Inilah 5 Eksperimen Sosial yang Ternyata Membuka Fakta Tersembunyi tentang Perilaku Manusia

Sumber Gambar
Line Yukepo.com

Banyak eksperimen sosial yang telah dilakukan sejak zaman dulu untuk mengungkapkan seperti apa sih sifat manusia sebenarnya. Seunik-uniknya manusia, tentu ada sifat umum yang tanpa kita sadari membawa kita menjadi manusia yang bisa diterima di masyarakat. Karena rasa penasaran para peneliti di bidang psikologi, maka dibuatlah beberapa eksperimen sosial yang ternyata mindblowing banget hasilnya! Apa aja ya eksperimen sosial yang dimaksud? Langsung kepo yuk.

1. Piano Stairs Experiment

www.youtube.com

Kalau kamu dihadapkan dengan pilihan eskalator atau tangga untuk naik ke lantai atas, kamu pilih yang mana? Kebanyakan orang akan memilih naik eskalator daripada naik tangga karena alasan naik tangga itu bikin capek. Penemuan ini membuat beberapa ahli psikologi mencari cara agar orang-orang memilih naik tangga daripada eskalator karena dengan naik tangga akan membuat orang-orang sedikit berolahraga dan nggak malas.

Akhirnya dicobalah tangga dengan konsep piano yang dinamakan piano stairs experiment. Dari eksperimen sosial ini ternyata ditemukan bahwa orang-orang cenderung memilih sesuatu yang menyenangkan meskipun harus mengerahkan sedikit tenaga dibandingkan sesuatu yang mudah tetapi tampak bosan. Kalau di Indonesia ada yang kayak gini, pasti bakal sering-sering naik tangga, deh!

2. Social Conformity Experiment

www.youtube.com

Pernah nggak sih merasa awkward kalau beda sendiri di antara orang banyak? Inilah sifat alamiah manusia yang selalu ingin diterima di kelompok. Untuk membuktikannya, para ahli psikologi mulai melakukan eksperimen sosial yang bermula dari Ash Conformity Experiment secara sederhana hanya menggunakan gambar garis. Belakangan bermunculan inovasi eksperimen lain mengenai konformitas sosial yang jadinya lucu banget seperti video di bawah ini.

Ternyata social pressure atau pengaruh sosial membuat manusia ingin sama seperti anggota kelompok yang lain agar diterima dan nggak dicap aneh. Eksperimen ini membuktikan bahwa meskipun alasan untuk bersikap tertentu itu membingungkan dan nggak masuk akal, manusia akan tetap melakukannya agar nggak aneh sendiri. Hayo, siapa nih yang suka ikut-ikutan biar nggak ngerasa aneh?

3. Halo Effect Experiment

www.youtube.com

Ada istilah ‘don’t judge a book by its cover’, tapi benar nggak sih manusia bisa menilai seobyektif itu? Waktu kenalan sama seseorang, secara nggak sadar kita pasti membuat penilaian entah dari cara berpakaiannya, cara bicaranya, dan lain-lain. Dari penilaian itu kemudian kita mengambil kesimpulan apakah dia orangnya asyik, ngebosenin, cocok atau nggak cocok sama kita. Memang first impression itu penting, tapi apakah yang kita lihat pertama kali itu benar-benar mengambarkan sosoknya?

Eksperimen ini sebenarnya ditujukan untuk melihat seberapa menarikkah seseorang di mata lawan jenis yang sama sekali belum pernah dikenal. Ternyata, ketika seseorang terkesan asyik, baik, dan ramah saat pertama kali kenalan maka akan terlihat lebih menarik dibandingkan ketika seseorang terkesan ogah-ogahan, membosankan, dan jutek. Meskipun ada yang berpendapat berbeda, tapi dari eksperimen ini kita bisa tahu bahwa kita sering tertipu dengan kesan pertama. Di sisi lain, kita pun bisa memberikan kesan pertama yang baik agar terlihat menarik. Bagi yang jomblo silakan dicoba, ya! Siapa tahu bisa dapat pacar kan?

