah Elmo kemudian digantikan oleh Jeffrey Waworuntu (1996-1999). Kuis ini berupa pertanyaan tebak-tebakan yang terdiri dari 3 babak dengan 3 kontestan. Tiap kontestan harus beradu cepat memencet tombol dan menjawab pertanyaan. Ada pertanyaan dengan tipe tebak gambar, suara misteri, tebak lagu, dan lainnya. Pemenang utama berhak mendapatkan hadiah hingga Rp 5 juta rupiah! Zaman dulu, Rp 5 juta itu banyak lho dan kayaknya bisa mentraktir bakso buat orang sekampung deh.

2. Kata berkait (1995-2001)

www.youtube.com

Mungkin banyak ya anak 90-an yang ngikutin kuis satu ini. Kuis yang tayang setiap hari Senin-Jumat ini dipandu oleh Nico Siahaan. Pesertanya sih ada 2 grup, masing-masing terdiri dari 3 orang peserta. Terdiri dari 3 babak plus babak bonus, kuis ini sering bikin kita gregetan karena seru. Kita harus bisa menebak kata demi kata yang berkaitan dengan kata sebelumnya. Petunjuknya terbatas yaitu hanya diberikan satu huruf, bikin siapapun jadi rebutan nebak-nebak di rumah. Total hadiah yang bisa dibawa pulang pemenang hampir Rp 5 juta lho!

3. Piramida (1995-2003)

www.youtube.com

Masih soal tebak-tebakan kata, kuis ini juga sukses selama 8 tahun di stasiun TV yang sama. Awalnya, acara kuis ini dipandu oleh Ronny Sianturi hingga tahun 1999. Setelah itu, digantikan oleh almarhum Ricky Jo hingga tahun 2000. Sempat vakum setahun, kuis Piramida kembali dengan judul Piramida Baru hingga tahun 2003 dengan pembawa acara yang sama. Pesertanya ada 2 pasang yang bermain dalam 2 babak. Pada babak Piramida Kecil, kedua pasangan bermain secara bergantian dalam 6 kategori. Babak Piramida Besar hanya dimainkan oleh pasangan kontestan yang memenangkan babak Piramida Kecil di tiap episodenya. Seperti kuis-kuis lainnya, pemenangnya berhak mendapatkan total hadiah hingga Rp 5 juta.

4. Indosat galileo (1999-2003)

re-level.blogspot.co.id

Generasi 90-an pasti nggak asing lagi dong dengan kuis Indosat Galileo? Setidaknya pasti masih ingat dengan maskot boneka burung hantu berwarna kuning yang memakai toga warna biru kan? Kuis ini menguji wawasan sains para pesertanya. Nah, peserta akan diberikan maskot Galileo jika berhasil menjawab di babak peragaan. Peserta dengan maskot Galileo terbanyak akan menjadi pemenang setelah babak peragaan ke-4 yaitu tingkah laku hewan. Akan ada 3 pemenang di kuis ini, di mana pemenang utamanya akan membawa pulang hadiah total Rp 5 juta.

5. Siapa berani (2000-2005)

rad3nd3ni.blogspot.co.id

Kayaknya ini adalah kuis paling heboh dengan jumlah peserta yang banyak banget deh. Kuis yang dipandu oleh Helmy Yahya dan Alya Rohali ini sukses menjadi kuis dengan penggemar yang banyak dan berbagai kalangan. Soalnya, hadiah yang diberikan banyak banget lho. Itu sebanding dengan banyaknya peserta dan babak. Dimulai dengan babak di grup besar di mana grup peserta mengumpulkan poin modal, lalu babak selanjutnya babak seleksi di mana akan ada peserta yang mewakili tiap grupnya untuk maju ke babak trivia. Setelah itu ada babak yang mempertaruhkan poin dengan menjawab pertanyaan. Dari babak inilah akan dihasilkan pemenang yang bisa membawa pulang total uang senilai Rp 20 juta. Ribet sih tapi seru banget lho, guys.

6. Komunikata (2000-2005)

www.youtube.com

Acara kuis yang dipandu oleh Isam Surentu ini cukup digemari oleh khalayak Indonesia termasuk kita-kita generasi 90-an. Kuis ini berbentuk adu keterampilan dalam menebak kata-kata. Terdiri dari 2 grup dan berlangsung selama 2 babak beserta babak bonus. Peserta harus menebak kata dan secara estafet hingga ke peserta terakhir dengan syarat nggak boleh mengulangi kata atau petunjuk yang sama dengan grup peserta yang menang di suatu episode akan diadu dengan grup lainnya di episode mendatang. Bagi yang berhasil memenangkan permainan, akan mendapatkan uang tunai senilai Rp 10 juta, nih.

7. Who wants to be a millionaire (2001-2006)

www.youtube.com

Siapa yang masih ingat dengan kuis fenomenal satu ini? Dipandu oleh pembawa acara terkenal, Tantowi Yahya, acara ini sukses mendapatkan rating acara kuis tertinggi kala itu. Sebenarnya, acara kuis ini merupakan adopsi acara kuis terkenal dari Inggris dengan tajuk yang sama. Hadiah tertinggi yang bisa dibawa pulang oleh kontestan adalah senilai Rp 1 Miliar. Namun, di Indonesia belum ada yang berhasil menjadi miliarder di acara ini. Total uang tertinggi yang pernah dimenangkan di Indonesia adalah Rp 500 juta kepada 2 orang peserta kursi panas (2003 dan 2005). Kalau kamu duduk di kursi panas, kamu milih bantuan ask the audience, phone a friend, atau 50:50 nih, guys?

Emang sih, sekarang acara-acara kuis TV tersebut udah nggak tayang lagi. Beberapa ada yang dibuat ulang namun sayangnya nggak seeksis acara pertama kalinya. Mungkin memang kuis-kuis simple kayak gitu hanya cocok di era milenium awal ya. Kalau kamu paling suka nonton acara kuis yang mana nih, guys?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
51
SHARES
Alasan Pertengkaran Sama Pacar Kadang Baik Untuk Hubungan

Alasan Pertengkaran Sama Pacar Kadang Baik Untuk Hubungan

Kisah Cinta 7 Pasangan Paling Tragis dalam Sejarah

Kisah Cinta 7 Pasangan Paling Tragis dalam Sejarah

Inilah Pemandangan Langit Berbintang dari Seluruh Dunia yang Bikin Baper

Inilah Pemandangan Langit Berbintang dari Seluruh Dunia yang Bikin Baper

Inilah Karya-karya William Shakespeare yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

Inilah Karya-karya William Shakespeare yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

Kegagalan dalam Hubungan Akan Buatmu Belajar Banyak Hal Ini

Kegagalan dalam Hubungan Akan Buatmu Belajar Banyak Hal Ini

10 Menu Bekal Makan Siang dari Berbagai Negara, Mau Nyoba?

10 Menu Bekal Makan Siang dari Berbagai Negara, Mau Nyoba?

loading