Ini Tips Cerdas Supaya Kamu Gak Mudah Terhasut Berita Hoax!

www.hoax-slayer.com
Line Yukepo.com

Menjadi cerdas dengan budaya membaca memang hal yang positif. Yang disayangkan, bagaimana kalau yang dibaca adalah hal yang tidak tepat. Hal yang bahkan sifatnya menghasut dan lebih ‘racun’. Nah, hal-hal kayak gini nih yang lagi hype banget disebut dengan ‘hoax’. Buat yang belum tahu atau belum familiar dengan istilah tersebut, hoax itu bisa dideskripsikan sebagai pemberitaan palsu dengan usaha menipu atau membiaskan audiens. Sebenarnya, hoax bukan hal baru di Indonesia. Istilah ini sempat booming di media sosial beberapa waktu lalu. Kalau ada yang pernah mendengar istilah ‘no pict = hoax’ pasti sudah paham dengan apa yang dimaksud. Jelas dari istilah tersebut kalau hoax sendiri memang tidak jauh dari ‘menipu’. Lalu kenapa sih orang ramai membahas hoax akhir-akhir ini? Bahkan pemerintah mengajak masyarakat Indonesia ramai-ramai melawan hoax. Kenapa hoax jadi besar kembali? Awalnya hoax memang sering dikaitkan dengan ‘bercanda’, tetapi makin kesini, bohong bukan lagi candaan. Hoax sudah jadi isu yang merebak ke segala lapisan masyarakat. Bahkan belakangan, pemerintah juga mulai kuwalahan sama hoax ini. Ada ancaman hukumnya malah kalau kita menjadi pelaku penyebar isu bohong. Nah makanya sebagai pembaca, kita juga kudu cerdas. Supaya cerdas, baca dulu lah tips anti isu bohong ini!

1. Jangan terlalu reaktif, kayak bensin kena api aja

imarketsmart.com

Ini nih, banyak dari masyarakat yang mudah ‘keracunan’ isu bohong karena mereka terlalu reaktif. Karena mudahnya percaya apa yang dibaca, jadi bertindak seenaknya. Persis kayak bensin yang kesulut api, kan?

2. Check baby check!

calibergroup.files.wordpress.com

Dapat broadcast informasi yang agak meragukan? Nggak salah kok kalau kamu ragu, memang segala informasi harus di cek ulang, lagi-lagi biar nggak jadi korban isu bohong.

3. Lihat siapa penyebarnya

we-love-creative.co.uk

Ini juga yang harus kamu perhatikan. Situs-situs penyebar isu bohong mendingan nggak usah dipercaya. Sama halnya dengan akun media sosial, pilih figur-figur yang ‘adem’ aja, jangan yang memicu suasana jadi makin panas. Kredibilitas penulis atau penyebar juga harus jadi perhatian. Ingat, you are what you read.

4. Baca yang lengkap dulu, jangan setengah-setengah

memeful.com

Proses pencernaan informasi yang tidak lengkap juga bakal jadi senjata makan tuan. Makanya baca dulu semuanya, baru cerna. Berkesimpulan boleh-boleh saja, tapi jangan berdasarkan info yang setengah-setengah atau bahkan informasi yang nggak kamu tahu sumbernya dari mana.

5. Kritis itu harus

memeful.com

Jangan mau dibodohin dengan info yang jauh dari kata benar. Kritis itu perlu. Biar nggak keracunan sama informasi ‘receh’.

6. Hati-hati juga sama foto, video, atau audio hasil editan

photoeditingshop.blogspot.co.id

Ini nih, kadang gambar dan tulisan yang mendramatisir luar biasa kadang bisa juga bersifat menghasut. Hati-hati, ya guys!

7. Jangan mudah terbawa arus

www.cuculutus.com

Apa yang dipercaya sejumlah orang, biarpun mereka dekat dengan kamu, bukan berarti itu pasti fakta, kan?

Bagaimana pun kita menghindar, hoax pasti ada. Tidak bisa dipungkiri, pasti banyak atau tidak, efeknya pasti ada. Makanya, penting banget buat kita untuk jadi pembaca yang ‘pintar’. Pintar bukan berarti harus dapat nilai bagus dalam akademis, tetapi juga pandai mencerna informasi. Tepis hoax jauh-jauh. Hush hush sanaaah! *Syahrini  

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
6
SHARES
Inilah Nama Asli Para Komedian Tanah Air yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Inilah Nama Asli Para Komedian Tanah Air yang Mungkin Belum Kamu Tahu!

Berikut Beberapa Fakta Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Orang Psikopat!

Berikut Beberapa Fakta Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Orang Psikopat!

Foto Face Swap Para Artis Hollywood Ini, Sumpah Koplak Banget!

Foto Face Swap Para Artis Hollywood Ini, Sumpah Koplak Banget!

Foto-foto Fenomena Gerhana Matahari di Berbagai Penjuru Dunia dari Masa ke Masa

Foto-foto Fenomena Gerhana Matahari di Berbagai Penjuru Dunia dari Masa ke Masa

10 Jenis Tanaman Ini Bisa Bikin Dekorasi Ruangan Jadi Cantik dan Bersih!

10 Jenis Tanaman Ini Bisa Bikin Dekorasi Ruangan Jadi Cantik dan Bersih!

11 Foto Aneh Ini Harus Kamu Lihat Dua Kali Biar Ngerti

11 Foto Aneh Ini Harus Kamu Lihat Dua Kali Biar Ngerti

loading