 

4. Change Blindness Experiment

www.youtube.com

Sadar nggak sih bahwa sebenarnya kita sering menganggap sepele sesuatu yang biasa? Saking nggak pentingnya sesuatu tersebut, kita jadi nggak sadar bahwa ternyata ada yang berubah dan perubahannya jadi beda banget. Kenapa sih bisa kayak gitu? Ternyata otak kita memang membag-bagi mana yang penting dan mana yang nggak. Sesuatu yang penting itu kemudian lebih difokuskan, sementara yang nggak penting nggak akan masuk ke ingatan sehingga kalaupun berubah nggak kentara juga.

Video eksperimen sosial ini membuktikan kalau kita sangat mudah terkecoh dengan hal-hal yang dianggap biasa aja. Padahal kalau kita perhatikan semua dengan seksama, kita akan jadi lebih ingat secara mendetail apa aja yang terjadi saat itu. Ini penting terutama ketika memberikan kesaksian, karena ketika kita bisa memperhatikan dengan detail termasuk perubahan kecil, kesaksian kamu bakal membantu banget lho di persidangan.

 

5. Selective Attention Experiment

www.youtube.com

Tahukah kamu kalau sebenarnya fokus penglihatan kita memiliki ketebatasan? Bukan tentang jarak pandang, tetapi ternyata kita nggak bisa fokus dengan seluruh hal yang ada di depan mata kita, apalagi kalau ada sesuatu yang menguras konsentrasi kita. Sudah pasti hal lain nggak akan kita hiraukan.

Kalau kamu menonton video di bawah ini, kamu bakal mengerti bahwa sebenarnya kita hanya bisa berkonsentrasi penuh pada satu hal yang menjadi prioritas. Meskipun ada hal yang aneh dan nggak biasa di pandangan, kita nggak akan teralihkan. Ini mengajarkan kita untuk tetap waspada terhadap apa pun yang mengecoh kita. Karena fokus teralihkan, bisa aja sebenarnya kita sedang tertipu. 

 

Kaget nggak kamu dengan eksprerimen sosial tadi? Eksperimen sosial di atas mungkin terkesan sepele dan kejadiannya sehari-hari banget. Tapi tanpa kita sadari ternyata itulah yang membuat kita berperilaku seperti sekarang ini. Mulai sekarang yuk perhatikan sekitar, fokus, dan berpikir dengan rasional. Because actually, you don’t know what really drives you!

 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
32
SHARES
Cewek Hanya Butuh Hal Simple Ini, Seharusnya Cowok Jangan Salah Paham!

Cewek Hanya Butuh Hal Simple Ini, Seharusnya Cowok Jangan Salah Paham!

7 Gestur Tubuh Tanda Cowokmu Sudah Nyaman Sama Kamu

7 Gestur Tubuh Tanda Cowokmu Sudah Nyaman Sama Kamu

Jadi Cowok Itu Harus Tabah, Kumpulan Meme Ini Nunjukin Susahnya Seorang Cowok

Jadi Cowok Itu Harus Tabah, Kumpulan Meme Ini Nunjukin Susahnya Seorang Cowok

Pomona : Aplikasi yang Memperkenalkan Fitur Point dan Reward Saat Berbelanja Offline

Pomona : Aplikasi yang Memperkenalkan Fitur Point dan Reward Saat Berbelanja Offline

Selain Donat Bentuk Sushi, 7 Donat Unik Ini Wajib Kamu Cicipi

Selain Donat Bentuk Sushi, 7 Donat Unik Ini Wajib Kamu Cicipi

Inilah Kehidupan Suku Pedalaman Amazon Tertangkap Kamera dari Atas Pesawat

Inilah Kehidupan Suku Pedalaman Amazon Tertangkap Kamera dari Atas Pesawat

loading