Ini Nih Fakta-fakta Unik dan Mengejutkan Tentang Gorengan, Harus Tau!

ngopie.com

Siapa sih yang nggak tahu kenikmatan gorengan? Apalagi dimakan sama cabe hijau beuhh.. Makanan satu ini udah jadi salah satu jajanan favorit orang Indonesia. Dari mana pun kalangan mereka, tua atau muda gorengan dicintai banget oleh rakyat Indonesia. Harganya yang nggak mahal, enak dan lumayan ngeyangin dan gampang ditemui jadi alasan kenapa gorengan begitu populer di negeri ini. Tapi tahu nggak kamu? Di balik kenikmatannya ternyata gorengan menyimpan fakta-fakta yang mengejutkan.

1. Bahaya konsumsi kopi bersama gorengan

sharingdisini.com

Minum kopi ditemanin gorengan emang nikmat banget. Tapi ternyata menurut studi di University of Guelph, minum kopi sehabis makan makanan yang banyak mengandung minyak bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Efek ini bahkan berbahaya buat orang nggak memiliki sakit gula sekali pun. Selain itu kebiasaan ini juga berisiko menyebabkan penyakit diabetes.

2. Gizinya sedikit

dapurbundha.blogspot.com

Walaupun ngeyangin ternyata gorengan itu sangat minim gizi. Gorengan lebih banyak mengandung kalori tinggi dari karbohidrat dan lemak. Nggak heran kalau gorengan itu masuk ke dalam golongan makanan junk food.

3. Fakta soal bakwan goreng

resepcaramasak.com

Kalau ini fakta soal bakwan nih, salah satu gorengan favorit. Sepotong bakwan ternyata mengandun 275 kalori. Dan kalori sebanyak ini buat ngebakarnya butuh kira-kira 30 menit lari marathon. Sepotong doang lho ya apa kabar kalau kamu makannya sepiring.

4. Risiko penyakit kardioveskular

sakuratotonewsterbaru.blogspot.com

Gorengan mengandung lemak trans dalam jumlah tinggi yang dihasilkan minyak panas kala proses penggorengan. Nah, lemak tinggi ini bakal ningkatin kadar kolesterol jahat (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol baik (LDL).

5. Bikin dada nyeri

health.kompas.com

Kamu pernah nggak ngerasain sensasi terbakar di dada saat posisi berbaring atau membungkuk. Penyakit satu ini ternyata disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke dalam eso fagus. Dan cara terbaik mengatasinya adalah dengan ngurangin konsumsi gorengan dan perbanyak makanan yang direbus.

6. Risiko kerusakan sel dalam tubuh

raja-makan.co.id

Kamu perhatiin nggak seberapa ‘jernih’ minyak goreng yang digunain sama abang-abang gorengan? Ternyata minyak goreng yang dipakai secara berulang-ulang, punya potensi menimbulkan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

7. Bahaya bungkus kertas gorengan

javedch.com

Bukan rahasia lagi kalau kertas pembungkus gorengan itu ngaco banget (kadang dari kertas koran, buku rapor, sampe skripsi juga ada). Nah, tinta-tinta yang terdapat pada bungkus gorengan ini mengandung timbal yang berbahaya bisa memicu pertumbuhan sel kanker. Bahkan untuk ibu hamil timbal ini bisa meningkatkan risiko autis pada anak yang dikandung.

Wah, ngeri juga kan ngelihat fakta-faktanya. Sesekali makan gorengan sebenarnya sih nggak masalah asal kamu tahu diri dan nggak makan secara berlebihan dan terus-menerus.

0%
Marah
0%
Gemes
0%
Ngakak
0%
Kaget
0%
Love
0%
Aneh
8
SHARES
loading