Inilah 5 Perubahan Sikap Positif Orang yang Berpuasa Sebulan Penuh dengan Sungguh-sungguh

islamicvoice.com
Line YuKepo.com

Ternyata, berpuasa nggak hanya mengundang pahala, tapi juga bisa membentuk sikap positif bagi orang yang menjalankannya. Hal ini disebabkan oeleh adanya perintah dan larangan dalam berpuasa yang nggak hanya menekankan pada menahan lapar dan haus semata. Banyak aspek lain yang justru akan membuat diri kita menjadi lebih positif setelah sebulan penuh berpuasa dengan sungguh-sungguh dan niat ibadah yang baik. Apa aja ya? Yuk, kepoin!

1. Jadi lebih disiplin

www.soundvision.com

Setiap hari selama sebulan kamu harus bangun sahur di waktu yang kamu nggak biasanya makan. Meski ngantuk berat dan kasur lebih menggoda, tapi bangun sahur dengan niat berpuasa sehari penuh akan membuatmu jadi lebih disiplin. Artinya, kamu terlatih untuk mengatur waktu tidur dan waktu dalam beraktivitas agar dapat berbuka puasa di waktu yang tepat. Kalau biasanya waktu magrib kamu masih sibuk, saat bulan puasa kesibukanmu akan diatur sedemikian rupa sehingga kamu bisa berbuka tepat waktu. Begitu pun dengan bentuk ibadah lainnya yang menjadikan kamu lebih disiplin dalam mengatur waktu dan aktivitas.

2. Empati terasah

msutoday.msu.edu

Salah satu tujuan berpuasa adalah agar kita dapat merasakan gimana sih keadaan orang yang susah, menahan lapar berjam-jam karena nggak mampu untuk membeli makanan. Saat sebulan berpuasa, kita jadi lebih bersyukur karena di bulan yang lain, kita bisa makan apa pun dan kapan pun kita mau. Mungkin, sikap empati kamu pun akan lebih terasah karena udah tahu gimana rasanya jadi orang yang tengah kesulitan. Dengan empati tersebut, kamu pun jadi lebih mudah dalam mengulurkan bantuan ke orang-orang yang membutuhkan. Bahkan, di bulan Ramadan, kamu yang mampu justru diwajibkan untuk membayar zakat sebagai salah satu bentuk melatih rasa empatimu.

3. Mampu mengendalikan diri

www.hadithoftheday.com

Nggak hanya menahan nafsu makan, tapi dengan berpuasa kamu jadi terlatih untuk menahan amarah dan sifat-sifat negatif lainnya. Kalau sehari-harinya kamu rajin ngegosip, di bulan puasa kamu akan berani untuk menantang diri kamu sendiri dengan menahan untuk nggak ngomongin kejelekan orang lain. Kamu pun jadi lebih sabar dan berusaha mengatur emosi dengan lebih baik. Tentu ini nggak mudah, maka dari itu kamu yang berpuasa sebulan penuh dengan bersungguh-sungguh pasti akan merasakan perubahan sikap ini. Apalagi kalau di bulan Ramadan ini puasamu banyak godaannya. Setelah bulan puasa nanti, godaan apa pun akan jadi lebih ringan deh.

4. Jadi lebih tulus dan ikhlas

aboutislam.net

Berhubung segala kebaikan di bulan Ramadan dilipatgandakan, banyak orang yang berlomba-lomba untuk berbuat baik. Tapi ajaibnya, dengan berbuat baik di bulan suci, kamu jadi terbiasa untuk melakukan segalanya dengan tulus dan ikhlas. Berhubungan dengan rasa empati, apa pun yang kamu lakukan mungkin memang dilakukan dengan ikhlas karena kamu pikir segala yang baik dapat bernilai ibadah. Saat lebaran pun kamu bakalan jadi orang yang tulus dalam memaafkan dan meminta maaf. Nggak bisa dipungkiri, kamu yang berpuasa sebulan penuh dengan niat menjalankan ibadah akan melihat perubahan sikapmu menjadi lebih tulus dan ikhlas.

5. Menyadari pentingnya silaturahmi

gharsinatissamodie.blogspot.co.id

Di bulan puasa, mungkin kamu diundang acara buka puasa bersama atau justru beberapa kali menghadirinya. Ketika janjian, kamu dan teman yang jarang ngobrol jadi bisa ngobrol lagi. Kamu yang udah lama nggak ketemu teman yang dulu setiap hari saling sapa, jadi ketemu lagi dan tertawa bersama kembali. Maka dari itu, bulan Ramadan mungkin bisa menyadarkan kamu arti dari pentingnya persahabatan dan kekeluargaan yang jarang kamu rasakan di hari-hari biasa. Sepertinya, memang buka puasa bersama jadi momen yang paling ditunggu saat bulan Ramadan, ya.

Nah, itulah tadi perubahan sikap positif yang bisa kamu rasakan ketika kamu berpuasa sebulan penuh, tentunya dengan sungguh-sungguh. Lebaran sebentar lagi, kira-kira perubahan positif apa yang udah kamu rasakan sejauh ini?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
1108
SHARES
Inilah 7 Hidangan Mie Terbaik di Seluruh Dunia, Mau?

Inilah 7 Hidangan Mie Terbaik di Seluruh Dunia, Mau?

8 Trik Bahasa Tubuh Ini Bisa Bikin Kesan Pertamamu Jadi Lebih Keren

8 Trik Bahasa Tubuh Ini Bisa Bikin Kesan Pertamamu Jadi Lebih Keren

11 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Ayah adalah Orang yang Cengeng

11 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Ayah adalah Orang yang Cengeng

Tipe-tipe Cowok Saat Sedang Menunggu Ceweknya Belanja, Kamu Tipe yang Mana?

Tipe-tipe Cowok Saat Sedang Menunggu Ceweknya Belanja, Kamu Tipe yang Mana?

Foto-foto Ini Bakal Membuktikan Apakah Kamu Menderita Vertigo atau Enggak

Foto-foto Ini Bakal Membuktikan Apakah Kamu Menderita Vertigo atau Enggak

Jangan Salah, Inilah Cara Mudah Menghitung Masa Subur Berdasarkan Jenis Siklus Haid

Jangan Salah, Inilah Cara Mudah Menghitung Masa Subur Berdasarkan Jenis Siklus Haid

loading