Inilah 10 Wajah “Bali Baru” di Indonesia dan Kamu Bakal Terpesona

balitropic-resort.com

Jika bertanya tentang Indonesia kepada beberapa warga negara asing di berbagai belahan dunia, pasti jawabannya tidak sepopuler ketika kita bertanya tentang Bali. Rata-rata Warga Negara Asing (WNA) lebih mengenal pulau Bali daripada Indonesia itu sendiri. 40% wisatawan datang lewat gerbang Pulau Dewata. Padahal negara kita masih memiliki potensi yang banyak tapi tetap saja yang terkenal hanya Bali, dan beberapa kota wisata lainnya. Sehingga Menteri Pariwisata mengistilahkan 10 “Bali Baru” untuk membuka kesempatan yang luas bagi daerah-daerah unik ini.

1. Danau Toba (Sumut)

royaltravelo.com

Danau Toba adalah danau yang terbentuk karena peristiwa vulkanik yang besar di masa lampau. Danau yang terbentang di wilayah Sumatra Utara ini memiliki potensi wisata yang menarik karena Presiden RI Joko Widodo sempat hadir dan melihat langsung potensi yang ada di danau Toba pada Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Balige dan Parapat, serta keunikan adat budaya masyarakat batak di Pulau Samosir menjadikan Danau Toba layak menjadi destinasi kelas dunia.

2. Belitung (Babel)

adventourbelitung.com

Daerah yang menjadi lokasi shooting film Laskar Pelangi ini masih menjadi primadona pariwisata yang cukup potensial. Pasalnya selain letaknya strategis, banyak hal yang bisa dieksplorasi dari keindahan Belitung. Wisata bahari misalnya. Keindahan pantai-pantainya, lautnya yang biru, pasir putih, dan beragam festival-festival besar seperti Belitung Fair, tour de Belitung, dan festival Laskar Pelangi.

3. Tanjung Lesung

tanjunglesungvilla.com

Pantai yang berada di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ini hanya berjarak 2,5 jam dari Ibukota Jakarta. Tanjung Lesung memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali atau di Lombok. Posisinya yang tidak langsung menghadap ke pantai, dan ombaknya yang tidak begitu besar membuat pantai ini siap menampung aktivitas-aktivitas favorit wisatawan seperti berenang, jetski, bermain voli pantai bahkan snorkeling.

4. Kepulauan Seribu

tripsantai.com

Kepulauan Seribu yang terletak di wilayah administrasi Jakarta Utara ini boleh jadi salah satu wisata unggulan yang layak untuk dicanangkan Kementrian Pariwisata. Daerahnya yang berpulau-pulau memiliki keindahan bahari yang khas dan potensial bagi masyarakat sekitar. Diantaranya nelayan dan penduduk pengelola akomodasi dan transportasi. Yang paling terkenal saat ini adalah Pulau Tidung yang terkenal akan Jembatan Cinta dan spot-spot menyelam yang sangat mempesona.

5. Candi Borobudur (Jateng)

tedytravel.com

Candi yang merupakan candi penganut agama Budha terbesar di dunia ini merupakan candi yang memiliki potensi yang tidak kunjung berkurang. Ada saja wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin melihat bentangan candi yang luasnya 15 ribu meter persegi ini. Keberadaan candi Borobudur ternyata mendongkrak aktivitas wisatawan lain seperti Trekking, kuliner, dan homestay di desa-desa yang berada di pertemuan aliran Sungai Tangsi dan Sungai Progo yang memiliki panorama sunset yang tidak terlupakan.

6. Gunung Bromo (Jatim)

travelmoodz.com

Gunung Bromo merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Disana terdapat wilayah Kaldera, atau lautan pasir yang luas. Dengan pemandangan kawah yang eksotis yang berada di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, Gunung Bromo mampu menyajikan Sunset Tour yang sangat indah. Wisatawan memiliki cara lain dalam menikmati sekitaran Gunung Bromo, yaitu dengan menggunakan moda transportasi Jeep dan Kuda. Pada hari tertentu, wisatawan bisa menyaksikan upacara Kasodo, yaitu ritual masyarakat setempat yang melempar sesaji ke dalam kawah Gunung Bromo untuk meminta berkat keselamatan dan kesehatan bagi masyarakat Tengger Semeru.

7. Mandalika Lombok (NTB)

print.kompas.com

Merupakan bibir pantai selatan kawasan Lombok, memiliki wilayah pantai dan tebing-tebing sehingga sangat menarik untuk dilihat dari ketinggian. Pantai Gerupuk telah berhasil menjadi lokasi favorit para peselancar yang biasanya datang dari mancanegara. Mandalika akan menjadi kawasan wisata yang mampu menyedot wisatawan dengan konsep seperti Nusa Dua Bali. Tanjung Aan dan Pantai Seger adalah mahkota lain yang memiliki air biru yang jernih, serta rumah bagi Festival Bau Nyale.

8. Pulau Komodo (NTT)

komodoadventuretour.com

Rumah dari Kadal Raksasa ini memiliki keindahan pulau yang sangat menjanjikan kedatangan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Labuan Bajo sebagai pintu masuk Pulau Komodo memiliki popularitas sebagai habitat alami Komodo dan berbagai Flora dan Fauna lainnya. Kegiatan Snorkeling atau menyelam bisa jadi adalah favorit para wisatawan.

9. Taman Nasional Wakatobi

flyandsea.com

Satu dari sekian taman nasional di Indonesia yang memiliki surga bawah laut yang menakjubkan bagi siapapun yang mengunjunginya. Lebih dari 112 jenis karang, 93 jenis ikan, dan rumah bagi burung-burung laut. Hal inilah yang menjadikan penghuni laut Wakatobi memiliki nilai estetika dan konservasi yang tinggi. Beragam wisata yang siap untuk kegiatan seperti diving, snorkeling, berenang, dan memancing.

10. Morotai (Maluku Utara)

tripvisto.com

Merupakan gerbang Indonesia menuju perairang pasifik, Morotai memiliki kawasan tingkat dunia yang siap menyambut wisatawan mancanegara. Hal ini dikarenakan Morotai telah berkembang menjadi kawasan yang lebih siap. Pulau Dodola, Zumzum, dan Ngelengele adalah pulau sekitaran Morotai yang menyediakan resort-resort berbintang. Namun yang terfavorit tetap menyusuri pulau Dodola yang tersambung ketika surut.

Nah, setelah 10 “Bali Baru” tadi dicanangkan pemerintah, semoga pariwisata Indonesia semakin menjadi primadona di mata wisatawan mancanegara ya! Jangan hanya tahu liburan ke Bali saja, tapi kita promosikan juga destinasi-destinasi wisata lainnya.

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
14
SHARES
loading